Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 3 UPTD SDN Tlokoh 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan

  • SDN TLOKOH 3
  • SDN TLOKOH 3
Abstract views: 387 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 347
Tidak berjudul (Bahasa Indonesia) downloads: 0

Abstract

Pendidikan bahasa Indonesia di sekolah dasar adalah mengembangkan kemampuan siswa untuk berbicara bahasa Indonesia yang baik. Namun dalam kegiatan belajar membaca-menulis, siswa masih memiliki banyak kesulitan dalam beberapa aspek, seperti kemampuan membaca yang menghubungkan tulisan, menulis terus menerus, kebersihan dan kerapian penulisan. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran sehingga minat dan antusiasme siswa dalam belajar menjadi kurang diperhatikan. Tampaknya, penggunaan media gambar dapat menarik minat dan antusiasme siswa sehingga ide dan ide siswa muncul dalam proses pembelajaran. Ini bisa dilihat dari sebelum dan sesudah penggunaan media gambar di UPTD SDN Tlokoh 3 Bangkalan. Sebelum menggunakan gambar media, nilai siswa yang memenuhi kriteria hanya 55%. Sedangkan setelah menggunakan gambar media nilai siswa mendapat hingga 95%. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini dikatakan telah berhasil meningkatkan keterampilan literasi siswa kelas 3 di UPTD di SDN Tlokoh 3 Bangkalan. Gambar media dapat merangsang minat dan antusiasme siswa sehingga mereka datang dengan ide dan ide dalam membaca dan menulis. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 37 siswa kelas 3 dengan rincian 20 siswa dan 17 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media gambar dapat meningkatkan keterampilan literasi siswa kelas 3.

References

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Azies, Furqonul dan Alwasilah, A. Chaedar (1996) Pengajaran Bahasa Komunikatif: Teori dan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Degeng, I.N.S. 1997. Penulisan Bahan Ajar: Modul Pembelajaran dalam Pelatihan Staf, Guru, dan Karyawan Sekolah Ciputra Surabaya. Surabaya.

Combs, Martha. 1996. Development Competence Readers and Writers in The Primary Grades. Englewood Cliff, N.J: Prentice Hall, Inc.

Kustandi, Cecep, SutjiptoBambang. 2011. Media Pembelajaran-Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Mudiono, Alif. 2000. Kemampuan Guru dalam Pembelajaran Baca Tulis Permulaan di SD dalam Jurnal Ilmu Pendidikan: Jurnal Filsafat, Teori dan Praktik Kependidikan. Tahun 27 Nomor 2 Juli. Malang: FIP UM.

Munadi, Yudhi. 2008. Media Pembelajaran-Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta:Gunung Persada.(GP) Press.

Sahalessy, A. 1998. Masalah-masalah Belajar Abad 21: Tinjauan Pendayagunaan Teknologi Informasi.

Suparno & Mohammad Yunus. (2007). Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H.G. 1995. Menulis: Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Published
2019-11-21
How to Cite
, & . (2019). Peningkatan Kemampuan Baca-Tulis dengan Menggunakan Media Gambar Siswa Kelas 3 UPTD SDN Tlokoh 3 Kecamatan Kokop Kabupaten Bangkalan. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 99-113. https://doi.org/10.25139/fn.v2i2.1744
Section
Articles