PENGARUH E-COMMERCE CARING DAN E- COMMERCE SERVICE QUALITY TERHADAP E-SATIFACTION PADA PASIEN RSUD BHAKTI DHARMA HUSADA DI SURABAYA BARAT


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh e-commerce caring dan e- commerce service quality terhadap e-satifaction pada pasien RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Jenis penelitian ini adalah exploratif dan pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif. Dan populasi sejumlah 37 dan sampel juga 37 pasien dan menggunakan teknik pengambilan sampel secara sampel jenuh dan metode pengumpulan data menggunakan kuisioner yang disebar ke pasien RSUD Bhakti Dharma Husada Surabaya. Dan analisis data mengunakan Regresi Linier Berganda. Hasil penelitian menemukan bahwa E_Caring dan E_Service Quality memiliki pengaruh signifikan terhadap E_Satisfaction pada perawat di RSUD Bhakti Darma Husada Surabaya Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi untuk E_Caring dan E_Service Quality signifikan pada tingkat α = 0,05. E_Service Quality memiliki pengaruh yang lebih besar terhadap E_Satisfaction dibandingkan dengan E_Caring pada perawat RSUD Bhakti Darma Husada Surabaya Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien regresi untuk E_Service Quality lebih besar daripada koefisien regresi untuk E_Caring. E_Caring dan E_Service Quality memiliki hubungan yang kuat dengan E_Satisfaction: Hasil analisis menunjukkan bahwa koefisien korelasi antara E_Caring dan E_Satisfaction, serta antara E_Service Quality dan E_Satisfaction, sangat kuat pada perawat RSUD Bhakti Darma Husada Surabaya. Model regresi linier berganda yang dibentuk memiliki kemampuan yang baik untuk memprediksi E_Satisfaction: Hasil analisis menunjukkan bahwa model regresi linier berganda yang dibentuk memiliki nilai R-squared yang relatif tinggi. Dalam keseluruhan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa E_Caring dan E_Service Quality merupakan faktor yang signifikan dalam memprediksi E_Satisfaction. Oleh karena itu, perusahaan dapat meningkatkan kepuasan pelanggan dengan meningkatkan kualitas layanan dan meningkatkan kemampuan untuk memenuhi kebutuhan pasien pada RSUD Bhakti Darma Husada Surabaya.
Kata Kunci : E-Caring, E-Service Quality, E-Satisfaction.
References
Ferdinand, A. (2024). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas. Diponegoro. Semarang.
Hosanna, G., Tarigan, E., Girsang, E., Lestari, S., & Nasution, R. (2025). Analysis of the quality health services on patient satisfaction at the Vina Estetica General Hospital Medan City. 12(6).
Muhamad Rizki Maulana, Lilis Rohayani, S. (2020). Hubungan Pelayanan Prima Dengan Kepuasan Pasien Berdasarkan Persepsi Pasien Di Puskesmas Melong Tengah Dengan Metode Servqual. Jurnal Kesehatan Kartika, 15(3), 6631622–6631624. https://doi.org/10.26874/v15.i3
Muharam, H., Chaniago, H., Endraria, E., & Harun, A. Bin. (2021). E-Service Quality, Customer Trust and Satisfaction: Market Place Consumer Loyalty Analysis. Jurnal Minds: Manajemen Ide Dan Inspirasi, 8(2), 237.
https://doi.org/10.24252/minds.v8i2.23224
Parasuraman, Zeithaml, V. A., & Berry, L. L. (2019). SERVQUAL: A Multiple-Item Scale for Measuring Consumer Perceptions of Service Quality. Journal of Retailing.
Rashid, D. A., & Rasheed, D. R. (2024). Logistics Service Quality and Product Satisfaction in E-Commerce. SAGE Open, 14(1), 1–12. https://doi.org/10.1177/21582440231224250
Solimun. (2023). Modul Pelatihan Aplikasi Software Smart PLS dan AMOS, Fakultas MIPA dan Program Pascasarjana, Universitas Brawijaya Malang.
Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. S,.
Suprapti, B., Herliana, L., & Yuningsih, A. (2025). Caring Model Development in Improving Quality of Nursing Services in Tasikmalaya. 4(1), 182–190.
Yessi Fadriyanti, Verra Widhi Astuti, Wira Heppy Nidia, R. (2024). NURSES’ CARING Behaviour And Covid-19 Patient Satisfaction At Rsup Dr. M. Djamil Padang. 9(2), 613–622.
Copyright (c) 2025 Mochamad Zulfikar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
CC BY 4.0 Creative Commons Attribution 4.0 International. This license requires that reusers give credit to the creator. It allows reusers to distribute, remix, adapt, and build upon the material in any medium or format, even for commercial purposes.
BY: Credit must be given to you, the creator.