Pengaruh Brand Image dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Listrik Melalui Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening Di Area Kota Malang Jawa Timur


Abstrak
Mobil listrik yang ditenagai oleh baterai 100% minim polutan, pada dasarnya meskipun pembangkit listrik yang menghasilkan listrik dapat mengeluarkan polutan, namun listrik dari pembangkit listrik tenaga nuklir, hidro, surya, atau angin lebih minim menghasilkan polusi udara. Manfaat kinerja mobil listrik memberikan pengoperasian yang senyap dan akselerasi yang lebih kuat, serta membutuhkan perawatan yang lebih sedikit daripada mesin pembakaran internal, dan mengurangi ketergantungan energi, karena listrik merupakan sumber energi rumah tangga. Pendekatan kuantitatif merupakan sebuah metode sebagai solusi pemecahan masalah yang terjadi, dimana populasi penelitian adalah seluruh pengguna mobil listrik di Kota Malang. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling sehingga diperoleh sebanyak 100 responden yang nantinya akan mengisi kuesioner penelitian. Dalam penelitian ini juga didukung oleh teknik pengumpulan data melalui studi kepustakaan dan penelitian lapangan untuk memperkuat hasil penelitan. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji regresi yang kemudian dilanjutkan dengan uji sobel. Data diproses secara statistik dengan program SPSS. Hasil menunjukkan bahwa sebesar 38% gaya hidup dipengaruhi brand image, 52,6% gaya hidup dipengaruhi harga, 44,6 % minat beli dipengaruhi brand image, minat beli tidak dipengaruhi harga, 62,4% minat beli dipengaruhi brand image melalui gaya hidup, dan 12,8% minat beli dipengaruhi harga melalui gaya hidup.
Referensi
Aziz, M., Marcellino, Y., Rizki, I. A., Ikhwanuddin, S. A., & Simatupang, J. W. (2020). Studi Analisis Perkembangan Teknologi Dan Dukungan Pemerintah Indonesia Terkait Mobil Listrik. TESLA: Jurnal Teknik Elektro, 22(1), 45. https://doi.org/10.24912/tesla.v22i1.7898
Benhardy, K. A., Hardiyansyah, Putranto, A., & Ronadi, M. (2020). Brand image and price perceptions impact on purchase intentions: Mediating brand trust. Management Science Letters, 10(14), 3425–3432. https://doi.org/10.5267/j.msl.2020.5.035
Efendi, A. (2020). Rancang Bangun Mobil Listrik Sula Politeknik Negeri Subang. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(1), 75. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23057
Hakim, L. L. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image dan Customer Perceived Value terhadap Purchase Intention. Progress in Retinal and Eye Research, 561(3), 81–86.
Hendratmoko, S. (2019). Pengaruh Lokasi dan Harga terhadap Kepuasan Konsumen dengan Gaya Hidup sebagai Variabel Intervening (Studi pada Waroeng Steak and Shake Cabang Yogyakarta). JMK (Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan), 4(2), 116. https://doi.org/10.32503/jmk.v4i2.432
Hijriyanti, S. A., Effendi, A., Abdullah, W., & Image, B. (2023). Pengaruh Trend Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Jilbab Merek Bella Square Di Kabupaten Kolaka. Study of Scientific and Behavioral Management (SSBM), 4(1), 15–28.
Imron, M. F., & Widaningsih, S. (2019). Pengaruh Citra Merek Dan Harga Terhadap Minat Beli Mobil Daihatsu New Ayla ( Studi Kasus Terhadap Konsumen Di Kota Bandung Pada Tahun 2019 ) the Influence of Brand Image and Price Against Daihatsu New Ayla Car Buying ( Case Study of Consumers in Bandung C. E-Proceeding of Applied Science, 6(1), 20–29. https://openlibrarypublications.telkomuniversity.ac.id/index.php/appliedscience/article/view/11503/11370
Jamieson, M. K., Govaart, G. H., & Pownall, M. (2023). Reflexivity in quantitative research: A rationale and beginner’s guide. Social and Personality Psychology Compass, January, 1–15. https://doi.org/10.1111/spc3.12735
Prastiyani, M., & Suhartono, S. (2020). Analisis Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Minat Beli Smartphone Advan Melalui Citra Merek Sebagai Variabel Intervening Di Wilayah Yogyakarta. Jurnal Riset Manajemen, 7(1), 58–74. https://doi.org/10.32477/jrm.v7i1.188
Puji, M., Della Saputri, Aprianti, Devi Arisandi, Putri Wahyu Ikasanti, & Tri Wahyuni. (2021). Pengaruh Harga & Gaya Hidup Terhadap Minat Beli Masyarakat. E-Bisnis : Jurnal Ilmiah Ekonomi Dan Bisnis, 14(1), 91–102. https://doi.org/10.51903/e-bisnis.v14i1.370
Puspita, C. M., & Budiatmo, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Rocket Chicken Wolter Monginsidi Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(3), 268–275. https://doi.org/10.14710/jiab.2020.28079
Putri, S. A., & Rahmawan, G. (2022). Pengaruh Green Life Style, Futuristic Design, Technology Dan Confidence Terhadap Minat Beli Mobil Listrik. Jurnal Kelola: Jurnal Ilmu Sosial, 5(1), 72–81. http://ejournal.goacademica.com/index.php/jk/article/view/532%0Ahttps://ejournal.goacademica.com/index.php/jk/article/download/532/497
Rahman, D., Rizal, S., & Yunus, M. (2023). Strategi Komunikasi Bisnis dalam Upaya Meningkatkan Minat Beli Konsumen Mobil Listrik Wuling Air EV di Kota Makassar. Komunikasi, 16(1), 1–14.
