Representasi Nilai dan Kultur Madura dalam Kumpulan Cerpen Rokat Tase’ Karya Muna Masyari

  • Lely Virma Karuniya Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • M. Shoim Anwar Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Abstract views: 348 , PDF downloads: 322
Keywords: representasi, nilai, Rokat Tase’, kultur

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur kultur, dan nilai-nilai yang terkandung pada kumpulan cerpen Rokat Tase’ karya Muna Masyari yang mendasari masyarakat Madura dalam sehari-hari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yakni kualitatif dengan metode deskriptif. Data yang dikumpulkan berupa kalimat dan dialog dalam kumpulan cerpen Rokat Tase’ karya Muna Masyari. Sumber data pada penelitian ini yakni kata, frase, klausa, dan kalimat pada kumpulan cerpen Rokat Tase’ karya Muna Masyari yang mendeskripsikan unsur kultur, makna kultur masyarakat, dan nilai-nilai. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi. Teknik penganalisisan yang digunakan, yaitu teknik deskriptif. Keabsahan data menggunakan trianggulasi teori dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dua yakni (1) unsur kultur yaitu berupa sistem bahasa masyarakat Madura, pengetahuan mengenai dongeng mitos, sosial mengenai perjodohan, peralatan hidup dan teknologi yang berupa celurit, mata pencaharian hidup yakni sebagai pedagang, religi yakni adat tujuh bulanan, sistem kesenian dan kesenian;  (2) nilai-nilai dalam kumpulan cerpen Rokat Tase’ karya Muna Masyari, meliputi nilai sosial berupa kasih sayang dan tanggung jawab, nilai moral berupa hubungan antar sesama manusia, diri sendiri, dan Tuhan, nilai agama berupa dimensi praktik, pengalaman, dan pengetahuan.

References

Ancok, Djamaludin dan Fuad Nashori Suroso. 2005. Psikologi Islam atas Problem-Problem Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Herman J. Waluyo, 2010. Pengkajian dan Apresiasi Puisi. Salatiga: Widya Sari Press.

Masyari, Muna. 2020. Kumpulan Cerita Pendek Rokat Tase’. Jakarta: PT Kompas Media Nusantara.

Nurgiyantoro, Burhan. 2018. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ratna, Nyoman Kutha. 2015. Antropologi Sastra: Peranan Unsur-Unsur Kebudayaan Dalam Proses Kreatif. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabet.

Suratman, Munir, dan Salamah. 2015. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Malang: Intimedia.

Wellek, Rene dan Warren Austin. 2016. Teori Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Umum.

Published
2022-08-04
How to Cite
Karuniya, L. V., & Anwar, M. S. (2022). Representasi Nilai dan Kultur Madura dalam Kumpulan Cerpen Rokat Tase’ Karya Muna Masyari. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 5(1), 29-39. https://doi.org/10.25139/fn.v5i1.4622
Section
Articles