PENGARUH RELIGIUSITAS, TRUST, CORPORATE IMAGE, DAN SISTEM BAGI HASIL TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DAN LOYALITAS DI BANK SYARIAH MANDIRI DI SURABAYA

  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Direktur PT. Yusuf Putra Sejahtera Corporate Pasuruan
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
  • Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Wijaya Putra
Abstract views: 1588 , PDF downloads: 1548
Keywords: Religiusitas, Kepercayaan, Citra Perusahaan, Sistem Bagi Hasil, Minat Nasabah Menabung, Loyalitas Nasabah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh religiusitas, kepercayaan, citra perusahaan, dan sistem bagi hasil terhadap minat nasabah menabung dan loyalitas nasabah di Bank Syariah Mandiri di Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah yang membuka rekening tabungan di Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya. Sampel diambil dengan menggunakan teknik accidental sampling dengan kriteria (1) nasabah yang membuka rekening tabungan di Bank Syariah Mandiri Cabang Surabaya, dan (2) berusia 17 – 50 tahun sebanyak 115 responden. Analisis data menggunakan PLS dengan program WarpPLS 5.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial (1) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menabung, (2) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menabung, (3) Citra perusahaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap minat nasabah menabung, (4) Sistem bagi hasil berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat nasabah menabung, (5) Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, (6) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah, (7) Citra perusahaan tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, (8) Sistem bagi hasil berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah, dan (9) Minat nasabah menabung berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas nasabah.

References

Adimarwan, Karim. 2013. Bank Islam: Analisis Fiqih dan Keuangan. Edisi 5. Cetakan ke 9. Jakarta: Raja Grafindo.

Adji Jenifer, Prof. Dr. Hatane Semuel, MS. 2014. Pengaruh Satisfaction dan Trust Terhadap Puchase Intention Di Starbucks Square Surabaya. JurnalManajemen Petra, Vol. 2, No.1.

Afiah, Yulian. 2016. Pengaruh Religiusitas dan Persepsi Masyarakat Desa Bode Lor Terhadap Minat Menabung Di Perbankan Syariah. Naskah Publikasi.IAIN Syekh Nurjati Cirebon.

Ariani, Yurike. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Nasabah Untuk Menabung Pada BRI Cabang Solok. Jurnal Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Bung Hatta Padang.

Ariyanti, Widhi Diyah. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaam, dan Promosi Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada Bank Cimb Niaga Syariah Di Surabaya. Artikel Ilmiah. STIE Perbanas.

Audytra, Kautsar Muhammad. 2014. Pengaruh Pengetahuan Warga Tentang Perbankan Syariah Terhadap Minat Memilih Produk Bank Muamalat (Studi Kasus Santri Pondok Pesantren Darunnajah). Naskah Publikasi. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Bella, Rahma. 2017. Pengaruh Religiusitas, Kepercayaan, Pengetahuan dan Lokasi Terhadap Minat Masyarakat Menabung Di Bank Syariah. Naskah Publikasi. UIN Syarif Hidayatullah.

Cahyani, Nofi. 2015. Pengaruh Citra Perusahaan, Relation Marketing, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Melalui Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Pada Bank BRI Kantor Cabang Wonosari). Naskah Publikasi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Dr. Darto, Mariman. 2016. Perilaku Prososial Bagi Revolusi Mental: Seri Penelitian. Malang: Selaras Media Kreasindo.

Ernawati, Tatik. 2015. Pengaruh Produk, Pelayanan, Promosi, Lokasi, dan Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Nasabah Pada BTN Syariah Cabang Surakarta.Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan IBM SPSS 19 . Edisi Ke 5.Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2014. “Structural Equation Modeling, Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS)”. Edisi 4. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hamid, Akhmad. 2014. Pengaruh Religiusitas dan Pelayanan Terhadap Loyalitas Nasabah Tabungan Wadiah Di PT. Bank BNI Kantor Cabang Pembantu Tulungagung. Naskah Publikasi. IAIN Tulungagung.

