Pengaruh Dan Perbandingan Penambahan Beberapa Jenis Limbah Plastik Terhadap Kekuatan Jalan Aspal AC – WC
The Effect and Comparison of the Addition of Several Types of Plastic Waste on the Strength of AC – WC Asphalt Roads


Abstract
Jumlah penggunaan plastik yang terus meningkat setiap tahunnya dan tidak di imbangi dengan cara pengolahan limbahnya akan berakibat pada kerusakan lingkungan dan menjadikan lingkunagn menjadi kumuh. Limbah plastik dapat di manfaatkan sebagai bahan tambah pada campuran aspal beton ( AC –WC ). Pencampuran limbah plastik ke dalam bahan campuran aspal memiliki beberapa tujuan, yaitu mengetahui pengaruh pencampuran limbah plastik pada campuran aspal dengan cara substitusi dan mengetahui jenis plastik apa yang lebih baik digunakan untuk bahan tambahan untuk campuran jalan beraspal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis plastik terbaik yang dapat digunakan sebagai bahan tambah aspal beton lapis pengikat ( AC – WC ) dan mengacu pada Spesifikasi Bina Marga 2010. Penelitian ini menggunakan limbah plastik jenis LDPE ( Low Density Polyethylene ) 4%, HDPE ( High density polyethylene ) 4% dan PET ( Polyethylene Therepthalate ) 4%, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental di laboratorium. Semua limbah plastik yang digunakan sebagai bahan tambah dalam penelitian ini sebelumnya telah di potong / dicacah menjadi ukuran yang kecil kurang lebih 1cm x 1cm. Langkah awal yang dilakukan adalah membuat benda uji untuk mengetahui nilai Kadar Aspal Optimum ( KAO ), dari pengujian tersebut diperoleh nilai KAO 5,7%. Selanjutnya dilakukan penambahan limbah plastik pada lapisan pengikat ( aspal ) dengan kadar plastik LDPE 4%, HDPE 4% dan PET 4%, setelah melakukan pembuatan benda uji dengan penambahan limbah plastik pada lapisan pengikat ( aspal ) dilakukan pengujian dan analisa data test Marshall Dapat disimpulkan bahwa pada campuran limbah plastik jenis PET 4% memiliki hasil yang cenderung memenuhi Spesifikasi Bina Marga 2010 hal tersebut dapat dilihat pada hasil test sebagai berikut : Nilai Stabilitas 1.604 Kg > Spesifikasi Bina Marga 2010 min 800 Kg ; Nilai Flow / Kelelahan 4,5 mm > Spesifikasi Bina Marga 2010 2 – 5 mm ; Nilai Rongga dalam Agregat ( VMA ) 24,61 % > Spesifikasi Bina Marga 2010 min 15 % ; Nilai VIM 4,97 % > Spesifikasi Bina Marga 2010 3 – 5 %.
References
Direktorat Jendral Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum. Jakarta.
AASHTO, 1993, Guide ForDesign Of Pavement Structure, Washington DC.
Asmara,P.Y., Wijaya, A.F., dan Mentari, A.K. 2015, “ Pengaruh Penambahan Limbah Botol Plastik Polyethilene Terephthalate (PET) dan Minyak Pelumas Bekas (MPB) Dalam Campuran AC- WC Terhadap Parameter Marshall” . Makalah Lomba CBR UNILA. UAJY
Buku Petunjuk Pratikum Bahan Jalan, Laboratorium Transportasi dan GeoteknikDiplomaTeknik Sipil Institut Teknologi Sepuluh November.
Soehartono. 2015, Teknologi Aspal dan Penggunaannya dalam Konstruksi Perkerasan Jalan. Penerbit: Andi Yogyakarta
Sukirman, Silvia. 1999, “ Dasar-Dasar Perencanaan Geometrik Jalan” .Bandung :Nova. Sukirman, Silvia. 2003, Beton Aspal Campuran
Panas. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Suroso, Tjitjik Wasiah. 2008,” Pengaruh Penambahan Plastik LDPE (Low Density Polyethilen) Cara Basah dan Cara Kering Terhadap Kinerja Campuran Beraspal” .
Bandung : Puslitbang Jalan dan Jembatan Teknik Sipil. 2019, Pengaruh Penambahan Plastik
Jenis Low Density ( LDPE ) Terhadap Karakteristik Campuran Aspal AC – WC. Sumatera Utara, Februari 2019
Teknik Sipil.UMY. 2014, Jurnal PKM Plastik PET, July 2014
Widi Wantoro dkk. 2015,” Pengaruh Penambahan Plastik bekas Tipe Low Density Polythlene (LDPE) Terhadap Kinerja Campuran Beraspal “Yogyakarta : Universitas DIponegoro

Authors who publish with CONCRETE: Construction and Civil Integration Technology agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.