Hubungan Jarak Jauh dalam Novel Geez & Ann Karya Rintik Sedu: Kajian Psikologi Sastra

  • Ayyukum Amala Universitas Negeri Surabaya
  • Titik Indarti Universitas Negeri Surabaya
  • Resdianto Permata Raharjo Universitas Negeri Surabaya
Abstract views: 370 , pdf downloads: 524
Keywords: Hubungan jarak jauh, psikologi eksistensialisme, kebebasan, filsafat eksistensialisme

Abstract

Dalam Artikel ini dijelaskan mengenai perilaku hubungan jarak jauh atau yang disebut dengan long distance relationship yang digambarkan dalam novel Geez & Ann yang ditulis oleh Rintik Sedu menggunakan perspektif dalam kajian psikologi eksistensialisme yang dikembangkan oleh Sartre. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan penelitian interdisiplin antara sastra dan psikologi. Metode penelitian dalam artikel ini menggunakan kualitatif-kuantitatif dengan menggunakan teori psikologi eksistensialisme yang berkiblat dari filsafat eksistensialisme. Sumber data yang digunakan adalah novel Geez & Ann karya Rintik Sedu dan responden berjumlah 130 orang berusia antara 18 – 25 tahun. Peneliti juga berusaha menggali realitas antara konflik fiksi dengan nyata dengan cara menyebar kuesioner ke 130 responden yang melakukan hubungan jarak jauh. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan jarak jauh dapat terjadi karena suatu alasan tertentu, seperti harus menempuh pendidikan di tempat yang jauh maupun karena alasan bekerja. Dalam menjalani hubungan semacam ini terdapat rasa kesepian, kesalahpahaman, dan kurangnya komunikasi serta godaan untuk berselingkuh yang bisa mengakibatkan berakhirnya hubungan jarak jauh.

References

Ahmadi, A. 2019. Metode Penelitian Sastra. Gresik: Graniti.

Ahmadi, A. 2021. Psikologi Sastra Edisi Revisi. Surabaya: Unesa University Press.

Putri, A. (2020). STUDI DESAIN SAMPUL BUKU SEBAGAI FAKTOR KEPUTUSAN MEMILIH BUKU (Kualitatif Deskriptif Buku Novel Karya Rintik Sedu Pada Pembaca Milenial) (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).

Aryaningsih, P. I. A., & Susilawati, L. K. P. A. (2020). Peran intensitas komunikasi dan regulasi emosi terhadap konflik interpersonal pada dewasa awal yang menjalani hubungan berpacaran jarak jauh. Jurnal Psikologi Udayana, 7(01), 20-30.

Salafyudin, N., Wibisono, A., & Chengoh, A. (2018). Ldr salah satu bukti feminisme yang paling menonjol dalam novel seorang kekasih yang belum bertemu karya boy candra. In Prosiding Seminar Nasional Bahasa dan Sastra Indonesia (SENASBASA) (Vol. 2, No. 2).

Denzin, N.K. & Licoln, Y.S. 2009. Pendahuluan: Memasuki Bidang penelitian Kualitatif. Dalam Denzin N.K. & Licoln Y.S. (Ed). Qualitative Research. Terjemahan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fakhrana, Z. N. (2015). Pengaruh Intensitas Komunikasi Antarpribadi dan Tingkat Kecemburuan Terhadap Kualitas Hubungan Asmara Pasangan HUBUNGAN JARAK JAUH. Interaksi Online, 13(1).

Hiplunudin, A. 2019. Filsafat Eksistensialisme Edisi 2. Yogyakarta: Suluh Media.

Oktaviani, D., Kezia, M., Haryadi, T., & Simanjuntak, I. A. (2020). NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM NOVEL KATA KARYA RINTIK SEDU. 203–212.

Rintiksedu. 2017. Geez And Ann. Jakarta: GagasMedia.

Partiningsih. (2018). KEPRIBADIAN BEHAVIORISME TOKOH ANYA DALAM NOVEL CRITICAL ELEVEN KARYA IKA NATASSA : Keywords : Critical Eleven ,. Jurnal Bapala, 5(2), 1–17.

Priadana, S., & Denok Sunarsi. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang: Pascal Books.

Robbins, S. P., & Judge, T. A. 2013. Organizational behavior 15 th edition. New Jersey: Pearson Education.

Sartre, J.P. 1948. Existensialism and Humanism. Translate. London: Methuen.

Published
2023-04-12
How to Cite
Amala, A., Indarti, T., & Raharjo, R. P. (2023). Hubungan Jarak Jauh dalam Novel Geez & Ann Karya Rintik Sedu: Kajian Psikologi Sastra. Jurnal Ilmiah FONEMA : Jurnal Edukasi Bahasa Dan Sastra Indonesia, 6(1), 1-16. https://doi.org/10.25139/fn.v6i1.5320
Section
Articles