Pengaruh Kepercayaan dan Kualitas Website (Webqual) terhadap Keputusan Pembelian Tiket Kereta Api melalui Aplikasi KAI Access di Surabaya

  • Anita Asnawi
  • Mohammad Arfani Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Dr. Priyanto, MM Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Kamariyah Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Kristijan Dwijosusilo Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstrak views: 419 , Full Text (PDF) (English) downloads: 494
Kata Kunci: kepercayaan, kualitas website, keputusan pembelian

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh kepercayaan dan kualitas website terhadap keputusan pembelian tiket kereta api melalui aplikasi KAI Access baik secara simultan dan parsial serta untuk mengetahui variabel yang dominan terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kausal. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepercayaan dan kualitas website secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada KAI Acces di kota Surabaya, dengan nilai uji  lebih besar dari  yaitu dengan nilai 77,196 lebih besar dari 3,089. Variabel kepercayaan secara parsial berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi KAI Acces dengan nilai  lebih besar dari  yaitu 2,806 lebih besar dari 1,984. Variabel kualitas website merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada aplikasi KAI Access dengan nilai  lebih besar dari  yaitu 6,302 yang lebih besar dari 1,984. Sedangkan variabel kualitas website ( ) yang memperoleh nilai   6,302 lebih besar dari nilai  dari variabel kepercayaan ( ) yaitu 2,802 sehingga variabel kualitas website ( )  dikatakan berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian (Y). Variabel kepercayaan ( ) dan kualitas website ) memiliki pengaruh sebesar 72,7% terhadap keputusan pembelian (Y). Hal tersebut di buktikan dari nilai R Square yaitu 0,727. Sedangkan sisanya (100% - 72,7% = 27,3%) dipengaruhi oleh variabel lain diluar variabel yang tidak di teliti oleh penulis.

