Penerapan Perangkat Pembelajaran K13 Berbasis Web

akhmad julhaidi, Nurahman .

Abstract


Abstrak - Pengembangan Kurikulum 2013 adalah penyempurnaan pola pikir, penguatan tata kelola kurikulum, pendalaman dan perluasan materi, penguatan proses pembelajaran, dan juga penyesuaian beban belajar agar dapat menjamin kesesuaian antara apa yang diinginkan dengan apa yang dihasilkan. Raport sendiri berperan sangat penting sebagai penunjang dalam proses pencatatan data pelajaran dan nilai dibidang pendidikan seperti PAUD atau TK. Selama ini proses pencatatan data penilaian dan penjadwalan dilakukan secara konvensional, sehingga tidak jarang sering terjadi kesalahan dan kekeliruan dari data yang dihasilkan. Untuk menangani masalah ini maka perlunya dibuat sebuah sistem yang dapat mengelola data dengan baik, sehingga data yang dihasilkan dapat terdokumentasi dengan baik berdasarkan rancangan standar pembelajaran oleh Kurikulum yang diterapkan. Selain itu dalam pembuatan RPPH dan RPPM guru atau pihak sekolah hanya membuatnya disebuah buku catatan dan tidak jarang hanya pada selembar kertas yang dibagikan kepada para murid. Sehingga para murid sering lupa memberikan selembaran tersebut kepada orang tuanya dan mengakibatkan para orang tua murid tidak dapat mengetahui secara pasti jadwal anak-anaknya.Sistem yang akan dirancang ini dilengkapi dengan pengelolaan data pembelajaran seperti PROTA (Program Tahunan), PROSEM (Program Semester), RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan), RPPH(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian), dan Raport yang ditunjukan untuk kepala sekolah, guru dan staff pengajar.


Keywords


K13, TK Baamang, Perangkat Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


S. E. Dyta dan T. S. SUTOJO, “Rancang Bangun Aplikasi Game Edukasi Anak Untuk Mengenal Bentuk dan Warna BENDA,” Skripsi Program Studi Tek. Inform.-S1 Univ. Dian Nuswantoro Semarang, 2013.

“implementasi_kurikulum_2013_SMP-MATEMATIKA-rev.pdf.” .

D. A. Rivai dan B. E. Purnama, “Pembangunan Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Miftahul Huda Ngadirojo,” IJNS - Indones. J. Netw. Secur., vol. 3, no. 2, Jul 2013.

Alinna Astriayulita “IMPLEMENTASI PENDIDIKAN LINGKUNGAN HIDUP MENGGUNAKAN KURIKULUM 2013 PAUD (Studi deskriptif di PAUD Taman Belia Candi Kota Semarang Tahun 2016-2017), 2017”.

M. A. Setiawan, “Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mencapai Gelar Sarjana Strata Satu Jurusan Teknik Informatika,” hlm. 118.

Sistem Perencanaan & Pengendalian Manajemen (ed.3) Koran. Penerbit Salemba.

R. Intan, C.-H. Chi, H. N. Palit, dan L. W. Santoso, Intelligence in the Era of Big Data: 4th International Conference on Soft Computing, Intelligent Systems, and Information Technology, ICSIIT 2015, Bali, Indonesia, March 11-14, 2015. Proceedings. Springer, 2015.

J. Hutahaean, Konsep Sistem Informasi. Deepublish, 2015.

A. A. M.Si S. Pd, Praktis Membuat Buku Kerja Guru : Menyusun Buku Kerja 1, 2, 3 dan 4 Dengan Mudah dan Sistematis. CV Jejak (Jejak Publisher), 2018.

N. S. M.Pd S. Pd SD, PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA: DI SEKOLAH DASAR KELAS TINGGI. Cv. Ae Media Grafika.

A. Fitri, “PERENCANAAN PEMBELAJARAN KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN ANAK USIA DINI,” J. Ilm. POTENSIA, vol. 2, no. 1, hlm. 1–13, 2017.

M. Udayah, “Meningkatkan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Penyusunan Perencanaan Pembelajaran Melalui Supervisi Akademik di TK Nurrahman Kecamatan Labuan Amas Selatan,” J. Penelit. Tindakan Dan Pendidik., vol. 4, no. 3, 2018.

H. A. Fatta dan U. Amikom, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Penerbit Andi.

A. S. Putra, O. M. Febriani, dan B. Bachry, “IMPLEMENTASI GENETIC FUZZY SYSTEM UNTUK MENGIDENTIFIKASI HASIL CURIAN KENDARAAN BERMOTOR DI POLDA LAMPUNG,” SIMADA J. Sist. Inf. Dan Manaj. Basis Data, vol. 1, no. 1, hlm. 21–30, Mar 2018.

“Setiawan - Diajukan Sebagai Salah Satu Syarat Untuk Mencapai .pdf.” .

H. A. Fatta dan U. Amikom, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern. Penerbit Andi.

D. S. M. Pahlevi, Tujuh Langkah Praktis Pembangunan Basis Data. Elex Media Komputindo, 2013.

R. Mandar, Solusi Tepat Menjadi Pakar Adobe Dreamweaver CS6. Elex Media Komputindo, 2017.

SGS : Adobe Photoshop. Elex Media Komputindo.

Y. Wicaksono, Membangun Bisnis Online dengan Mambo. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2008.

M. H. Komputer Bunafit, Membuat Aplikasi Database. Elex Media Komputindo.

[22] R. H. Sianipar, Dasar Pemrograman JavaScript: Langkah demi Langkah. Penerbit ANDI, 2017.

[23] J. Enterprise, Pengenalan HTML dan CSS. Elex Media Komputindo, 2016.

[24] S. A. Pascal, Tip & Trik Microsoft Office 2007. Elex Media Komputindo, 2013.

Anhar, Panduan Bijak Belajar Internet untuk Anak. Adamssein Media, 2016.

Athailah, Panduan Singkat Menguasai Router Mikrotik untuk Pemula. MediaKita, 2013.

Panduan Karir di Dunia Teknologi Informasi. Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ojsinf.v4i2.1785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 akhmad julhaidi, Nurahman .

____________________________________________________________
INFORM: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN 2502-3470 (Print) | 2581-0367 (Online)
Published By Pusat Pengelola Jurnal Universitas Dr. Soetomo
Managed By Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dr. Soetomo
Address Jl. Semolowaru no 84, Surabaya, 60118, (031) 5944744
Website https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform
email [email protected]

Inform is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Inform Stats

Inform is supervised by Relawan Jurnal Indonesia.