STRATEGI KONVERGENSI MEDIA PADA PROGRAM PODCAST RUMAH CERITA DI TV9 SURABAYA

  • Nadya Roihatul Jannah Nadya 081357735848
  • Harliantara
  • Nur’annafi Farni Syam Maella
  • Iwan Joko Prasetyo
  • Yenni
Abstract views: 210 , PDF downloads: 103
Keywords: strategi konvergensi media, program podcast, TV9 Surabaya

Abstract

Kehadiran media online menjadikan masyarakat berpindah dari media konvensional ke media online, hal ini telah menjadi kebiasaan baru pada masyarakat. Sehingga hal ini menjadi tantangan baru bagi industri media, salah satunya pada industri televisi. Pada era disrupsi media seperti sekarang ini televisi harus ikut andil dalam menyalurkan konten televisi dengan memanfaatkan beragam platform digital melalui konvergensi media. Maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi konvergensi pada podcast rumah cerita di TV9 Surabaya dan apa saja yang menjadi faktor pendukung konvergensi media pada program podcast rumah cerita di TV9 Surabaya. Dalam penelitian ini tipe penelitiannya adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Untuk teknik pengumpulan datanya yaitu di lakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan field research yaitu dengan penelitian lapangan, peneliti datang langsung ke lapangan untuk mengetahui bagaimana strategi konvergensi media pada program podcast rumah cerita. Hasil penelitian  menjelaskan bahwa strategi konvergensi yang dilakukan pada program podcast rumah cerita meliput 5 Aspek yang ada dalam teorinya Jenkis yaitu konvergensi teknologi, organik, ekonomi, sosial dan budaya. dalam konvergensi teknologi podcast rumah cerita telah menggunakan multiplatform untuk menayangkan kontennya. Dalam konvergensi organik podcast rumah cerita telah menerapkan satu kali produksi menghasilkan konten untuk multi platform. Konvergensi ekonomi pada program podcast rumah cerita telah menghasilkan iklan dengan penerapan multi platform nya namun hasilnya belum maksimal. Konvergensi budaya podcast rumah cerita telah mengubah budaya karyawannya yang sebelumnya satu karyawan satu keahlian namun saat adanya podcast rumah cerita karyawan di tuntut untuk multitasking. Dalam konvergensi global podcast rumah cerita dibuat memang berdasarkan budaya luar yaitu pembuatan podcast yang saat ini sedang tren di Indonesia, sehingga TV9 membuat podcast rumah cerita untuk mengikuti tren. Adapun faktor pendukung dari konvergensi pada program podcast rumah cerita yaitu mengikuti minat audiens,  perencanaan manajemen, perkembangan teknologi dan pemanfaatan multi platform yang di miliki TV9.

Published
2023-03-27
How to Cite
Nadya, N. R. J., Harliantara, Nur’annafi Farni Syam Maella, Iwan Joko Prasetyo, & Yenni. (2023). STRATEGI KONVERGENSI MEDIA PADA PROGRAM PODCAST RUMAH CERITA DI TV9 SURABAYA. Journal Communication Specialist, 2(1), 7-20. https://doi.org/10.25139/jcs.v2i1.5265
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>