Ismail, Muhamad Prabowo. 2011.Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan, Kepercayaan, dan Minat Menabung Nasabah Terhadap Loyalitas Nasabah (Studi Kasus Pada Nasabah Bank BRI Cabang Sragen). Naskah Publikasi. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Kurniawan, Albert. 2014. Metode Riset Untuk Ekonomi dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Lestari, Alfi Mulikhah. 2015. Pengaruh Religiusitas, Produk Bank, Kepercayaan, Pengetahuan, dan Pelayanan Terhadap Minat Menabung Pada Bank Syariah. Naskah Publikasi. Universitas Brawijaya.

Masrurah, Atik. 2015. Analisis Pengaruh Tingkat Religiusitas dan Disposible terhadap Minat Menabung Mahasiswa di Perbankan Syariah. Naskah Publikasi. STAIN Salatiga.

Rahmawaty, Anita. 2014. Pengaruh Produk Bank dan Sistem Bagi Hasil Terhadap Minat Nasabah Menabung Di BNI Syariah Semarang. Jurnal, Vol. 8, No.1.

Roziq, Ahmad. 2015. Pengaruh Kepercayaan, Sistem Bagi Hasil, dan Reputasi Bank Terhadap Loyalitas Nasabah Di Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Jember Artikel Ilmiah. Universitas Jember.

Seftiani. 2017. Pengaruh Citra Perusahaan dan Atribut Produk Terhadap Minat Menabung Nasabah Dalam Perspektif Islam (Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC. Teluk Betung Bandar Lampung). Naskah Publikasi. UIN Raden Intan Lampung.

Setyawan, Yohana Nesya dan Edwin Japarianto. 2014. Analisis Kepercayaan, Jaminan Rasa Aman, dan Aksesbilitas Terhadap Minat Menabung Nasabah Bank Danamon Di Surabaya. Jurnal Manajemen Petra, Vol. 2, No.1.

Setyowati, Dwi. 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Perusahaan Terhadap Minat Pengajuan Pembiayaan Ulang Nasabah. Naskah Publikasi. UIN Syarif Hidayatullah.

Solimun. 2017. Metode Statistika Multivariat Pemodelan Persamaan Struktural (SEM) Pendekatan WarpPLS. Malang: UB Press.

Sudarsono, Heri. 2013. Bank dan Lembaga Keuangan Syariah: Diskripsi dan Ilustrasi. Yogyakarta: Ekonisia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Administrasi. Bandung: Alfabeta.

. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Cetakan ke 22. Bandung: Alfabeta.

. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Cetakan ke 23. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno, Agus. 2016. Analisis Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan, Promosi, dan Religiusitas Terhadap Minat Mahasiswa Menabung Di Perbankan Syariah (Studi Kasus Pada Mahasiswa IAIN Salatiga). Naskah Publikasi. IAIN Salatiga.

Undang-Undang No 10 Tahun 1998

Undang-Undang No 21 Tahun 2008

Utomo, Toni Prasetya. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Memilih Jasa Perbankan Syariah (Studi Pada Bank Syariah Mandiri, Kantor Cabang Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya, Vol. 3, No.1.

Wahab, Wirdayani. 2016. Pengaruh Tingkat Bagi Hasil Terhadap Minat Menabung Di Bank Syariah. Jurnal. STIE Mahaputra Riau.

Yaya, Rizal. 2014. Akuntansi Perbankan Syariah. Jakarta: Salemba Empat.

Yamin, Sofyan dan Heri Kurniawan. 2011. “Generasi Baru Mengolah Data Penelitian dengan Partial Least Square Path Modeling”. Jakarta: Salemba Infotek.
Published
2020-10-13
How to Cite
, , , , , , , & . (2020). PENGARUH RELIGIUSITAS, TRUST, CORPORATE IMAGE, DAN SISTEM BAGI HASIL TERHADAP MINAT NASABAH MENABUNG DAN LOYALITAS DI BANK SYARIAH MANDIRI DI SURABAYA. Develop, 4(2), 53-82. https://doi.org/10.25139/dev.v4i2.2803
Section
Articles