Tinjauan Tipe HOTS dan LOTS dalam Soal ASTS serta ASAS Bahasa Indonesia Tahun 2022-2024

  • Bulle Rama Yandra Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Ferina Meliasanti Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Daman Huri Universitas Singaperbangsa Karawang
Abstract views: 639 , pdf downloads: 448
Keywords: HOTS, LOTS, Taksonomi Bloom, Level Kognitif

Abstract

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) merupakan kompotensi yang dibutuhkan pada abad ke-21. HOTS peserta didik dapat dilatih dengan kegiatan penilaian seperti pada soal tes tertulis Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) dan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) menganalisis tingkat berpikir HOTS (2) menganalisis tingkat berpikir LOTS dalam soal Asesmen Sumatif Tengah Semester (ASTS) dan Asesmen Sumatif Akhir Semester (ASAS) Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1 Dramaga tahun ajaran 2022/2023 dan 2023/2024 berdasarkan taksonomi Bloom revisi Anderson dan Krathwohl disesuaikan dengan level kognitif Puspendik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah soal ASTS dan ASAS Bahasa Indonesia kelas VII di SMP Negeri 1 Dramaga yang berjumlah 275, sedangkan objek penelitiannya adalah soal dengan tingkat berpikir HOTS dan LOTS. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, dokumentasi, dan simak catat. Dari 275 pertanyaan, hasil analisis tipe HOTS atau level 3 penalaran, berjumlah 25 soal atau dengan persentase 9,09%, sedangkan tipe LOTS atau level 1 dan 2 berjumlah 250 pertanyaan atau dengan persentase 90,91%. Dari hasil analisis tersebut menjadikan penyusunan soal banyak menggunakan tingkat berpikir rendah atau LOTS, dibanding HOTS karena kurangnya pemahaman pendidik mengenai pembuatan soal HOTS dan menyesuaikan kondisi kognitif peserta didik yang masih lemah dalam berpikir tingkat tinggi.

References

Aisyah, N., Mania, S., Amin, M., Nur, F., &Angriani, A. D., (2021) Analisis Soal Matematika Berbasis HOTS dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Al Asma-Journal of Islamic Education, 3(2),223-231. DOI: https://doi.org/10.24252/asma.v3i2.24901

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2017). Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arifin, Z., & Retnawati, H. (2017). Pengembangan instrumen pengukur higher order thinking skills matematika siswa. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(01). 98-108. DOI: 10.21831/pg.v12i1.14058

Ariyana, Y., Pudjiastuti, A., Bestary, R., &Zamroni. (2021). Modul Belajar Mandiri Calon Guru PPK: Pembelajaran 3: Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Jakarta: Direktorat GTK Pendidikan Dasar, Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Chandra, D. Haryadi, D. (2020). Kemampuan Guru Bahasa Indonesia dalam Membuat Soal Tes Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) di SMP Sekecamatan Karangnunggal. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 16(1), 22-28. DOI: https://doi.org/10.25134/fjpbsi.v16i1.2338

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Banggai (2023). Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Menghadapi Abad 21. Diakses pada 10 Juni 2024 dari https://dikbudbanggai.id/read/183/paradigma-baru-kurikulum-merdeka-menghadapi-abad-21

Lubis, R. (2023). Mengulik Hasil PISA 2022 Indonesia: Peringkat Naik, tapi Tren Penurunan Skor Berlanjut. Diakses pada 30 Mei 2024, dari https://goodstats.id/article/mengulik-hasil-pisa-2022-indonesia-peringkat-naik-tapi-tren-penurunan-skor-berlanjut-m6XDt

Miterianifa, Ashadi, Saputro, S., & Suciati (2021). Higher Order Thinking Skills in the 21st Century: Critical Thinking. ICONS EAI. DOI: http://dx.doi.org/10.4108/eai.30-11-2020.2303766

Nafiati, D. A. (2021). Revisi taksonomi Bloom: Kognitif, afektif, dan psikomotorik. Humatika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. 21 (02). 151-172. DOI: 10.21831/hum.v21i2.29252

Nasir, M., & Muhammad. (2024) . Analisis Perkembangan Kurikulum di Indonesia: Masa Lalu, Kini, dan Masa Depan. LEARNING: Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran. 4(2), 228-236. DOI: https://doi.org/10.51878/learning.v4i2.2846

OECD, PISA. (2022). PISA Result Comparing Countries and Economies in Mathematics, Reading, Science. Diakses pada 30 Mei 2024, dari https://www.oecd.org/pisa/OECD_2022_PISA_Results_Comparing%20countries%E2%80%99%20and%20economies%E2%80%99%20performance%20in%20mathematics.pdf

Pratama, G. S., & Retnawati, H. (2018). Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conf. Series. 1-8

Rifana, R., Burhanudin, D., & Septiyanti, E. (2021). Analisis Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Bahasa Indonesia dalam Ujian Sekolah SMP Negeri 4 Dumai. Jurnal Bina Edukasi, 14(2), 121–129. DOI: https://doi.org/10.33557/jedukasi.v14i2.1582

Setiawati, W. Asmira, O. Ariyana, Y. Bestary, R. &Pudjiastuti, A. (2019). Buku Penilaian Berorientasi Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sisdiana, E., Soraya, Listiawati, N., Astuti, R., Nuraini, F., Rakhmah, D. N., Hariyanti, E., Martini, A. I. D., Fujianita., &S., Arriani, F. (2020). Bunga Rampai Pelaksanaan Kurikulum 2013. Jakarta: Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Wahyudin, D. Subkhan, E. Malik, M. Sudiapermana, E. Alhapip, L. Anggraena, Y. Maisura, R. Amalia, N. Solihin, L. Ali, N., & Krisna, F. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Pusat Penilaian Pendidikan (2019). Panduan Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan.

Published
2024-08-12
How to Cite
Yandra, B. R., Meliasanti, F., & Huri, D. (2024). Tinjauan Tipe HOTS dan LOTS dalam Soal ASTS serta ASAS Bahasa Indonesia Tahun 2022-2024. Jurnal Ilmiah FONEMA, 7(1), 61-77. https://doi.org/10.25139/fn.v7i1.8633
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)