Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan survey. Survey diberikan kepada 82 mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Uhamka. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket berskala likert untuk mengetahui tingkat persetujuan mahasiswa terhadap MBKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa setuju terhadap pelaksanaan kurikulum MBKM ini dengan empat rekognisinya, yaitu perkuliahan di PS lain di dalam PT, perkuliahan di PS yang sama di PT berbeda, perkuliahan di PS yang berbeda di PT berbeda, dan praktek di lembaga nonperguruan tinggi.
References
Hidayatullah, S. (2020) Fasilitasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020. Bandung.
McNeil, J. D. (2006) Contemporary Curriculum in Thought and Action, Sixth Edition. Hoboken: John Wiley &Sons, Inc.
Richards, J. C. (2001) Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.
Rosyidi (2020) Merdeka Belajar ; Aplikasinya dalam Manajemen. Jakarta.
Siswanto, H. (2009) Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Rihama.
Suryaman, M. (2020) ‘Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar’, Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), pp. 13–28.
Susetyo, S. (2020) ‘Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu’, Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), pp. 29–43.
Suwandi, S. (2020) ‘Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21’, Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), pp. 1–12.

Jurnal Ilmiah Fonema by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.