Pelayanan Antenatal Care Dengan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Yang Diberikan Di BPS Domingas Surabaya

  • Sulenti Widiastutik Prodi D-III Kebidanan Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Artha Bhodi Iswara Surabaya
Abstract views: 122 , PDF downloads: 114
Keywords: htc

Abstract

Abstrak : Kepuasan pasien dipengaruhi oleh banyak faktor,diantaranya adanya standar dalam pemberian pelayanan antenatal care .Karena standar berfungsi untuk penerapan norma dan kinerja yang diperlukan untuk mencapai hasil yang diinginkan,maka masyarakat akan mempunyai kepercayaan yang lebih mantap  terhadap pelaksanaan pelayanan.Pemeriksaan antenatal bertujuan untuk memfasilitasi hasil yang  dan positif bagi ibu maupun bayinya dengan cara membina hubungan saling percaya dengan ibu,mendeteksi komplikasi yang dapat mengancam jiwa serta mempersiapkan kelahiran,oleh karena itu penting dan rawannya saat kehamilan maka diperlukan pelayanan yang berkualitas. Dalam penelitian ini menggunakan jenis korelasi yang bersifat analitik cross sectional populasi penelitian ini sebanyak  30 orang ibu hamil di BPS Domingas Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan Antenatal Care di BPS Domingas Surabaya sesuai dengan standar sedangkan pada kepuasan 26 ibu hamil merasa puas dengan  pelayanan yang diberikan. Dari uji Exact Fisher  dengan tingkat kemaknaan 0,05 didapatkan p = 0,000 maka p<α berarti Ho ditolak artinya ada hubungan antara pelayanan antenatal care dengan kepuasan pasien di BPS Domingas Surabaya. Bidan dalam menjalankan praktek harus sesuai dengan kewenangan yang diberikan,berdasarkan pendidikan dan pengalaman serta dalam memberikan pelayanan berdasarkan standar profesi.Penerapan standar pelayanan akan sekaligus melindungi masyarakat,karena penilaian terhadap proses dan hasil pelayanan dapat dilakukan dengan dasar yang jelas sehingga dalam melakukan pelayanan kebidanan yang bermutu adalah pelayanan kebidanan yang dapat memuaskan setiap pemakai jasa pelayanan.

Kata kunci : Pelayanan Antenatal Care, Kepuasan Pasien

Abstract : Patient satisfaction is influenced by many factors, including the standard in the provision of antenatal care services. Since the standard functions for the application of norms and performance are necessary to achieve the desired outcomes, then the society will have a higher trust in the implementation of the service. Antenatal examination aims to facilitate positive outcomes for both mother and baby by establishing a relationship of mutual trust with the mother, detecting life-threatening complications as well as preparing for birth, therefore important and prone during pregnancy there is a need for quality services. This study uses cross sectional analytic type of correlation. The population of this study were 30 pregnant women at BPS Domingas Surabaya. The results shows that antenatal care services in BPS Domingas Surabaya in accordance with the standards and 26 pregnant women were satisfied with the services provided. From Exact Fisher test with significance level 0,05 got p = 0,000 then p <α means Ho rejected means there is relationship between antenatal care service with patient satisfaction in BPS Domingas Surabaya. Midwives in carrying out the practice must be in accordance with the authority given, based on education and experience and in providing services based on professional standards. Implementation of service standards will at the same time protect the community, because the assessment of the process and the results of services can be done on a clear basis so that in performing quality midwifery services is midwifery services that can satisfy every service user service.

Keywords: Antenatal Care Service, Patient Satisfaction

References

Arikunto,Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian. Jakarta : PT Rineka Cipta PT

Depkes.RI. 2009. Asuhan Antenatal. Jakarta,Pusdiknakes

IBI. 2008. Standar Pelayanan Kebidanan. Jakarta,Pengurus Pusat IBI.

IBI.2006. Instrumen Audit. Jakarta Pengurus Pusat IBI

IBI.2006. Strategi Meningkatkan Keunggulan Komparatif Profesi Bidan di Era Global dalam Meningkatkan Kesejahteraan Bidan. BIDAN.2006 .26/2006, Jakarta, Pengurus Pusat IBI

Kepmenkes no 900. 2002. Registrasi dan Praktek Bidan.

Notoatmodjo,Soekidjo. 2012 Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta, Salemba Medika

Prawiroharjo Sarwono. 2010. Pelayanan Kesehatan Maternal dan Neonatal. Jakarta,Yayasan Bina Pustaka.

Sabarguna, Boy S. 2004. Quality Assurance Pelayanan Rumah Sakit Jateng. Yogyakarta. Konsorsium Rumah Sakit Islam Jateng.DIY

Wahyuningsih, Heni Puji. 2008. Etika Profesi Kebidanan. Yogyakarta: Fitramaya

Wijono,Djoko. 2010. Mutu Pelayanan Kesehatan. Surabaya : Unair Press

www.themha pubs.org.com/Survey Kepuasan Pasien /Accessed : Setpember 2014

Published
2021-06-30