BRAND AWARENESS SEBAGAI VARIABEL PEMEDIASI PENGARUH INTERNET MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN


Abstract
Internet Marketing merupakan bentuk usaha baru dalam memasarkan produk atau jasa serta membangun komunikasi dengan konsumen melalui internet. Internet Marketing juga bertujuan untuk membangun Brand Awareness (kesadaran merek) dalam benak konsumen dan dengan tujuan sebisa mungkin menjadi top of mind dari konsumen yang dituju. Dampak pengunaan internet marketing terhadap penjualan akan besar jika banyak konsumen yang berkunjung ke situs tersebut dan mengetahui merek yang sedang ditawarkan. Penelitian ini bertujuan untuk Brand awareness sebagai variabel pemediasi pengaruh internet marketing terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada 100 mahasiswa Progrm Diploma Pelayaran Universitas Hangtuah. Kesimpulan hasil penelitian adalah ada pengaruh internet marketing terhadap brand awareness dan keputusan pembelian dan ada pengaruh brand awareness terhadap terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Brand Awareness, Internet Marketing, Tiket Online
References
Andriyanto, R. D. & J.O. Haryanto. 2010, Analisis Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Brand Awareness untuk Memunculkan Intention to Buy. Jurnal Manajemen Teknologi, Vol. 9 No. 1.
Annisa Bella, 2017, Gencar Kampanye, Shopee Dorong Brand Awareness Demi Visibilitas, marketeers.com (11 Oktober, 2017), diakses 19 Juli 2019.
Arikunto, S. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: Rinneka Cipta
Azaria, Phamendyta Aldaning dkk. 2014, Pengaruh Internet Marketing terhadap Pembentukan Word of Mouth dan Efektivitas Iklan dalam Meningkatkan Brand Awareness. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Vol. 13 No. 1, Agustus, 2014.
Belch & Belch. 2012, Advertising and Promotion. An Integrated Marketing Communication Perspective. McGraw- Hil.
Bradanata dan Wibowo, 2017, Pengaruh Internet Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Indomaret Bandung Cabang Ciganitri, Univesitas Telkom, Jakarta.
Chaffey, Dave dkk. 2013, Internet Marketing: Strategy, Implementation and Practice. Jakarta: Prentice Hall/Financial Times.
Diansyah dan Ayu Indah Nurmalasari. 2017, Pengaruh Pemasaran Internet dan Electronic Word Of Mouth terhadap Keputusan Pembelian dengan Kesadaran Merek Sebagai Variabel Intervening Pada Mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta. Journal Of Business Studies, Vol. 2 No.1 Juli 2017.
Debby Siahaan dan Lili Yuliati, 2016, Pengaruh Tingkat Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Victoria’s Secret, e-Proceeding of Management : Vol.3, No.1 April 2016, Universitas Telkom, Jakarta.
El-Gohary, Hatem. E-Marketing- A literature Review from a Small Businesses Perspective. United States of America: International Journal of Business and Social Science, Vol. 1, No. 1, 2010.
Freddy, Rangkuti. 2014, The Power of Brands, Teknik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Merek. Jakarta : Gramedia Pustaka.
Ghozali, H. Imam, 2011. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Progam SPSS, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
Harianto, Agus dan Iriani, 2014, Pengaruh Kelompok Acuan Dan Internet Marketing Terhadap Keputusan Pembelian. Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen. Volume 2 Nomor 4 Oktober 2014.
Haryanto, Edy. 2012, Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran. Yogyakarta : Andi.
Hasan, Ali. 2014, Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. Buku I, Cetakan. Kedua. Penerbit CAPS, Yogyakarta.
Hermawan, Agus. 2012, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Husein, Umar. 2013, Metode Penelitian untuk Skripsi dan Tesis Bisnis, Edisi 11, Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Jeanne, 2015, Pengaruh Internet Marketing Terhadap Peningkatan Brand Awareness PT Berrybenka Pada Binusian Angkatan 2011 Jurusan Komunikasi Pemasaran, Universitas Bina Nusantara, Jakarta.
Keller, Kevin Lane. 2013, Strategic Brand Management Building Measuring and Managing Brand Equity 4th Edition. USA, Pearson Education.
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2013, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi ke-12. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Kotler, Philip. 2012, Manajemen Pemasaran Edisi Milenium. Jakarta : Prehallindo.
Leon G. Schiffman dan Leslie L. Kanuk, 2013, Consumer Behavior. Fifth Edition (New Jersey : Prentice-Hall Inc.
Moriarty, S., Mitchell, N., & Wells, W. D., 2011, Advertising & IMC. New Jersey: Pearson
Mohammed, R. A dkk. 2013, Internet marketing: Building Advantage in a Networked Economy. New York, USA: McGraw-Hill Companies Inc.
Olson, Jerry C. dan Peter J. Paul. 2013, Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Diah Tantri Dwiandani. Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
R, Gilang dan Musriha. 2012, Pengaruh Intensitas Pemakaian Internet terhadap Penggunaan Internet untuk Berbelanja Online yang Dimoderasi oleh Consumer Innovativeness di Surabaya. Jurnal Ekonomika, Vol. 5 No. 2, Desember 2012.
Richard, Rosenbaum-Elliott, dkk. 2014, Strategic Brand Management. Third Edition. Oxford University Press.
Sangadji, E.M dan Sopiah. 2013, Perilaku Konsumen: Pendekatan Praktis Disertai: Himpunan Jurnal Penelitian. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Setiadi, Nugroho J. 2013, Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan penelitian Pemasaran, Edisi Pertama cet. Ke-3. Jakarta: Kencana.
Shimp, Terence A. 2014, Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam Periklanan dan Promosi. Edisi 8. Jakarta: Salemba Empat.
Soehadi, Agus W. 2014, Effective Branding: Konsep Dan Aplikasi Pengembangan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Pendidikan ; Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Sulfan, Nasirotul Ratih, 2014, Internet Marketing dan Kepuasan Pelanggan. Jurnal Ilmiah Universitas Sebelas Maret.
Timpal, Lavian dan Van Rate, 2016, Pengaruh Brand Awareness Dan Brand Attitude Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Nokia, Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, Volume 16 No. 01.
Wolfinbarger, M. dan M. C Gilly: 2003, Dimensionalizing, Measuring and Predicting Etail Quality. Journal of Retailing, Vol. 79, No. 3.
Januari 2019, Tim Riset iprice, Peta Persaingan E-Commerce Indonesia Q4 2018 – iPrice Group
https://iprice.co.id/trend/insights/peta-persaingan-e-commerce-indonesia-q4-2018-iprice-group/
Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.