Kajian Tingkat Kerusakan Menggunakan Metode PCI Pada Ruas Jalan Ir. Sutami Kota Probolinggo

Samsul Rian Hidayat, Rudy Santosa

Abstract


Jalan merupakan prasarana penting dalam transportasi yang dapat berpengaruh terhadap kemajuan bidang ekonomi, sosial, budaya maupun politik di suatu wilayah. Namun umur jalan yang sudah direncanakan pada kenyataannya tidak sesuai dengan yang terjadi di lapangan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai kondisi perkerasan Jalan Ir. Sutami Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode PCI (Pavement Condition Index). PCI (Pavement Condition Index) adalah sistem penilaian kondisi perkerasan jalan berdasarkan jenis, tingkat dan luas kerusakan yang terjadi, dan dapat digunakan sebagai acuan dalam usaha pemeliharaan. Jalan Ir. Sutami Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo dengan panjang 2.4 km dibagi menjadi beberapa segmen dengan ukuran 200 x 7 m per segmennya. Masing-masing segmen di evaluasi dengan mengukur dimensi, identifikasi jenis dan tingkatan kerusakannya untuk mendapatkan nilai PCI. Hasil Penelitian Menunjukkan terdapat 7 macam kerusakan yang terjadi pada ruas Jalan Ir. Sutami Kecamatan Wonoasih Kota Probolinggo. Jenis kerusakannya adalah Alur (Rutting) sebesar 50,03%, Tambalan (Patching) sebesar 26,34%, Retak Kulit Buaya (Alligator Cracking) sebesar 20,37%, Pelapukan dan Butitran Lepas (Weathering and Raveling) sebesar 2,2%, Persilangan Jalan Rel (Railroad Crossing) sebesar 0,69%, Lubang (Pothole) sebesar 0,17%, dan yang terakhir Amblas (Depression) sebesar 0,02%. Nilai rata – rata PCI sebesar 51,5 yang menunjukkan kondisi perkerasan jalan dalam kondisi Sedang/Fair, sehingga perlu suatu penanganan serius dari pemerintah untuk segera melakukan perbaikan sebelum kerusakan menjadi lebih parah.


Keywords


Flexible Pavement; The Analysis Of Road Damage; Pavement Condition Index.

Full Text:

PDF

References


A. Suwandi, W. S, (2008), Evaluasi Tingkat Kerusakan Jalan Dengan Methode Pavement Condition Index (PCI) untuk Menunjang Pengambilan Keputusan. Jurusan Teknik Sipil dan Lingkungan, Fakultas Teknik, Universitas Gadjah Mada. Yogyakarta.

Direktorat Pembinaan Jalan Kota, (1990), Tata Cara Penyusunan Pemeliharaan Jalan Kota (No.018/T/BNKT/1990), Direktorat Jendral Bina Marga Departemen PU. Jakarta.

Direktorat Jenderal Bina Marga, (1995), Petunjuk Pelaksanaan Pemeliharaan Jalan Kabupaten.Petunjuk Teknis No. 024/T/Bt/1995, Departemen Pekerjaan Umum, Direktorat Jenderal Bina Marga.

Hary Christady Hardiyatmo, (2015), Pemeliharaan Jalan Raya Edisi ke-2, Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Silvia Sukirman, (1999), Perkerasan Lentur Jalan Raya, Nova. Bandung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________________________
Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil
ISSN 2615-7195 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Ge-STRAM Stats