PENGARUH E-COMMERCE CARING DAN E- COMMERCE SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATIFACTION PADA PASIEN RSUD BHAKTI DHARMA HUSADA DI SURABAYA BARAT

  • Mochamad Zulfikar
  • Ayu Citra Mayasari Fakultas Keperawatan, Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
  • Yoga Kertapati Fakultas Keperawatan, Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
  • Dhian Satya Rachmawati Fakultas Keperawatan, Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
  • Dwi Ernawati Fakultas Keperawatan, Program Studi Keperawatan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Hang Tuah Surabaya
Abstract views: 23 , PDF Journal (Bahasa Indonesia) downloads: 17

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce caring  dan e- commerce service quality terhadap e-satifaction pada pasien RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Jenis penelitian ini adalah exploratif dan pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Dan populasi sejumlah 37 dan sampel juga 37 pasien dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara sampel jenuh dan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar ke pasien RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Dan analisis data mengunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa E_Caring dan E_Service Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap E_Satisfaction pada perawat di RSUD Bhakti Darma Husada Surabaya Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi untuk E_Caring dan E_Service Quality signifikan pada tingkat α = 0,05. E_Service Quality memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap E_Satisfaction dibandingkan dengan E_Caring pada perawat RSUD Bhakti Darma Husada Surabaya Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi untuk E_Service Quality lebih besar daripada koefisien regresi untuk E_Caring. E_Caring dan E_Service Quality memiliki hubungan yang kuat dengan E_Satisfaction: Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara E_Caring dan E_Satisfaction, serta antara E_Service Quality dan E_Satisfaction, sangat kuat pada perawat RSUD Bhakti Darma Husada Surabaya. Model regresi linier berganda yang dibentuk memiliki kemampuan yang baik untuk memprediksi E_Satisfaction: Hasil analisis menunjukkan bahwa model regresi linier berganda yang dibentuk memiliki nilai R-squared yang relatif tinggi. Dalam keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E_Caring dan E_Service Quality merupakan faktor yang signifikan dalam memprediksi E_Satisfaction. Oleh karena itu, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pasien pada RSUD Bhakti Darma Husada Surabaya.

Kata Kunci : E-Caring, E-Service Quality, E-Satisfaction.

References

Daud Noti, Asnet Leo Bunga, E. T. (2025). The Effect of 6c Training for IGD Nurses on Increasing IGD Patient Satisfaction at ABL Hospital. 2(11), 1–17.
Ferdinand, A. (2024). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas. Diponegoro. Semarang.
Hosanna, G., Tarigan, E., Girsang, E., Lestari, S., & Nasution, R. (2025). Analysis of the quality health services on patient satisfaction at the Vina Estetica General Hospital Medan City. 12(6).
Muhamad Rizki Maulana, Lilis Rohayani, S. (2020). Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pasien Berdasarkan Persepsi Pasien Di Puskesmas Melong Tengah Dengan Metode Servqual. Jurnal Kesehatan Kartika, 15(3), 6631622–6631624. https://doi.org/10.26874/v15.i3
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. Bin. (2021). E-Service Quality, Customer Trust and Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 237.
https://doi.org/10.24252/minds.v8i2.23224
Parasuraman, Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2019). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.
Rashid, D. A., & Rasheed, D. R. (2024). Logistics Service Quality and Product Satisfaction in E-Commerce. SAGE Open, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.1177/21582440231224250
Solimun. (2023). Modul Pelatihan Aplikasi Software Smart PLS dan AMOS, Fakultas MIPA dan Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya Malang.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. S,.
Suprapti, B., Herliana, L., & Yuningsih, A. (2025). Caring Model Development in Improving Quality of Nursing Services in Tasikmalaya. 4(1), 182–190.
Yessi Fadriyanti, Verra Widhi Astuti, Wira Heppy Nidia, R. (2024). NURSES’ CARING Behaviour And Covid-19 Patient Satisfaction At Rsup Dr. M. Djamil Padang. 9(2), 613–622.
Published
2025-03-24
How to Cite
Mochamad Zulfikar, Ayu Citra Mayasari, Yoga Kertapati, Dhian Satya Rachmawati, & Dwi Ernawati. (2025). PENGARUH E-COMMERCE CARING DAN E- COMMERCE SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATIFACTION PADA PASIEN RSUD BHAKTI DHARMA HUSADA DI SURABAYA BARAT . Develop, 9(1), 49-57. https://doi.org/10.25139/dev.v9i1.9987
Section
Articles