Sistem Rekomendasi Klinik Hewan di Surabaya Berbasis Website dengan Metode Topsis dan LBS

  • Christine Dwi Okta Agus Trisno. H Family
  • Dwi Cahyono Universitas Dr.Soetomo
  • Ratna Nur Tiara Shanti Universitas Dr.Soetomo
  • Slamet Kacung Universitas Dr.Soetomo
  • David Hermansyah Universitas Dr.Soetomo
Abstract views: 125 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 106

Abstract

Ketertarikan masyarakat untuk memelihara hewan mempunyai banyak manfaat, namun sedikitnya pengetahuan dan minimnya kemampuan masyarakat dalam kesehatan hewan dapat mengakibatkan hewan peliharaan tidak mendapatkan tindakan penanganan yang baik dan benar. Dari permasalahan tersebut penelitian ini membuat sistem informasi rekomendasi berbasis website untuk rekomendasi pemeriksaan hewan peliharaan ke klinik yang sesuai menggunakan metode LBS dan TOPSIS. Metode TOPSIS digunakan sebagai penentu keputusan pada sistem rekomendasi yang memiliki keunggulan dalam mengelola data yang menggunakan proses perhitungan sederhana intuk mendapatkan sebuah proses logika yang cepat dan ringan. Sedangkan metode LBS berfungsi sebagai pengidentifikasi keberadaan seseorang atau obyek lain oleh aplikasi. Dari hasil uji penerimaan yang dilakukan terhadap 20 responden mendapatkan hasil 85.4% menyatakan bahwa sistem rekomendasi klinik hewan di Surabaya berbasis website dengan metode TOPSIS dan LBS mampu membantu pengguna untuk mendapatkan rekomendasi klinik hewan dengan mudah dan sesuai dengan kebutuhan.

Author Biographies

Dwi Cahyono, Universitas Dr.Soetomo

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik

Ratna Nur Tiara Shanti, Universitas Dr.Soetomo

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik

Slamet Kacung, Universitas Dr.Soetomo

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik

David Hermansyah, Universitas Dr.Soetomo

Program Studi Teknik Informatika - Fakultas Teknik

References

A. Noe’man, Hendarman, and Hafizah, “Sistem Informasi Location Based Services (LBS) Klinik Dokter Bedah Hewan Berbasis Android Dengan Metode Inkremental,” JREC (Journal Electr. Electron., vol. 7 no 1, no. 1, pp. 11–24, 2019.

N. Rizkita, E. Rosely, and H. Nugroho, “Aplikasi Pendaftaran dan Transaksi Pasien Klinik Hewan di Bandung Berbasis Web,” eProceedings Appl. Sci., vol. 4, no. 3, pp. 1512–1520, 2018.

D. D. Bestari, R. K. Dewi, and M. T. Ananta, “Pengembangan Sistem Rekomendasi Tempat Pembelian Makanan Korea Berbasis Android dengan TOPSIS dan LBS ( Studi Kasus : Kota Malang ),” vol. 3, no. 5, pp. 5068–5076, 2019.

K. D. Aryasa, R. K. Dewi, and A. H. Brata, “Sistem Rekomendasi Tempat Pembelian Barang Kerajinan Khas Malang Berbasis Android dengan TOPSIS dan LBS,” Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 6, p. 7, 2019.

H. Azka Ramadhani, M. Awaluddin, and A. Laila Nugraha, “Menggunakan Here Map Api,” J. Geod. Undip Januari, vol. 5, no. 1, 2016.

J. Informa, J. Penelitian, and P. Masyarakat, “1) , 2),” vol. 7, 2021.

N. Muslim and A. Sunyoto, “Sistem Informasi Geografis Berbasis Web Pemetaan Potensi Panas Bumi Di Indonesia Menggunakan Google Maps,” J. Dasi, vol. 13, no. 2, pp. 60–64, 2012.

T. Kristiana, “Sistem Pendukung Keputusan Dengan Menggunakan Metode TOPSIS Untuk Pemilihan Lokasi Pendirian Glosir Pulsa,” Paradigma, vol. XX, no. 1, pp. 8–12, 2018.

Published
2023-08-31
How to Cite
Agus Trisno. H, C. D. O., Cahyono, D., Nur Tiara Shanti, R., Kacung, S., & Hermansyah, D. (2023). Sistem Rekomendasi Klinik Hewan di Surabaya Berbasis Website dengan Metode Topsis dan LBS. Jurnal Ilmiah Terapan, Sains Dan Teknologi (JITSI), 1(2), 72-79. https://doi.org/10.25139/jitsi.v1i2.6183
Section
Articles