Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Generasi Milenial

  • Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
  • Universitas PGRI Adi Buana Surabaya
Abstract views: 820 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 2080

Abstract

Generasi milenial adalah mereka yang lahir antara awal tahun 1980 hingga awal 2000-an. Sejalan dengan revolusi industri 4.0, ciri utama mereka adalah sulit melepaskan aktivitasnya dengan perangkat komputer beserta program dan aplikasi di dalamnya. Kondisi ini menjadikan pembelajaran bahasa Indonesia, termasuk sastra di dalamnya, harus menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi digital dengan jaringan internet, khususnya terkait  media dan bahan pembelajaran. Karakter dan nilai-nilai positif pada generasi milenial  harus tetap dijaga, khususnya pada penggunaan bahasa di media sosial. Guru bahasa Indonesia harus menjadikan mereka sebagai mitra belajar dengan mengedepankan tumbuhnya sikap kritis, kreatif, inovatif, komunikatif, kolaboratif, serta menghargai perbedaan sebagai konsekuensi lintas budaya.

References

Bersin, J. 2004. The Blended Learning Book: Best Practices, Proven Methodologies, and Lessons Learned. San Francisco: Pfeiffer Publishing.
Kemdikbud, 2017. “Penguatan Pendidikan Karakter”, dalam https://cerdasberkarakter.kemdikbud.go.id/?page_id=132 (diakses 20 Mei 2020)
Mihardja, Achdiat K. 1998, cet.ke-3. Polemik Kebudayaan. Jakarta: Balai Pustaka.
Rovai, A.P., Jordan, H.M. 2004. Blended Learning and Sense of Community: a Comparative Analysis with Traditional and Fully online Graduate Courses. International Review of Research in Open and Distance Learning, Vol. 5, Number 2, 1492-3831. Online: http://www.irrodl.org. 21 April 2020).
Schwab, Klaus. 2016. The Fourth Industrial Revolution. Switzerland: World Economic Forum.
Strauss, Willam; Howe, Neil. 2000. Millenials Rising: The Next Generation. New York: Vintage Original.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Published
2020-05-09
How to Cite
, , , & . (2020). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 3(1), 58-67. https://doi.org/10.25139/fn.v3i1.2679
Section
Articles