Analisa Dampak Optimalisasi Waktu Terhadap Biaya Pekerjaan Struktur Pembangunan Hotel Amaris-Taman Apsari Surabaya

Kusnul Yakin, Patrisius Valdo Sandi, Maulidya Octaviani Bustamin

Abstract


Dalam kegiatan proyek konstruksi terdapat tiga hal yang menjadi faktor pengaruh terhadap keberhasilan dan kegagalan yaitu waktu, biaya dan mutu. Keberhasilan suatu proyek biasanya dilihat dari waktu penyelesaian yang tergolong singkat tanpa mengabaikan mutu hasil pekerjaan proyek. Pengelolaan proyek yang tepat dan teratur diperlukan untuk memastikan waktu, biaya, dan mutu proyek. Hal ini untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan seperti: keterlambatan penyelesaian, membengkaknya biaya, gagal mutu, dan lain sebagainya yang bisa saja berimbas pada kegagalan proyek dan munculnya biaya denda. Tujuan dari penelitian ini adalah menghitung perubahan biaya dan waktu pelaksanaan proyek dengan alternatif penambahan jam kerja lembur membandingkan hasil antara normal dengan perubahan biaya sesudah penambahan jam kerja (lembur). Data-data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari kontraktor pelaksana. Analisis data menggunakan program Microsoft Project 2007 dan metode time cost trade off (TCTO). Hasil dari analisis adalah lintasan kritis dan kenaikan biaya akibat dari penambahan jam kerja (lembur) sedangkan hasil dari metode time cost trade off adalah percepatan durasi dan kenaikan biaya akibat percepatan durasi dalam setiap kegiatan yang dipercepat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa waktu dan biaya total proyek pada kondisi normal sebesar 117 hari dengan biaya Rp 8.000.080.361,56 dengan penambahan 3 jam kerja lembur didapaktan durasi crashing 98 hari dan dengan biaya sebesar Rp 8,147,282,633.64, pada penambahan 5 jam kerja lembur didapatkan durasi crashing 95 hari dan biaya sebesarRp 8.157.344.186,22.


Keywords


Microsoft Project, TCTO, Optimalisasi, Waktu dan Biaya

Full Text:

PDF

References


Christian, dkk. “Studi Penerapan Metode PERT Pada Proyek Gudang X”, (Surabaya : Universitas Kristen Petra).

Dannyanti, Ekka. 2010. “Optimalisasi Pelaksanaan Proyek Dengan Metode PERT dan CPM (Studi Kasus Twin Tower Building Pasca Sarjana Undip”, (Semarang : UNDIP, 2010).

Dipohusodo, Istimawan. 1996. “Manajemen Proyek & Konstruksi, Jilid II”, (Yogyakarta: Penerbit Kanisius, 1996)

Ervianto, Wulfram. 2005. “Manajemen Proyek Konstruksi (Edisi Revisi)”, (Yogyaakarta: Penerbit ANDI, 2005).

Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia. Nomor Kep.102/Men/VI/2004 tentang Waktu Kerja Lembur dan Upah Kerja Lembur.

Kusumawati, Nafisah Octa. 2017. “ Penjadwalan Ulang Proyek Pembangunan Pabrik Pakan Ternak Koperasi Agro Niaga Jabung Dengan Menggunakan Metode PERT”, (Malang : Universitas Brawijaya, 2017).

Nurhayati, MT, Ir. 2010. “Manajemen Proyek”, (Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2010).

Santosa, Budi. 2009. “Manejemen Proyek Konsep & Implementasi”, (Yogyakarta: Penerbit Graha Ilmu, 2009).

Soeharto, Iman. 1990. “Manajemen Proyek Industri”, (Jakarta: Penerbit Erlangga. 1990).

Soeharto, Iman. 1995. “Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional”, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 1995)

Soeharto, Iman. 1999. “Manajemen Proyek Dari Konseptual Sampai Operasional”, (Jakarta: Penerbit Erlangga, 1999).

Surya Nugraha, Ahmad. 2016. “Analisis Biaya dan Waktu Proyek Konstruksi Dengan Penambahan Jam Kerja Dibandingkan dengan Penambahan Tenaga Kerja Menggunakan Metode Time Cost Trade Off (studi kasus: Pekerjaan Perencanaan Jalan Bingin Teluk, Kabupaten Musi Rawas). Tugas Akhir. (Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_________________________________________
Ge-STRAM: Jurnal Perencanaan dan Rekayasa Sipil
ISSN 2615-7195 (online)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Ge-STRAM Stats