Referensi

Apriliana Wawoluamaya, E., Sunarto, D., Hariani, S., Wulandari, E., Program, ), Jurusan, S. /, & Informasi, S. (2016). ANALISIS PENGARUH KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA BERDASARKAN METODE WEBQUAL 4.0 PADA UNIVERSITAS NAROTAMA. JSIKA, 5(11), 1–8. www.narotama.ac.id.
Ardhi, B. M., & Wijaksana, T. I. (2020). THE IMPACT OF WEBSITE QUALITY ON TRUST AND PURCHASE DECISION (STUDY ON THE USER OF BUKALAPAK WEBSITE IN 2019) 1). E-Proceeding of Management: Vol. 7, No.1 April, 1413–1421.
BPS. (2023). Jumlah Penumpang Kereta Api (Ribu Orang), 2023. https://www.bps.go.id/indicator/17/72/1/jumlah-penumpang-kereta-api.html
Deliana, N. (2022). Pengaruh Kualitas Website dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Melalui Kepuasan dan Kepercayaan Konsumen Shopee. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 3(3), 358–369. https://doi.org/10.36418/jist.v3i3.377
Djan, I., & Rubbiah Adawiyyah, S. (2020). The Effect of Convenience and Trust to Purchase Decision and Its Impact to Customer Satisfaction. International Journal of Business and Economics Research, 9(4), 269. https://doi.org/10.11648/j.ijber.20200904.23
Prayogo, A. D., & Sutisna, M. (2017). Pengaruh Kualitas Website (Webqual 4.0) Terhadap Penggunaan Kembali. Jurnal Riset Bisnis & Investasi, 3(2).
Fachmi, M., Setiawan, I. P., & Hidayat, A. (2019). Analysis of Factors Affecting Consumer Purchase Decision at Online Shops. International Journal of Innovation Science and Research Technology, 4(3), 118–121. www.ijisrt.com118
Fadhilah, F., Putri, W. L., & Affifatusholihah, L. (2021). FACTORS AFFECTING TRUST ON PURCHASE DECISIONS THROUGH E-MARKETPLACE. Business and Accounting Research (IJEBAR) Peer Reviewed-International Journal, 5(4), 1120–1129. https://jurnal.stie-aas.ac.id/index.php/IJEBAR
Fajrin, L., & Gunadi, W. (2022). Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Online pada Pengguna Shopee di Daerah Jakarta Timur. JIMEN Jurnal Inovatif Mahasiswa Manajemen, 2(3), 222–233.
Fauzia, M., & Djumena, E. (2019, March 14). Pemesanan Tiket Via Online Melonjak 260 Persen. Kompas.Com. https://money.kompas.com/read/2019/03/14/161252426/pemesanan-tiket-via-online-melonjak-260-persen
Ghozali, I. (2011). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halik, A. (2020). THE IMPACT ON TRUST AND ONLINE BUYING DECISIONS THROUGH INFORMATION QUALITY, CELEBRITY ENDORSER AND PRICE PERCEPTION AT INSTAGRAMS IN SURABAYA. Archives of Business Research, 8(2), 79–97. https://doi.org/10.14738/abr.82.7796
Iwan Sahara, N., Adi Prakoso, F., Pemasaran, M., Ekonomi dan Bisnis, F., Muhammadiyah Jakarta Jl Ahmad Dahlan, U. K., & Jakarta Selatan, C. (2020). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lazada (Studi di Wilayah Jakarta Selatan). Prosiding Konferensi Nasional Ekonomi Manajemen Dan Akuntansi (KNEMA), 1–11. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KNEMA/
Kaharudin, E., Triyono, D., Nova Vernando, A., & Studi Kewirausahaaan Akademi Entrepreneuship Terang Bangsa, P. (2021). Analisis Kepercayaan Konsumen, Kualitas Produk, Kualitas Website, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Studi Manajemen Dan Bisnis, 8(2), 1–8. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb
Khairani, S. (2015). Pengaruh Kepercayaan Kualitas Informasi Dan Pelayanan Terhadap Keputusan Membeli Melalui Media Sosial (Studi Kasus Mahasiswa Akuntansi STIE MDP). SEMINAR NASIONAL EKONOMI MANAJEMEN DAN AKUNTANSI(SNEMA) FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI PADANG, 305–314. http://fe.unp.ac.id/
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson.
Kurniawan, R., Kusumawati, A., & Priambada, S. (2018). PENGARUH KUALITAS WEBSITE (WEBQUAL 4.0) TERHADAP KEPERCAYAAN DAN DAMPAKNYA PADA KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA WEBSITE E-COMMERCE (Studi pada Konsumen PT. B). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 62, Issue 1).
Liu, D., & Guo, X. (2016). Can trust and social benefit really help? Empirical examination of purchase intentions for wearable devices. Information Development, 33(1), 43–56.
Mahliza, F. (2020). CONSUMER TRUST IN ONLINE PURCHASE DECISION. EPRA International Journal of Multidisciplinary Research (IJMR), 142–149. https://doi.org/10.36713/epra4022
Mayer, R. C., Davis, J. H., & David Schoorman, F. (1995). An Integrative Model of Organizational Trust. The Academy of Management Review, 20(3), 709–734. https://www.jstor.org/stable/258792?seq=1&cid=pdf-
Rohmah, Y. M., Zaerofi, A., & Rachmawaty, R. (2021). IDEAS: Journal of Management and Technology THE IMPACT OF VIRAL MARKETING ON CONSUMER’S TRUST AND PURCHASING DECISION. IDEAS: Journal of Management and Technology, 1(2), 22–27. http://e-journal.president.ac.id/presunivojs/index.php/IDEAS
Sarnita Sadya. (2023, March 9). APJII: Pengguna Internet Indonesia 215,63 Juta pada 2022-2023. Data Indonesia.Id. https://dataindonesia.id/digital/detail/apjii-pengguna-internet-indonesia-21563-juta-pada-20222023
Septiani, L., & Lavinda. (2023, June 23). KAI Catat 61% Transaksi Tiket Kereta Api Berasal dari Aplikasi . Katadata.Co. https://katadata.co.id/lavinda/digital/649ace7a2c82b/kai-catat-61-transaksi-tiket-kereta-api-berasal-dari-aplikasi
Sugara, A., & Dewantara, R. Y. (2017). Analisis kepercayaan dan kepuasan terhadap penggunaan sistem transaksi jual beli. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 52(1), 8–15.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Alfabeta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Alfabeta.
Vidgen, R., & Barnes, S. (2002). An integrative approach to the assessment of e-commerce quality. Journal of Electronic Commerce Research, 1(1), 114–127.
Wahyuni, I., Jasfar, F., Kristaung, R., & Warsindah, L. (2022). The Role of Customer Bonding as a Customer Trust Mediator and Service Performance on SMEs Performance. Journal of Economics, Management and Trade, 1–14. https://doi.org/10.9734/jemt/2022/v28i530407
Wang, J., Shahzad, F., Ahmad, Z., Abdullah, M., & Hassan, N. M. (2022). Trust and Consumers’ Purchase Intention in a Social Commerce Platform: A Meta-Analytic Approach. SAGE Open, 12(2). https://doi.org/10.1177/21582440221091262
Yoon, S.-J. (2002). The Antecedents and Consequences of Trust in Online-Purchase Decisions. Journal of Interactive Marketing, 16, 47–63.
You, Y., Hu, Y., Yang, W., & Cao, S. (2022). Research on the Influence Path of Online Consumers’ Purchase Decision Based on Commitment and Trust Theory. Frontiers in Psychology, 13. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2022.916465
Zhou, T. (2019). The effect of social interaction on users’ social commerce intention. International Journal of Mobile Communications, 17(4), 391–408.
Diterbitkan
2023-07-27
Bagian
Articles