FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI JAWA TIMUR

  • alensia yane destu Universitas Dr. Soetomo
  • jajuk suprijati Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 549 , PDF downloads: 305
Keywords: Bonus Demografi, IPM, Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Bonus Demografi, IPM, dan Kemiskinan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Jawa Timur baik secara simultan maupun parsial. Jenis dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa data time series Tahun 2015 hingga tahun 2019 yang diperoleh dari Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Jawa Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi dengan E-Views. Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: (1) Bonus Demografi, IPM dan Kemiskinan berpengaruh simultan terhadap Pertumbuhan Ekonomi; (2) Bonus Demografi berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Pertumbuhan Ekonomi; (3) IPM berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Pertumbuhan Ekonomi; (4) Kemiskinan berpengaruh tidak signifikan secara parsial terhadap Pertumbuhan Ekonomi.

References

Feriyanto, N. (2014). Ekonomi Sumber Daya Manusia Dalam Perspektif. Indonesia. Yogyakarta: UPP STIM YKPN.
Huda, N. (2015). Ekonomi Pembangunan Islam. Jakarta: Prenadamedia Group
Kristiana, D. (2009). Interaksi Sosial pada Pengamen di Sekitar Terminal Tirtonadi Surakarta Jurnal UMS (tidak diterbitkan). Solo: Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Mankiw, N. Gregory. (2003). Teori Makro Ekonomi, Edisi Kelima, Penerbit. Erlangga, Jakarta.
Pratama, K., AA. Gede; I. B. Darsana. (2019). “Pengaruh Kemiskinan Dan Investasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Dan Kesejahteraan Masyarakat”. E-Jurnal Ekonomi Pembangunan Universitas Udayana, [S.l.] :1300 - 1330.
Rusli, S., Toersilaningsih, R., Meirida, D., Kurniawan, U. K., & Setiawan, K. D, (2015), Potensi dan Implikasi Bonus Demografi di Provinsi Banten Tahun 2015-2035, Jakarta: Direktorat Analisis Dampak Kependudukan BKKBN.
Sukirno, S. (2011). Ekonomi Pembangunan: Proses, Masalah dan Dasar Kebijakan. Jakarta: Kencana.
Sukirno, S. (2013). Makro Ekonomi, Teori Pengantar. Penerbit PT. Raja. Grafindo Persada, Jakarta.
Susanto, A. B. dan L. Rachmawati. (2013). “Pengaruh Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan Inflasi Terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Lamongan”. Jurnal Ekonomi. Hal. 1-18.
Todaro, Michael P., dan Stephen C. Smith. (2006). Pembangunan Ekonomi. Jilid 2. Edisi Kesembilan. Jakarta: Erlangga.
Published
2021-04-01
How to Cite
destu alensia yane, & suprijati jajuk. (2021). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERTUMBUHAN EKONOMI JAWA TIMUR. Develop, 5(1), 42-51. https://doi.org/10.25139/dev.v5i1.3692
Section
Articles