Dampak Penerapan Strategi Perpanjangan Garansi pada Dua Retailer Berbeda untuk Meningkatkan Keuntungan Maksimal

Lukman Junaedi, Awalludiyah Ambarwati

Abstract


Dalam bersaing saat ini, perusahaan yang memproduksi durable product seperti produk elektronik, produk mesin atau alat berat umumnya dijual dengan pemberian garansi sebagai salah satu bentuk layanan purna jual. Garansi merupakan suatu perjanjian kontrak yang diberikan oleh produsen atau retailer terhadap pelanggan yang membeli produk tersebut berupa penggantian atau perbaikan apabila mengalami kerusakan selama masa periode garansi. Produk dengan masa garansi yang lama bisa dijadikan tolak ukur oleh konsumen bahwa produk tersebut memiliki kualitas yang baik. Pemberian garansi menimbulkan tambahan biaya bagi produsen maupun retailer, yang disebut dengan biaya garansi. Pada penelitian ini akan mengukur dampak terhadap penerapan strategi perpanjangan garansi yang diberikan oleh dua retailer yang berbeda dengan produsen yang sama selaku pemberi garansi dasar kepada pelanggan, dengan metode pengembangan model strategi garansi Bian dan Esmaili. Strategi perpanjangan garansi yang dilakukan produsen berupa menawarkan garansi dasar kepada pelanggan dengan jenis garansi Free Replacement Warranty. Untuk kedua retailer memberikan penawaran pilihan perpanjangan garansi kepada pelanggan; yang pertama memberikan perpanjangan garansi dengan jenis garansi Free Repairment Warranty, dengan biaya garansi dibundel dengan harga produk; kedua tidak memberikan perpanjangan garansi. Hasil pengukuran menunjukkan, strategi dengan perpanjangan garansi oleh retailer memberikan profit supply chain dan profit bagi produsen yang lebih besar daripada yang tidak memberikan perpanjangan garansi.

Keywords


Garansi, Layanan Purna Jual, Strategi Perpanjangan Garansi

References


D. N. P. Murthy and I. Djamaludin, “New product warranty: A literature review,” Int. J. Prod. Econ., vol. 79, no. 3, pp. 231–260, 2002.

D. Murthy, “Product warranty logistics: Issues and challenges,” Eur. J. Oper. Res., vol. 156, no. 1, pp. 110–126, Jul. 2004.

Y. Bian, S. Yan, W. Zhang, and H. Xu, “Warranty strategy in a supply chain when two retailer’s extended warranties bundled with the products,” J. Syst. Sci. Syst. Eng., vol. 24, no. 3, pp. 364–389, Sep. 2015.

M. Esmaeili, N. Shamsi Gamchi, and E. Asgharizadeh, “Three-level warranty service contract among manufacturer, agent and customer: A game-theoretical approach,” Eur. J. Oper. Res., vol. 239, no. 1, pp. 177–186, Nov. 2014.

K. Li, S. Mallik, and D. Chhajed, “Design of Extended Warranties in Supply Chains under Additive Demand,” Prod. Oper. Manag., vol. 21, no. 4, pp. 730–746, Jul. 2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ojsinf.v2i2.316

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Lukman Junaedi, Awalludiyah Ambarwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

____________________________________________________________
INFORM: Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi
ISSN 2502-3470 (Print) | 2581-0367 (Online)
Published by Pusat Pengelola Jurnal, Universitas Dr. Soetomo
Managed by Program Studi Teknik Informatika, Fakultas Teknik, Universitas Dr. Soetomo
Address Jl. Semolowaru no 84, Surabaya, 60118, (031) 5944744
Website https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/inform
email [email protected]

Inform is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Inform Stats

Inform is supervised by Relawan Jurnal Indonesia.