Sinkretisme dalam Serat Centhini Jilid I Karya Sri Susuhanan Pakubuwana V

  • Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Abstract views: 510 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 811

Abstract

Masyarakat Jawa memiliki budaya yang kuat, sehingga berpengaruh terhadap eksistensi agama yang dipeluk masyarakatnya, termasuk Islam. Agama Islam yang diperagakan masyarakat Jawa berbeda dari negara asalnya (Arab), karena pelaksanaan Islam di Jawa dipadukan dengan budaya (Hindhu-Budha) dan tradisi yang sudah ada turun temurun. Sebagian besar masyarakat Jawa pemeluk Islam, hingga saat ini masih melakukan tradisi nyekar, nyadran, selamatan, sedekah bumi, larung sesaji, dan sebagainya. Perayaan tradisi tersebut dilaksanakan berdasarkan perpaduan antara budaya Jawa dengan ajaran Islam. Maksudnya, ritual tradisi menggunakan budaya Jawa, sedangkan doa-doa yang digunakan menggunakan tata cara Islam. Hal itulah yang dinamakan sinkretisme. Sinkretisme merupakan aliran perpaduan dari beberapa paham untuk mencari keserasian dan keseimbangan. Sinkretisme antara budaya Jawa dengan Islam tergambar jelas dalam Serat Centini yang disusun Sri Susuhunan Pakubuwana V. Dalam Serat Centini Jilid I diceritakan terjadinya kontak dari berbagai budaya. Akibatnya, menghasilkan perpaduan antar budaya yang berbeda. Selain itu, Serat Centhini Jilid I juga menceritakan tokoh-tokoh Islam menggunakan metode kultural untuk berupaya mencari keselarasan (harmonisasi) dengan ajaran-ajaran peninggalan dari khazanah Jawa, yaitu animisme, dinamisme, Budha, dan Hindu. Berdasarkan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sinkretisme yang terjadi di Jawa dalam Serat Centhini Jilid I.

References

Ali, Al-Jumanatul. 2005. Al-Quran dan terjemahannya. Departemen Agama RI. Bandung: J-Art.

Amin, Darori. 2000. Islam dan Kebudayaan Jawa. Yogyakarta: Gama Media.

Endraswara, Suwardi. 2003. Falsafah Hidup Jawa. Tangerang: Cakrawala.

Koentjaraningrat. 1994. Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Mulder, Niels. 2011. Mistitisme Jawa: Ideologi di Indonesia. Cetakan ke V. Cetakan I tahun 2001. Diterjemahkan oleh Noor Cholis. Yogyakarta: LKiS.

Novia, Windy. 2008. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Surabaya: Kashiko.

Pakubuwana V, Sri Susuhunan. 2011. Serat Centhini Jilid I. Dilatinkan dan diterjemahkan oleh Sunardian Wirodono. Yogyakarta: Yayasan Wiwara.

Shihab, M. Quraish. 2011. Membumikan Al-Quran Jilid 2. Jakarta: Lentera Hati.

Simuh. 1988. Mistik Islam Kejawen Raden Ngabehi Ranggawarsita. Jakarta: UI Press.

Suseno, Magnis Franz. 2006. Menalar Tuhan. Yogyakarta: Kanisius.
Published
2019-11-21
How to Cite
(2019). Sinkretisme dalam Serat Centhini Jilid I Karya Sri Susuhanan Pakubuwana V. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2(2), 144-159. https://doi.org/10.25139/fn.v2i2.1812
Section
Articles