Pemetaan Tingkat Polusi Udara di Kota Surabaya Berbasis Android

  • Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 2065 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 4062

Abstract

Pencemaran udara merupakan permasalahan yang sangat umum terjadi di kota-kota besar seperti Kota Surabaya, pemerintah sudah melakukan banyak hal dalam menangani kondisi tersebut salah satunya dengan menempatkan beberapa titik alat pantau udara yang ditempatkan pada wilayah tertentu. Masyarakat dapat mengetahui tingkat polusi udara melalui display yang terpasang pada beberapa ruas jalan raya. Penempatan display yang terbatas membuat masyarakat kesulitan dalam mendapatkan informasi tingkat polusi udara. Penelitian ini bertujuan untuk menunjukkan tingkat polusi udara berupa peta digital sehingga masyarakat dapat dengan mudah melihat informasi polusi udara. Selain memudahkan masyarakat untuk memperoleh informasi, juga dapat membantu Badan Lingkungan Hidup dalam memantau kondisi kualitas udara. Hasil penelitian ini mampu menampilkan peta tingkat polusi udara pada perangkat android dan server berupa web yang menampilkan line chart tiap parameter. Dalam pengambangan sistem ini menggunakan metode Indeks Standar Pencemar Udara dengan menggunakan parameter carbon monoksida, nitrogen dioksida, sulfur dioksida, partikulat, dan ozon. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem mampu mempermudah Badan Lingkungan Hidup dalam memantau kualitas udara di Kota Surabaya, sistem juga mampu memberikan informasi mengenai tingkat polusi udara kepada masyarakat berupa peta digital yang dapat dilihat pada perangkat Android. Hasil pengklasifikasian sistem pemetaan tingkat polusi udara di Kota Surabaya didapatkan nilai precision sebesar 79.47% dan recall sebesar 85.71%.

 

Kata Kunci— Polusi Udara, Android, Indeks Standar Pencemaran Udara, Display

Author Biographies

, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Teknik Informatika, Fakultas Teknik
, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Teknik Informatika, Fakultas Teknik
, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Teknik Informatika, Fakultas Teknik

References

[1] M Akhadi. 2009. Ekologi Energi Mengenali Dampak Lingkungan Dalam Pemanfaatan Sumber-Sumber Energi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
[2] KABAPEDAL. 2008. Laporan Pemeliharaan Stasiun Monitoring Udara Ambient. Surabaya: Badan Pengendalian Lingkungan Hidup.
[3] E Kendall, Kenneth and Julie E, Kendall. 2003. Analisis Dan Perancangan Sistem (System Analysis and Design). Terjemahan: Thamir Abdul Hafedh. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia
Published
2017-07-14
How to Cite
, , & . (2017). Pemetaan Tingkat Polusi Udara di Kota Surabaya Berbasis Android. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(1). https://doi.org/10.25139/inform.v1i1.214
Section
Volume 1 No. 1 2016