CHILD ABUSE, SIBLING RIVALRY, DAN PAPARAN MEDIA ELEKTRONIK TERHADAP PERKEMBANGAN PSIKOSOSIAL

  • Fakultas Ilmu Kesehatan, Universitas Muhammadiyah Pontianak
  • Akademi Kebidanan ‘Aisyiyah Pontianak
Abstract views: 677 , PDF downloads: 948

Abstract

Di Indonesia prevalensi masalah perkembangan dan perilaku anak sebesar 13-18%. TK Al-Adabiy merupakan TK Binaan Puskesmas Karya Mulya yang memiliki cakupan SDIDTK terendah pada tahun 2015 dibanding 3 puskesmas lainnya di Pontianak Kota, studi pendahuluan menunjukkan bahwa 75% anak pernah mengalami child abuse, 50% mengalami sibling rivalry tinggi, dan 100% anak terpapar tinggi media elektronik sehingga berdampak buruk pada perkembangan psikososial. Tujuan penelitian untuk menganalisis hubungan child abuse, sibling rivalry dan paparan media elektronik terhadap perkembangan psikososial anak usia 5-6 tahun di TK Al-Adabiy Kecamatan Pontianak Kota. Desain penelitian menggunakan cross sectional dengan sampel sebanyak 49 anak. Uji statistik yang digunakan adalah chi-square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan child abuse (p=0,045), sibling rivalry (p=0,002), paparan televisi (p=0,031), paparan gadget (p=0,023) terhadap perkembangan psikososial anak usia 5-6 tahun dan tidak terdapat hubungan antara paparan playstation atau sejenisnya (p=1,000) terhadap perkembangan psikososial anak usia 5-6 tahun. Kesimpulan penelitian ada hubungan yang bermakna antara child abuse, sibling rivalry, paparan televisi, paparan gadgetterhadap perkembangan psikososial anak usia 5-6 tahun dan tidak terdapat hubungan antara paparan playstation atau sejenisnya terhadap perkembangan psikososial anak usia 5-6 tahun

References

1. Yuniartiningsih, Santi Gambaran Perkembangan Psikososial Anak Usia 3-6 Tahun Di Panti Sosial Asuhan Anak Balita Tunas Bangsa Cipayung [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2012.

2. Depkes RI. Pedoman Pelaksanaan Stimulasi, Deteksi dan Intervensi Tumbuh Kembang Anak Ditingkat Pelayanan Kesehatan Dasar. Jakarta: Departemen Kesehatan RI; 2007.

3. Davies, Teifion. ABC Kesehatan Mental. Jakarta: EGC; 2009.

4. Damayanto Achmad, Maria Riri. Perkembangan Psikososial Anak Prasekolah Yang Mengikuti Dan Tidak Mengikuti PAUD Kelurahan Jatirahayu Bekasi. Jurnal.2013;p.1-2.


5. Widiastuti Daisy, Sekartini Rini. Deteksi Dini, Faktor Risiko, dan Dampak Perlakuan Salah Pada Anak. Jurnal Sari Pediatri, 2005:7(2);p.110-111.

6. Putri, Ayu. Dampak Sibling Rivalry (Persaingan Saudara Kandung) Pada Anak Usia Dini[Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2013.

7. Lindawati. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Perkembangan Motorik Anak Usia Pra Sekolah. Jurnal Health Quality, 2013:4(1);p.22-24.

8. Profil Dinas Kesehatan Kota Pontianak Tahun 2015.

9. Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak Edisi Keenam.Jakarta : Erlangga ; 2011.

10. IDAI. Tumbuh Kembang Anak Dan Remaja. Jakarta : CV. Sagung Seto; 2005.

11. Hurlock, Elizabeth. Perkembangan Anak. Jakarta : Erlangga ; 2005

12. Rahmawati, Etika. Hubungan Antara Sibling Rivalry Dengan Kemampuan Penyesuaian Sosial Anak Usia Sekolah Di SDN Cirendeu III [Skripsi]. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah; 2013.

13. Santrock, John W. Masa Perkembangan Anak Edisi 11 Buku 2. Jakarta : Salemba
Humanika ; 2011.

14. Ravichandran Padma, Bravo Brandel.Young Children and Screen Time (Television, DVDs, Computer). Journal National Center For Health Research, 2010;p.2-5.

15. Huessman, Rowell. The Impact of Electronic Media Violence : Scientific Theory and Research. Journal National Institutes Of Health, 2009;p.3-5.

16. Malikhah. Korelasi Pengaruh Tayangan Televisi Terhadap Perkembangan Perilaku Negatif Anak Usia Dini (Studi Pada Kelompok B Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Bustanul Athfal V Kudus Tahun 2011/2012) [Skripsi]. Semarang: Universitas Negeri Semarang; 2012.

17. Sulistyorini, Warindrayana, Dkk. Menepis Hambatan Tumbuh Kembang Anak. Yogyakarta : Kanisius ; 2006.

18. Trinika, Yulia. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) Di TK Swasta Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015[Skripsi]. Pontianak: Universitas Tanjungpura; 2015.

19. Juwarni. Pengaruh Playstation Terhadap Perilaku Agresif Siswa Di MI Tarbiyatussibyan Grogoban Tahun Ajaran 2012/2013[Skripsi]. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga; 2013.

20. Supangat. Pengaruh Intensitas Bermain Playstation Terhadap Kedisiplinan Anak Dusun Bandungan, Desa Gedangan, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang Tahun 2011/2012[Skripsi]. Salatiga: Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri; 2011.
Published
2019-06-30