Klasifikasi Penjualan Kemeja Pria Menggunakan Algoritma Naïve Bayes (Studi Kasus: Toko Online Shopee)


Abstract
Perkembangan internet menyebabkan banyak hal yang timbul, salah satunya belanja produk atau jasa secara online, belanja online menjadi alternatif cara membeli produk atau jasa, menjual barang secara online. , keamanan, dan popularitas. Kemeja adalah pakaian yang dijahit untuk menutupi lengan, dada, bahu, dan kerah. Kemeja juga bisa digunakan untuk fashion favorit pria dan wanita. Karena itu, penting untuk mengetahui lebih banyak tentang kostum ini. Kemeja datang dalam pola yang berbeda untuk digunakan dalam acara yang berbeda.
Selama ini belum ada sistem yang dapat mengklasifikasikan produk kemeja pria sedemikian rupa sehingga mempengaruhi penjual kemeja atau pelaku bisnis yang ingin memulai usaha di bidang penjualan kemeja. Dalam hal ini, diperlukan sistem klasifikasi kemeja pria untuk menentukan model kemeja mana yang laris dan tidak.. Dengan adanya penelitian ini diharapkan dapat mengetahui klasifikasi penjualan kemeja pria dengan data mining berbasis web. Hasil uji coba pada whitebox yang telah dilakukan yaitu untuk memprediksi hasil klasifikasi penjualan dengan menggunakan metode Naïve Bayes mendapatkan tingkat akurasi 76%. Berdasarkan hasil uji penerimaan yang telah dilakukan, terdapat 403 data dan 9 atribut yang terdiri dari bahan, warna kemeja, tipe kerah, tipe lengan, motif, posisi motif, warna motif, dan harga.serta data target berupa klasifikasi penjualan.-
References
R. I. M. a. M. N. S. H. A. ichlas, "Aturan Asosiasi untuk Analisis Data Penjualan Produk Menggunakan Algoritma Apriori,,"Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), pp. vol. VI, no. 1, pp. 53-60, 2021.
H. D. W. a. S. Dwiasnati, "Implementasi Data Mining dengan Algoritma Naïve Bayes,"JURNAL INFORMATIKA, pp. vol. VII, no. 1, pp. 1-7, 2020.
F. S. M. a. J. S.kom., "ANALISIS PENJUALAN PAKAIAN PADA PERUSAHAAN PERSEORANGAN PRIMA JAYA LESTARI MENGGUNAKAN METODE AUTOREGRESSIVE INTEGRATED MOVING AVERAGE (ARIMA),,"Jurnal Penelitian Teknik Informatika Universitas Prima Indonesia (UNPRI), pp. vol. III, no. 2, pp. 496-502, 2020.
P. B. a. Y. C. H. S. A. K. Lalo, "Implementasi Algoritma C4.5 Untuk Klasifikasi Penjualan Barang di Swalayan Dutalia,,"Jurnal Teknik Informatika Unika St. Thomas (JTIUST), pp. vol. VI, no. 01, pp. 1-12, 2021. , 2021. .
M. Sholihin, "Implementasi K-Nearest Neighbor Untuk Klasifikasi Grade Telur Ayam Ras Berdasarkan Ukuran,"INFORM : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, p. Vol. 4 No. 2, 2019.
N. N. D. K. R. H. Talitha Syahla Janiar Arifin, "The Level of Student Satisfaction with the Online Learning Process During a Pandemic Using the K-means Algorithm,"Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi danKomunikasi, pp. Vol.6, No.2 ,pp. 123-126, 2021.
D. R. S. S. a. B. W. P. B. N. Setio, "Klasifikasi dengan Pohon Keputusan Berbasis Algoritme C4.5,"Prosiding Seminar Nasional Matematika, pp. vol. III, pp. 64-71, 2020.
N. R. P. P. S. a. M. R. A. Rinaldi, "Analisa Pengambilan Keputusan Pemilihan Bahan Dalam Pembuatan Kemeja Menggunakan Metode TOPSIS.,"Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, pp. vol. XVII, no. 2, pp. 163-172, 2021.
M. Djufri, "PENERAPAN TEKNIK WEB SCRAPING UNTUK PENGGALIAN POTENSI PAJAK (Studi Kasus pada Online Market Place Tokopedia, Shopee dan Bukalapak),"urnal BPPK, pp. vol. 13, no. 2, pp. 65-75, 2020.
R. A. R. a. R. V. N. L. P. C. Savitri, "Analisis Klasifikasi Sentimen Terhadap Sekolah Daring pada Twitter Menggunakan Supervised Machine Learning,,"Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, pp. vol. VII, no. 1, pp. 47-58, 2021.
A. U. T. A. J. L. a. N. E. P. B. G. Kaitelapatay, "ANALISIS SENTIMEN PENGARUH PERISTIWA WADAS TERHADAP GANJAR PRANOWO MENGGUNAKAN SUPPORT VECTOR MACHINE PADA TWITTER,"Jurnal Ilmiah Indonesia, pp. vol. VIII, no. 12, pp. 32-49, 2022.
W. R. a. E. Harahap, "Pengolahan Data Hasil Penjualan OnlineMenggunakan Aplikasi Microsoft Excel,,"Jurnal Matematika, pp. vol. XX, no. 2, pp. 69-76, 2021.
H. &. W. T. Indriyawati, "Pemodelan Data Mining Pola Kelayakan Kemampuan Lulusan Dengan Kebutuhan Stakeholder Menggunakan Algoritma Apriori,"JITSI : Jurnal Ilmiah Teknologi Sistem Informasi, vol. II, no. 3, pp. 78-84, 2021.