Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa)

Abstract views: 539 , PDF downloads: 5529
Keywords: Penyusunan buku ajar, Administrasi Keuangan Negara

Abstract

Salah satu cara meningkatkan kualitas pendidikan pada perguruan tinggi adalah tersedianya buku ajar pada proses pembelajaran. Buku ajar harus mengandung materi dasar, contoh, dan materi yang dapat merepresentasikan tentang mata kuliah yang sedang dipelajari sehingga kompetensi mahasiswa dapat tercapai dan adanya peningkatan prestasi mahasiswa. Administrasi Keuangan Negara merupakan mata kuliah khusus pada bidang administrasi kepegawaian yang bertujuan sebagai pengantar bagi mahasiswa untuk memahami sistem pengelolaan keuangan negara di instansi pemerintah pusat dan daerah yang sesuai dengan Undang-Undang tentang Keuangan Negara, Standar Akuntansi Pemerintahan, serta Pemerintahan Daerah. Penyusunan buku ajar Administrasi Keuangan Negara ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang bertujuan untuk menghasilkan dan mevalidasi bahan ajar yang digunakan dalam proses pembelajaran berdasarkan prosedur atau langkah-langkah kegiatan. Untuk mengumpulkan data dilakukan observasi, wawancara, dan telaah dari ahli yang terdiri dari ahli bahasa dan materi (materi dasar, contoh, dan gambaran umum), serta desain/layout buku sehingga dapat dihasilkan draft buku ajar Administrasi Keuangan Negara yang selanjutnya dilakukan uji coba pada semester gasal 2019/2020. Tersedianya buku ajar Administrasi Keuangan Negara diharapkan dapat menjadi sarana bagi mahasiswa prodi D-III Administrasi Negara untuk menjadi tenaga ahli madya yang terampil dalam pengadministrasian keuangan pada sebuah instansi khususnya instansi pemerintah, berpikir secara analitis, dan memecahkan masalah administrasi keuangan sesuai dengan aturan pengelolaan keuangan yang berlaku di masa yang akan datang. Namun, terdapat 2 kendala dalam penyusunan buku ajar Administrasi Keuangan Negara yang meliputi: masih terdapat kesalahan pada tata bahasa, dan komposisi gambar, bagan, tabel dengan keterangan isi dalam penyusunan draf buku ajar Administrasi Keuangan Negara.

Published
2020-09-24
How to Cite
, & . (2020). Model Pengembangan ADDIE Dalam Penyusunan Buku Ajar Administrasi Keuangan Negara (Studi Kualitatif di Prodi D-III Administrasi Negara FISH Unesa). Jurnal Ilmiah Manajemen Publik Dan Kebijakan Sosial, 4(2), 100-120. https://doi.org/10.25139/jmnegara.v4i2.2458
Section
Articles