Analisis Kinerja Operasional Bus Ekonomi Jurusan Surabaya - Malang

ANALYSIS OF THE OPERATIONAL PERFORMANCE OF ECONOMIC BUS DEPARTMENT OF SURABAYA - MALANG

  • Bayu dandi Universitas Dr. Soetomo
  • Rudy Santosa Universitas dr.Soetomo Surabaya
Abstract views: 139 , PDF downloads: 87
Keywords: Kata kunci : Bus, kinerja operasional, parameter, trayek

Abstract

Bis ekonomi trayek Surabaya - Malang jurusan terminal Purabaya - terminal Arjosari keberadaannya sangat penting bagi masyarakat kota Surabaya dan kota Malang. Angkutan massal ini sangat dibutuhkan penduduk kota yang umumnya sangat padat, karena mempunyai mobilitas hidup yang tinggi dan perlu ditangani dengan baik, untuk melayani masyarakat dengan akses dari terminal Purabaya menuju terminal Arjosari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi kinerja operasional bis ekonomi trayek Surabaya-Malang Jurusan terminal Purabaya – terminal Arjosari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode diskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif, yang mengacu pada variabel-variabel terkait kinerja angkutan umum yang ditentukan oleh SK Dirjen Perhubungan Darat No. 687/AJ.206/DRJD/2002 tentang pedoman teknis penyelenggaraan angkuan penumpang umum diwilayah perkotaan dalam trayek tetap dan teratur. Hasil penelitian yang didapatkan Headway rata-rata hari aktif jam puncak pagi di terminal Purabaya dan terminal Arjosari 8,21 menit, Headway rata-rata hari aktif jam puncak siang di terminal Purabaya dan terminal Arjosari 11,73 menit, Headway rata-rata hari aktif jam puncak sore di terminal Purabaya dan terminal Arjosari 8,82 menit, Headway rata-rata hari libur jam puncak pagi di terminal Purabaya dan terminal Arjosari 8,08 menit, Headway rata-rata hari libur jam puncak siang di terminal Purabaya dan terminal Arjosari 12,17 menit, Headway rata-rata hari libur jam puncak sore di terminal Purabaya dan terminal Arjosari 8,2 menit. Frekuensi hari aktif keberangkatan dari terminal Purabaya 5 Kend/Jam, Frekuensi hari aktif keberangkatan dari terminal Arjosari 6 Kend/Jam, Frekuensi hari libur keberangkatan dari terminal Purabaya 6 Kend/Jam, Frekuensi hari libur keberangkatan dari terminal Arjosari 5 Kend/Jam. Waktu tunggu penumpang untuk hari aktif 5,25 menit dan hari libur 5,1 menit, Kecepatan rata-rata hari aktif 41,04 Km/Jam dan hari libur 41,99 Km/Jam, Waktu tempuh perjalanan hari aktif 131,11 dan hari libur 131,05 menit, Load factor rata-rata hari aktif 74,39% hari libur 75,37% Utilitas Jarak tempuh hari aktif dan hari libur 227,94 km/kend/hari, Tingkat aksesibilitas dari tempat tinggal ke terminal dikatakan sebagai tingkat aksesibilitas yang cukup tinggi, Tingkat operasi jumlah penumpang rata-rata hari aktif 427 pnp/hr/kend dan hari libur 437 pnp/hr/kend

References

Andy Syaiful Amal,2016. Evaluasi Kinerja Bus Patas Antar Kota Dalam Provinsi PO Rukun Jaya (Studi Kasus Trayek Surabaya – Blitar)
Departemen Perhubungan. 2003. Keputusan Mentri Perhubungan Nomor KM. 35 Tahun 2003 tentang Penyelenggaraan angkutan Orang di Jalan dengan Kendaraan Umum. Jakarta: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat.
Muhammad Hanafi Istiawan,2013. Evaluasi Kinerja Bus Umum Trayek Pacitan-Surabaya.
Peraturan Menteri Perhubungan No.29 Th.2015 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek
Peraturan Menteri Perhubungan No.PM.98 Th.2013 Tentang Standar Pelayanan Minimal Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Dalam Trayek.
Peraturan Pemerintah No.41.Th.1993, Tentang Angkutan jalan
Peraturan Pemerintah No.43 Th.1993, Tentang Terminal
SK Dirjen Perhubungan Darat No. 687/AJ.206/DRJD/2002 Tentang Pedoman Teknis Penyelenggaraan Angkuan Penumpang Umum Diwilayah Perkotaan Dalam Trayek Tetap dan Teratur.
SK Departemen Perhubungan No 271/HK.105/ DRJD/1996 Tentang Halte
UU No.14 Th.1992, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.
UU No.22 Th.2009, Tentang Lalu Lintasdan Angkutan Jalan Kendaraan Bermotor
Published
2023-05-25
How to Cite
dandi, B., & Rudy Santosa. (2023). Analisis Kinerja Operasional Bus Ekonomi Jurusan Surabaya - Malang : ANALYSIS OF THE OPERATIONAL PERFORMANCE OF ECONOMIC BUS DEPARTMENT OF SURABAYA - MALANG. CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology, 1(01), 53-59. https://doi.org/10.25139/concrete.v1i01.6165
Section
Articles