Analisis Kontrastif Pemerlengkap (Complementizer) dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia

  • Izzati Karimah Mahasiswa Pascasarjana UGM Yogyakarta
Abstract views: 23 , PDF downloads: 25
Keywords: analisis kontrastif, klausa pemerlengkapan, pemerlengkap

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mengontraskan pemerelngkap dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yakni metode deskriptif-kualitatif. Ada beberapa teori yang digunakan dalam penelitian yakni teori klausa pemerlengkapan oleh Dixon (2010) dan teori analisis kontrastif oleh Krzeszowski (1990). Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan tiga tahapan: mendeskripsikan, menyatarakan, dan membandingkan. Dari analisis dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa persamaan dan perbedaan pemerlengkap dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Persamaan yang ditemukan yakni secara umum bahasa Inggris menggunakan pemerlengkap that, to, dan  for sedangkan bahasa Indonesia menggunakan pemerlengkap bahwa, untuk, serta supaya dan agar. Di samping itu terdapat beberapa perbedaan yakni bahasa Inggris memiliki pemerlengkap –ing, dalam bahasa Indonesia terdapat beberapa pemerlengap berupa kata tanya, dan ada relasi penggunaan kala, aspek, dan  modal dalam bahasa Inggris dengan penggunaan pemerlengkap.

References

Aarts, Bas. 2001. English Syntax and Argumentation. 2nd Edition. New York : Palgrave.
Alwi, Hasan. 1992. Modalitas dalam Bahasa Indonesia. Yogyakarta : Kanisius.
Fisiak, Jacek. 1981. Contrastive Linguistic and Language Teacher. New York: Pergamon Press
Hogue, Ann. 2002. The Essential of English : A Writer’s Handbook. New York. Longman.
Hornby, A.S. 2010. Oxford Advanced Learner’s Dictionary of Current English. Eight Edition. New York : Oxford University Press.
Krzeszowski, Tomasz P. 1990. Contrasting Languages. New York : Mouton De Gruyter
Ramlan, M. 1981. Kata Penghubung dan Pertalian yang Dinyatakannya dalam Bahasa Indonesia Dewasa Ini. Yogyakarta : Lembaga Penelitian Universitas Gadjah Mada.
Shopen, Timothy. 2007. Language Typology and Siyntactic Description Volume 1: Clause Structure. Second Edition. New York : Cambridge Universit Press.
Dixon, R.M.W. 2010. Basic Linguistic Theory : Grammatical Topics. Volume II New York : Oxford University Press.
Nardiati, Sri. dkk. 1996. Konjungsi Subordinatif dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Lapoliwa, Hans. 1990. Klausa Pemerlengkapan dalam Bahasa Indonesia : Suatu Tinjauan Sintaktik dan Semantik. Yogyakara : Kanisius.
Published
2022-05-27
How to Cite
Karimah, I. (2022). Analisis Kontrastif Pemerlengkap (Complementizer) dalam Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 4(2), 129-142. https://doi.org/10.25139/fn.v4i2.4490
Section
Articles