Pemodelan Tanaman Virtual Menggunakan Lindenmayer System

  • Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Abstract views: 892 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1219
Keywords: Pemodelan tiga dimensi, pohon, render, lindenmayer system

Abstract

Kontribusi komputer dalam bidang grafis berkembang sangat cepat, aplikasinya mulai dari sains, dunia industri manufaktur, medis, hingga militer. Berangkat dari hal tersebut pentingnya pengembangan sistem yang dapat mengurangi waktu saat render dan meminimalkan menggunakan sumber daya perangkat keras computer, sehingga dapat digunakan untuk komputer dengan skala kecil sekelas komputer personal. Menggunakan metode penelitian system development life cycle yang terdiri atas tahap menganalisa dan merancang pada pemodelan tiga dimensi tanaman, khususnya pohon menggunakan algoritma lindenmayer system, dimana penumbuhan percabangan dahan dan ranting, hingga daun, mengambil patokan koordinat objek pada titik percabangan untuk menumbuhkan bagian cabang lain pada pohon. Pada hasil penelitian didapatkan bahwa render dengan jumlah 130,904 vertice render 2 detik, daun segi delapan 2,57 detik, dan bentuk bulat dengan waktu render 3,6 detik. Simulasi pemodelan tanaman virtual tercapai.

Author Biography

, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknologi Industri

References

[1] Aristid Lindenmayer. 1968, “Mathematical models for cellular interaction in development”, Parts I and II. Journal of Theoretical Biology, 18:280–315.
[2] Atris Suyantohadi, 2010, “Artificial Life pada pemodelan Pertumbuhan Tanaman Varietas Kedelai Menggunakan Pendekatan Intelligence”, Desertasi, Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya.
[3] David A. Bray, Benn Konsynski, 2006, “Virtual Worlds, Virtual Economies”, Virtual Institutions, Social Science Research Network”, pp.1-30.
[4] Hitoshi Kanda, Jun Ohya, 2003, “Efficient Realistic Method for Animating Dynamic Behavior of 3D Botanical Trees”, IEEE Computer Graphics and Applications, pp. 89-92.
[5] Kendall&Kendall, 2003, “Analisis dan Perancangan Sistem Jilid 1”, PT. Prehallindo, Jakarta.
[6] Jason P. Weber, 2008, Fast Simulation of Realistic Trees, IEEE Computer Graphics and Applications, pp. 67-75.
[7] Przemyslaw Prusinkiewicz, Aristid Lindenmayer, 2004, “The Algorithmic Beauty of Plants”, Springer Verlag.
[8] Ismael Gracia, Mateu Sbert, and L. Szirmay-Kalos, 2005, “Tree Rendering with BillBoard Clouds”, Budapest, 3rd Hungarian Confrence, Computer Graphic and Geometry.
[9] Weibo Wu, Xiaosheng Liu, Zixue Feng, and Youliang Chen, 2006, “Study on the Simulation of Trees”, IEEE Computer Graphics and Applications, pp. 847-848.
[10] Qing Xiong, Xin-yuan Huang, 2009, “Speed Tree-Based Forest Simulation System”, IEEE Computer Graphics and Applications.
Published
2017-07-31
How to Cite
(2017). Pemodelan Tanaman Virtual Menggunakan Lindenmayer System. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(2). https://doi.org/10.25139/inform.v2i2.311
Section
Articles