Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka

  • Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka
Abstract views: 525 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 1690

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan survey. Survey diberikan kepada 82 mahasiswa program studi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia FKIP Uhamka. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket berskala likert untuk mengetahui tingkat persetujuan mahasiswa terhadap MBKM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa setuju terhadap pelaksanaan kurikulum MBKM ini dengan empat rekognisinya, yaitu perkuliahan di PS lain di dalam PT, perkuliahan di PS yang sama di PT berbeda, perkuliahan di PS yang berbeda di PT berbeda, dan praktek di lembaga nonperguruan tinggi.

References

Haryanto, M. (2020) ‘Menelaah Pembelajaran Sastra yang (Kembali) Belajar Merdeka di Era Merdeka Belajar’, Konferensi Ilmiah Pendidikan Universitas Pekalongan 2020, pp. 62–65.
Hidayatullah, S. (2020) Fasilitasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka Melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020. Bandung.
McNeil, J. D. (2006) Contemporary Curriculum in Thought and Action, Sixth Edition. Hoboken: John Wiley &Sons, Inc.
Richards, J. C. (2001) Curriculum Development in Language Teaching. New York: Cambridge University Press.
Rosyidi (2020) Merdeka Belajar ; Aplikasinya dalam Manajemen. Jakarta.
Siswanto, H. (2009) Pendidikan Kesehatan Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Rihama.
Suryaman, M. (2020) ‘Orientasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar’, Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), pp. 13–28.
Susetyo, S. (2020) ‘Permasalahan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Bengkulu’, Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), pp. 29–43.
Suwandi, S. (2020) ‘Pengembangan Kurikulum Program Studi Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia yang Responsif terhadap Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Kebutuhan Pembelajaran Abad ke-21’, Seminar Nasional Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), pp. 1–12.
Published
2021-06-10
How to Cite
(2021). Persepsi Mahasiswa Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(1), 79-87. https://doi.org/10.25139/fn.v4i1.3357
Section
Articles