Pengaruh Gaya Hidup dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Mahasiswa di Kota Malang Membeli Handphone Merek iPhone dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening

  • Zonnete Bryllian Dheo Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Fathorrahman Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
  • Theresia Pradiani Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang
Abstrak views: 219 , Full Text (PDF) (English) downloads: 217
Kata Kunci: Gaya Hidup, Kualitas Produk, Brand Image, Keputusan Pembelian

Abstrak

Banyaknya merek smartphone yang saat ini bermunculan menjadi salah satu bentuk dari perkembangan teknologi informasi, salah satunya adalah iPhone. Kepemilikan atas iPhone telah dianggap sebagai salah satu ciri gaya hidup mewah dan trendy oleh masyarakat Indonesia, khususnya pada anak muda dan kalangan mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya hidup dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian serta pengaruhnya terhadap Brand Image sebagai variabel intervening pada mahasiswa di Kota Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif di Kota Malang dengan sampel responden sebanyak 100 orang mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive Sampling dan metode analisis data yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dengan uji sobel menggunakan aplikasi pengolah data SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya hidup dan kualitas produk berpengaruh signifikan terhadap Brand Image. Selain itu, gaya hidup, kualitas produk dan Brand Image berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Gaya hidup dan kualitas produk, keduanya sama-sama berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian melalui Brand Image

Referensi

A Hendik Purbaya. (2019). Pengaruh Perceived Quality, Harga dan Lifestyle terhadap Minat Beli Produk Oldman.co.
Akbar Ariadi. (2019). Pengaruh Brand Awareness, Brand Loyalty, Perceived Quality, Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Konsumen (Studi Konsumen Sepeda Motor Matic Honda Scoopy pada Dealer Motor Honda di Kota Banjarmasin).
Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bambang Somantri. (2020). Pengaruh Gaya Hidup dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk iPhone (Studi Kasus pada Siswa dan Siswi SMAN 3 Kota Sukabumi).
Consumer Intelligence Research Partners (CIRP) . (2023, March). The Age of Apple: The iPhone Isn’t Capturing the Attention of Users Over 40. Retrieved from www.gizmochina.com: https://www.gizmochina.com/2023/03/09/age-of-apple-product-users/
Daniel Ruby. (2023, February). 26+ iPhone User & Sales Statistics (Fresh Data 2023). Retrieved from demandsage.com: https://www.demandsage.com/iphone-user-statistics/#:~:text=Globally%2C%2051%25%20of%20iPhone%20users,industry%20as%20of%20Q3%202022.
Dede Syaifulloh. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Inovasi Produk dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening.
Dhenta Megasavitri Susanto. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian iPhone (Studi Pada Mahasiswa di Surabaya).
Diana Febi Anggraini. (2019). Mahasiswa Hedonisme Night Clubber and Lifestyle.
Djie Stefen Martin Santoso. (2012). Consumer Complicity pada.
Dr. Drs. Bambang Sunyoto, S.H., S.E., M.M., C.B.L.D.M. (2022). Eureka Media Aksara.
Dr. Rosnaini Daga, S. M. (2017). Citra, Kualitas Produk, dan Kepuasan Pelanggan.
Dr. Yoesoep Edhie Rachmad. (2022). Manajemen Pemasaran. Eureka Media Askara.
Elsa Dwi Agustina. (2020). Pengaruh Life Style, Brand Image dan Kualitas Produk terhadap keputusan Pembelian iPhone di Ngawi.
Galuh Putri Riyanto. (2023, Februari 20). 5 Besar Vendor Smartphone di Indonesia pada 2022, Oppo-Samsung Mendominasi. Retrieved from Kompas: https://tekno.kompas.com/read/2023/02/20/09030057/5-besar-vendor-smartphone-di-indonesia-pada-2022-oppo-samsung-mendominasi#google_vignette
Gani Kristiono Kusuma. (2019). Pengaruh Harga, Kualitas Produk, Brand Image, dan Product Knowledge terhadap Keputusan Pembelian.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
Irene Marsella. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Apple di iBox Gandaria City.
Kotler dan Amstrong. (2009). Dasar-Dasar Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. England.
Melydrum. (2016). Manajemen Pemasaran: Teori dan Implementasi.
Menitulo Gohae. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada UD Anisa Kecamatan Telukdalam Kabupaten Nias Selatan.
Monica Wolff. (2021). Pengaruh Gaya Hidup, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Smartphone merek iPhone pada Kaum Perempuan Milenial di Kecamatan Tahunan.
Muhammad Fadhli Noor. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Gaya Hidup terhadap Keputusan Pembelian Smartphone iPhone.
Muhammad Rifqi Achmadi. (2022). Analisis Kualitas, Desain dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Olah Raga Produk Nike melalui Gaya Hidup sebagai Variabel Intervening di Kabupaten Sidoarjo.
Nouval Ahmad. (2021). Analisis Keputusan Pembelian iPhone Apple yang Dilakukan oleh Orang yang Tinggal di Jabodetabek.
Patrick McGee. (2023). How Apple captured Gen Z in the US — and changed their social circles. San Fransisco: Financial Times.
Piper Sandler. (2023). Spring 2023 Survey. Retrieved from Piper Sandler: https://www.pipersandler.com/sites/default/files/document/TSWT_Spring23_Infographic.pdf
Rega Ababil. (2019). nalisis Kualitas Produk, Word Of Mouth, dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian Merek Senduro Coffee.
Sahri Ashari. (2022). Pengaruh Harga, Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening pada Smartphone Advan.
Siti Maghfiroh. (2022, November). Kota Malang Nomor 2, Inilah 5 Daerah Memiliki Jumlah Mahasiswa Terbanyak di Jawa Timur, Termasuk Jember? Retrieved from jatimnetwork.com: https://www.jatimnetwork.com/jatim/pr-435851847/kota-malang-nomor-2-inilah-5-daerah-memiliki-jumlah-mahasiswa-terbanyak-di-jawa-timur-termasuk-jember
Suci Ramadhani. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Merek dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Mediasi (Studi pada Merek Apple).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitiatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.
Syafrida Hafni Sahir. (2021). Dasar-Dasar Pemasaran. Yayasan Kita Menulis.
Tao Putri. (2022). Pengaruh Kualitas Layanan dan Fasilitas terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan sebagai Intervening di Klinik Fast Medika Center.
Team Counterpoint. (2023, February 8). Global Smartphone Shipments Market Data (Q1 2021 – Q4 2022). Retrieved from Counterpoint Research: https://www.counterpointresearch.com/global-smartphone-share/
Viani A. L. Mandagi. (2018). Pengaruh Brand Image terhadap Keputusan Pembelian Handphone Samsung Android di Gerai IT Center Manado.
Diterbitkan
2023-12-31
Bagian
Articles