Pengaruh Bauran Pemasaran (7p) Terhadap Pengambilan Keputusan Siswa Dalam Memilih Sekolah Berbasis Entrepreneur (Studi pada SMA Muhammadiyah 9 Surabaya)


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh bauran pemasaran (7p) meliputi : product, Price, Place, Promotion, People, Physical Evidence dan Process, baik secara simultan dan parsial serta variabel yang dominan terhadap pengambilan keputusan siswa dalam memilih sekolah berbasis entrepreneur. Jenis penelitian ini adalah kausal. Populasi penelitian ini adalah siswa-siswi SMA Muhammadiyah 9 Surabaya berjumlah 184 orang, teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode convenience sampling dengan rumus Slovin maka diperoleh sampel 65 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan kuesioner. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil analisis data dalam uji secara simultan menunjukan bahwa bauran pemasaran (7P) berpengaruh terhadap pengambilan keputusan siswa memilih berbasis entrepreneur, sedangkan hasil uji secara parsial menunjukan bahwa hanya dua variabel yang berpengaruh yaitu bukti fisik dan proses, sedangkan 5 variabel yang lainnya dinyatakan tidak berpengaruh terhadap keputusan siswa memilih SMA Muhammadiyah 9 Surabaya, selanjutnya variabel yang dominan adalah proses. Bagi SMA Muhammadiyah 9 Surabaya perlu memperhatikan bauran pemasaran (7p) dalam pengambilan kebijakan untuk meningkatkan peserta didik baik secara kuantitas maupun kualitas.
Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Pengambilan Keputusan, Sekolah Berbasis Entrepreneur
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.