Riansyah, R. A., Usman, O., & Febrilia, I. (2023). Pengaruh Price Dan E-Wom Terhadap Purchase intention Wuling Air Ev Yang Dimediasi Oleh Trust. Nautical : Jurnal Ilmiah Multidisiplin Indonesia, 1(11), 1345–1352.
Rudd, G., Meissel, K., & Meyer, F. (2021). Measuring academic resilience in quantitative research: A systematic review of the literature. Educational Research Review, 34(July), 100402. https://doi.org/10.1016/j.edurev.2021.100402
Sari, P. D. R., Manggabarani, A. S., & Husniati, R. (2020). Pengaruh Brand Image, Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Produk Fashion Secara Online Di Jakarta (Studi Pada Situs Belanja Online Zalora). Prosiding BIEMA (Business Management, Economic, and Accounting National Seminar), 1(1), 727–738. https://conference.upnvj.ac.id/index.php/biema/article/view/920
Setyaningsih, D. K. (2020). Pengaruh Citra Merek, Gaya Hidup Hedonis Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Jilbab Rabbani (Studi pada Santriwati Pondok Pesantren Ma’had Mambaul Qur’an Munggang Bawah di Wonosobo). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2), 311–318. https://doi.org/10.32500/jebe.v1i2.1226
Simbolon, A. M., Rusli, B., & -, C.-. (2022). Kebijakan Kendaraan Listrik dalam Perspektif Pasar dan Infrastruktur: Studi Reviu Komparasi Bilateral Korea Selatan dan Indonesia. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 24(2), 83–91. https://doi.org/10.25104/jptd.v24i2.1943
Sudjoko, C. (2021). Strategi Pemanfaatan Kendaraan Listrik Berkelanjutan. Paradikma : Jurnal Multidisipliner Mahasiswa Pasca Sarjana Indonesia, 2, 54–68.
Tana, S. O., & Bessie, J. L. D. (2020). Pengaruh gaya hidup dan kualitas layanan terhadap keputusan pembelian (Studi Pada Pelanggan X2 Family Resto and Karaoke Kupang). Journal of Management : Small and Medium Enterprises (SMEs), 13(3), 255–270. https://doi.org/10.35508/jom.v13i3.3306
Vivian, S. (2020). Pengaruh Brand Image dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z pada Produk Starbuck. Jurnal Transaksi, 12(1), 51–66.
Zahroh, A. (2020). Pengaruh Brand Image Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopi Janji Jiwa Di Royal Plaza Surabaya. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 8(2), 2337–6078.
Zaluchu, S. eli. (2020). Strategi Penelitian Kualitatif dan Kuantitatifdi dalam penelitian agama. Jurnal Teologi Injili Dan Pembinaan Warga Jemaat, 4, 28–38.
Zalvino, M. A. (2021). Prediksi dan Arah Kebijakan Mengenai Bijih Nikel di Indonesia dalam Menghadapi Peningkatan Permintaan Baterai Mobil Listrik. Prosiding Temu Profesi Tahunan PERHAPI.
Zaremohzzabieh, Z., Ahrari, S., Krauss, S. E., Samah, A. B. A., Meng, L. K., & Ariffin, Z. (2019). Predicting social entrepreneurial intention: A meta-analytic path analysis based on the theory of planned behavior. Journal of Business Research, 96(November 2018), 264–276. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.11.030
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc-sa4.footer##Authors who publish with Inform: JIABI: Jurnal Ilmiah Administrasi Bisnis dan Inovasi agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.