Pengaruh Dimensi Kepercayaan Terhadap Adopsi Layanan E-Government

  • Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
  • Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Abstract views: 1529 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1025

Abstract

Teknologi e-Government berkembang secara pesat, namun pada kenyataannya penggunaan e-Government masih rendah, salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya penggunaan e-Goverment adalah kurangnya kepercayaan, telah ditunjukkan bahwa kepercayaan adalah salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan dari adopsi e-Government . Penelitian ini bertujuan mengetahui dimensi kepercayaan pada e-Goverment dan hubungannya dengan niat menggunakan e-Government, pada penelitian ini juga memvalidasi 8 dimensi kepercayaan pada e-Government berdasarkan data empiris dan menyajikan hubungan 8 dimensi kepercayaan pada e-Government itu dengan niat menggunakan e-Government. Hasil penelitian ini memberikan kontribusi berupa model berdasarkan pada 8 dimensi trust in e-Goverment dan hubungannya dengan keinginan untuk menggunakan e-Goverment malalui mediasi trust in e-Goverment.

 

Kata kunci— kepercayaan, dimensi kepercayaan, 8 dimensi kepercayan pada e-government, keinginan menggunaakan e-government.

References

[1] Mayer, R. C., Davis, J. H., & Schoor, D. F. (1995). An Integrative Model of Organizational Trust. The Academy of Management Review, Vol. 20, No. 3 , 709-734.

[2] Papadopoulou, P., Nikolaidou, M., & Martakos, D. (2010). What Is Trust in E-Government? A Proposed Typology. Proceedings of the 43rdHawaii International Conference on System Science. Hawaii: IEEE Computer Society.

[3] Srivasta, S. C., & Thompson, T. S. (2005). Citizen Trust Development for E-Government Adoption: Case of Singapore.

[4] Warkentin, M., Gefen, D., Pavlou, P., & Rose, G. (2002). Encouraging Citizen Adoption of e-Government by Building Trust. Electronic Markets, Vol.12, No. 3 , 157-162.

[5] Welch, E. W., Hinnant, C. C., & Moon, M. J. (2005). Linking Citizen Satisfaction with E-Government and Trust in Government. Journal of Public Administration Research and Theory, Vol. 15, No. 3 , 371-391.
(2002) The IEEE website. [Online]. Available: http://www.ieee.org/

[6] Zucker, L. G. (1986). Production of Trust: Institutional Sources of Economic Structure, 1840-1920. Research in organizational behavior, Staw, B.M. and Cummings, L.L. (eds.), Vol. 8 , 53-111.

[7] Hung, S. Y., Chang, C. M., & Yu, T. J. (2006). Determinants of user acceptance of the e-Government services: The case of online tax filing and payment system. Government Information Quarterly, 23 , 97–122.

[8] Horst, M., Kuttschreuter, M., & Gutteling, J. (2007). Perceived usefulness, personal experiences, risk perception and trust as determinants of adoption of egovernment services in The Netherlands. Computers in Human Behavior, 23 , 1838–1852.

[9] Gilbert, D., Balestrini, P., & Littleboy, D. (2004). Barriers and Benefits in the adoption of e-government. The International Journal of Public Sector Management, Vol. 17, No. 4 , 296-301.

[10] Chopra, K., & Wallace, W. (2003). Trust in Electronic Environments. Proceedings of the 36th Hawaii International Conference on System Sciences (HICSS’03). Waikoloa, Hawaii: HICSS’03.

[11] Carter, L., & Weerakkody, V. (2008). Egovernment adoption: A cultural comparison. Information systems Frontiers, 10 , 473-482.

[12] Barua, M. (2012). E-Governance Adoption In Government Organization of India. International Journal of Managing Public Sector Information and Communication Technologies (IJMPICT) Vol. 3, No. 1
Published
2018-01-31
How to Cite
, & . (2018). Pengaruh Dimensi Kepercayaan Terhadap Adopsi Layanan E-Government. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 3(1), 12-18. https://doi.org/10.25139/inform.v3i1.520
Section
Volume 3 No. 1 2018