The Influence of Brand Ambassador and Electronic Word Of Mouth (E-WOM) on Brand Switching in Tokopedia Applications


Abstrak
Pada era globalisasi, dunia teknologi informasi dan komunikasi terus maju dan berkembang. Perkembangan teknologi membantu manusia dalam menyelesaikan perkerjaan menjadi lebih mudah. Perkembangan teknologi juga memberikan pengaruh pada segala aspek kehidupan manusia, salah satunya yaitu dunia bisnis. . Tokopedia merupakan salah satu platform e-commerce terbesar di Indonesia, dimana penjual dan pembeli dipertemukan dalam situs jual beli. Tokopedia berhasil menjadi salah satu perusahaan unicorn di Indonesia setelah delapan tahun berdiri. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh Brand Ambassador dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) terhadap brand switching pada aplikasi Tokopedia. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan metode analisis deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuisioner dalam bentuk google form. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang mengunjungi situs belanja Tokopedia pada kuartal IV Tahun 2020. Jumlah sampel yang dibutuhkan yaitu sebanyak 100 responden dengan kriteria telah berusia 17 tahun dan merupakan konsumen pengguna Tokopedia yang sebelumnya pernah menggunakan aplikasi e-commerce lain. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah Teknik non probability sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan Brand Ambassador dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) berpengaruh signifikan terhadap Brand Switching. Dan secara parsial simultan Brand Ambassador dan Electronic Word of Mouth (e-WOM) berpengaruh signifikan terhadap Brand Switching.
Referensi
Andrews, J. C., & Shimp, T. A. (2017). Advertising, Promotion, and Other Aspects of Integrated Marketing Communications. Cengage Learning.
Farida, N., & Ferdiawan. (2019). Pengaruh Berbagai Faktor Terhadap Brand Switching Handphone pada Mahasiswa Fakultas dan Ekonomi Islam IAIN Palu. Jurnal Ilmu Ekonomi Dan Bisnis Islam, Volume 1(2), 90–109.
Gaynor, L. G. (2012). Fashion Marketing Communication E-book. Wiley.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete IBM SPSS 23. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Goyette, I., Richard, L., Bergeron, J., & Marticotte, F. (2010). E-WOM Scale : Word-of-Mouth Measurement Scale for e-Services Context. Canadian Journal of Administration Sciences, Volume 27(1), 5–23.
Hasan, A. (2013). Marketing dan Kasus-Kasus Pilihan. CAPS (Center for Academic Publishing Service).
Kertamukti, R. (2015). Strategi Kreatif dalam Periklanan : Konsep Pesan, Media. Rajawali Pers.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Principles of Marketing (Edisi 16). Pearson.
Louis E. Boone. (2008). Pengantar Bisnis Kontemporer (Edisi 1). Salemba Empat.
Malau, H. (2018). Manajemen Pemasaran. Alfabeta.
Manaroinsong, J. (2013). Metode Penelitian (Terapan Bidang Ekonomi dan Bisnis). CV RA De. Reizarie.
Peter, J. P., & Olson, J. C. (2010). Consumer Behavior & Marketing Strategy. McGraw-Hill.
Prayitno, S. (2017). Manajemen Komunikasi Pemasaran Terpadu. Rajawali Pers.
Purwani, Khusniyah, & Dharmmesta, B. S. (2002). Perilaku Beralih Merek Konsumen Dalam Pembelian Produk Otomotif. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Indonesia, Volume 17(3), 288–303.
Purwaningtias, F. (2018). E-Commerce Penjualan Berbasis Metode OOAD. Jurnal Cendikia, Volume 15(1), 1–5.
Raharjo, T. W., & Rinawati, H. S. (2019). Penguatan Strategi Pemasaran dan Daya Saing UMKM Berbasis Kemitraan Desa Wisata. CV Jakad Publishing.
Sedjati, R. S. (2018). Manajemen Pemasaran. Deepublish.
Sofjan, A. (2018). Manajemen Bisnis Pemasaran (Edisi 1). Rajawali Pers.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, F., Barkah, C. S., Tresna, P. wulan, & Chan, A. (2021). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perpindahan Merek (Brand Switching) pada Produk Susu. JEBA : Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Akuntansi, Volume 23(1), 30–44.
Tobagus, A. (2018). Pengaruh e-Service Quality Terhadap e-Satisfaction Pada Pengguna di Situs Tokopedia. AGORA, Volume 6(1), 1–10.
Warnadi, & Triyono, A. (2019). Manajemen Pemasaran (I. Astarina & Hajjah, Eds.). Deepublish.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.