Peer Reviewer Process

Proses Tinjauan Sejawat

  1. Editor terlebih dahulu meninjau naskah yang dikirimkan, yang disebut tinjauan awal oleh editor. Akan dilakukan desk evaluasi apakah naskah yang dikirimkan sesuai untuk Soetomo Justice berdasarkan fokus dan ruang lingkup, skor kesamaan menggunakan Turnitin, cacat metodologis, keterbacaan artikel, dan mengikuti template makalah yang dikirimkan.
  2. Naskah akan dikirim ke dua pengulas anonim (Double Blind Review). Komentar dari pengulas kemudian akan dikirim ke penulis untuk diperbaiki.
  3. Review proses artikel menggunakan Double-Blind Peer Review.
  4. Komentar pengulas anonim kemudian dikirim ke penulis terkait untuk tindakan dan tanggapan yang diperlukan. Setelah itu, rapat tim redaksi menyarankan keputusan akhir untuk naskah yang direvisi oleh penulis.
  5. Akhirnya, Editor akan mengirimkan keputusan akhir kepada penulis terkait.
  6. Naskah yang diterima kemudian dilanjutkan ke proses copyediting dan layout editing untuk mempersiapkan paper-ready paper.

Tinjau Hasil

Memanfaatkan umpan balik dari proses peer review, Editor akan membuat keputusan publikasi akhir. Proses peninjauan akan memakan waktu sekitar 4 hingga 12 minggu. Kategori keputusan meliputi:

  • Tolak - Naskah yang ditolak tidak akan diterbitkan, dan penulis tidak akan memiliki kesempatan untuk mengirimkan kembali versi revisi naskah ke Soetomo Justice.
  • Kirim Ulang untuk Ditinjau– Kiriman perlu dikerjakan ulang, tetapi dengan perubahan signifikan, kiriman tersebut dapat diterima. Namun, itu akan membutuhkan tinjauan putaran kedua.
  • Terima dengan Revisi - Naskah yang menerima keputusan revisi yang diterima-tunda akan diterbitkan di Jurnal Soetomo Justice dengan ketentuan bahwa modifikasi Kecil atau Besar dilakukan. Revisi akan ditinjau oleh tim editorial untuk memastikan pembaruan yang diperlukan dilakukan sebelum publikasi.
  • Terima - Naskah yang diterima akan diterbitkan dalam bentuk saat ini, tanpa modifikasi lebih lanjut.

Korespondensi

Semua korespondensi mengenai manuskrip harus ditujukan kepada Redaksi Soetomo Justice dan cc ke [email protected] Editor akan mengarahkan semua korespondensi kepada penulis utama; penulis utama bertanggung jawab untuk berbagi komunikasi dengan penulis lain. Di luar komunikasi mengenai tinjauan, manuskrip yang diterima untuk publikasi mungkin memerlukan korespondensi tambahan untuk menyelesaikan penyalinan dan pengeditan tata letak.