Perbandingan Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur” (Studi Kasus Ruas Jalan Raya Pantai Prigi – Popoh Kab. Tulungagung)
Abstract
Penentuan lapisan perkerasan yang akan digunakan akan sangat berpengaruh pada anggaran biaya yang tersedia, waktu dan kelancaran pekerjaan. Tujuan mengangkat Perbandingan Perkerasan Kaku dan Perkerasan Lentur (Study Kasus Ruas Jalan Raya Pantai Prigi – Popoh Kab. Tulungagung) sebagai judul adalah untuk mengetahui jenis tebal perkerasan mana yang lebih efektif dan effisien bila dilihat dari beban operasional lalu lintas yang terjadi pada jalan raya pantai Perigi – Popoh kab. Tulungagung dengan menggunakan metode Bina Marga. Cara membandingkan cara membandingkan antara perkerasan kaku dan perkerasan lentur adalah dengan menghitung perhitungan melalui data-data yang ada.
Perkerasan Kaku atau di sebut dengan Rigid Pavement sudah sangat lama dikenal di Indonesia. Ia lebih di kenal pada masyarakat umum dengan nama Jalan Beton. Perkerasan tipe ini sudah sangat lama di kembangkan di negara – negara maju seperti Amerika, Jepang, Jerman dll. Perkerasan Lentur Adalah struktur perkerasan yang sangat banyak digunakan dibandingkan dengan struktur perkerasan kaku. Struktur perkerasan lentur dikonstruksi baik untuk konstruksi jalan, maupun untuk konstruksi landasan pacu.
References
Khisty, C. Jotin. dan B. Kent Lall. (2005). Dasar – Dasar Rekayasa Transportasi. Jakarta : Erlangga.
Bappeda Tulungagung, (2010). Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) Kabupaten Tulungagung. Pemkab : Tulungagung.
Suryawan, Ari. (2009). Perkerasan Jalan Beton Semen Portland ( Rigid Pavement ) Perencanaan Metode AASHTO. Yogyakarta: Beta offset.
Mochtar, Indra Surya B, Sujanarko .(1993). Jalan Raya. Surabaya: Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan ITS.
Hendarsin S.L. (2000). Perencanaan Teknik Jalan Raya. Bandung: Politeknik Negeri Bandung
Homburger W.S. (1992). James H Kell and David D. Perkins, Fundamental of Traffic Engineering, 13 Th edition, Institute of Transportation Studies, University of California at Berkeley.
Departemen Pekerjaan Umum. (1987). Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen. Jakarta: Yayasan Badan Penerbitan PU
Nurahmi O. Kartika A.A.G. (2012). Perbandingan Konstruksi Perkerasan Lentur dan Perkerasan Kaku serta Analisis Ekonominya pada Proyek Pembangunan Jalan Lingkar Mojoagung, Vol 1 ISSN: 2301-9271
Fahrurrozi. (2008). Pengaruh Nilai Cbr Tanah Dasar Terhadap Tebal Perkerasan Lentur Jalan Kaliurang Dengan Metode Bina Marga 1987 Dan Aashto 1986, Yogyakarta: Fakultas Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Islam Indonesia
Firdaus F. (2009). Perbandingan Perkerasan Kaku Dan Perkerasan Lentur (Study Kasus Ruas Jalan Raya Pantai Prigi – Popoh Kab. Tulungagung)
Copyright (c) 2018 Adhita Maharani, Sapto Budi Wasono
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.