Peran Komunikasi Orang Tua dalam Menumbuhkan Sikap Positif Pada Anak Remaja di Kabupaten Jayapura

  • Chatrina Ayu Rana Prasasti Ilmu Komunikasi, Universitas Dr. Soetomo, Jl. Semolowaru no. 84, Menur Pumpungan, Sukolilo, Surabaya 60118
  • Yenny Universitas Dr. Soetomo
  • Hartopo Eko Putro Universitas Dr.Soetomo
Abstract views: 22 , PDF downloads: 27
Keywords: komunikasi interpersonal

Abstract

ABSTRAK

Ace Hardware Sidoarjo bergerak dalm bidang perlengkapan rumah tangga dan perkakas teknik. Temuan awal peneliti, diketahui masih ada beberapa pelanggan tersebut mengaku bahwa pihak Ace Hardware Sidoarjo masih kurang mampu membina komunikasi interpersonal dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan konsumen yang dibiarkan untuk memilih produk yang dibutuhkan tanpa adanya pendampingan dari pelayanan dalam menjelaskan terkait produk. Selain itu, pegawai juga hanya menjelaskan setiap produk yang ditanyakan konsumen saja, tanpa memberi rekomendasi produk yang memungkinkan sesuai dengan kebutuhan konsumen. Komunikatif dalam memberikan informasi produk dan menjelaskan tentang feedback complain pelanggan. Beberapa permasalahan tersebut dianggap dapat berdampak pada traffic customer di Ace Hardware Sidoarjo. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunkasi interpersonal customer service terhadap traffic customer di Ace Hardware Sidoarjo. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kuantitatif dengan jumlah sampel 96 konsumen. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa komunikasi intrpersonal berpengaruh terhadap traffic customer di Ace Hrdware Sidoarjo sehingga H1 diterima. Artinya, semakin intensif komunikasi interpersonal yang dilakukan pihak customer service maka traffic customer semakin meningkat. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan untuk pihak Ace Hardware Sidoarjo dapat memaksimalkan komunikasi interpersonal dengan para pelanggan baik secara langsung maupun melalui media sosial dan telefon.

Kata kunci : komunikasi interpersonal, Traffic Customer

ABSTRACT

Ace Hardware Sidoarjo is engaged in household appliances and engineering tools. The initial finding of the researcher, it is known that there are still some customer who claim that Ace Hardware Sidoarjo is still not able to foster good interpersonal communication. This is evidenced by consumers eho are allowed to choose the products they need without any assistance from the service in explaining related products. In addition, employees also only explain each product that consumers ask, without providing products recommendations that are possibke according to consumers need. Communicative in providing product information and explaining customer coplain feedback. Some of these problems are considered to have an impact on customer traffic at Ace Hardware Sidoarjo. The purpose of this study was determine the effect of customerservice interpersonal communication on customer traffic at Ace Hrdware Sidoarjo. The research was conduted with a quantitative approach with a sample of 96 consumers. The technique of data collection was done by using a questionnaire.

The result show that based on the result of hypothesis testing, it proves that interpersonal communication has an effect on customer traffic at Ace Hrdware Sidoarjo so that H1 is accepted. That is, the more intensive interpersonal communication carried out by the customer service, the more cusromer traffic increases. Based on result of the study, it is recommended that Ace Hardware Sidoarjo can maximize interpersonal communication with customers both directly and through social media and telephone.

Keyword: interpersonal communication, customer traffic

 

 

 

 

 

Published
2023-07-27
How to Cite
Prasasti, C. A. R., Yenny, & Hartopo Eko Putro. (2023). Peran Komunikasi Orang Tua dalam Menumbuhkan Sikap Positif Pada Anak Remaja di Kabupaten Jayapura. Journal Communication Specialist, 2(2), 217-236. https://doi.org/10.25139/jcs.v2i2.6013
Section
Articles