Efektifitas Model Pembelajaran ROPES Terhadap Keterampilan Menulis Resensi Film Pendek pada Siswa Kelas XI


Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran ROPES dengan berbantu media YouTube terhadap keterampilan menulis resensi film pendek "Aku Penggerak Mimpi" pada siswa kelas XI SMK Budi Mulia Karawang. Masalah yang ada di sekolah ini adalah guru kurang mampu dalam memilih model dan media pembelajaran Bahasa Indonesia, serta rendahnya minat dan motivasi siswa dalam menulis. Penelitian ini menggunak pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Dua kelompok di uji dua kali: sebelum dan sesudah perlakuan. Tujuannya adalah untuk membandingkan hasil belajar dua kelas, yaitu kelas XI AKT 1 sebagai kelas kontrol dan TKJ 1 sebagai kelas eksperimen. Perlakuan tersebut berupa penerapan model pembelajaran ROPES dengan berbantu media YouTube pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan model konvensional dengan berbantu media YouTube. Análisis data menggunakan uji prasyarat berupa uji normalitas, uji homogenitas, uji N-Gain, dan Uji Hipotesis dengan menggunakan uji t. Setelah dilakukan uji prasyarat diperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal dan homogen, dan pada uji hipotesis diperoleh hasil thitung > ttabel (9,408 > 2,006) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak berarti. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran ROPES dengan berbantu media YouTube efektif digunakan untuk pembelajaran keterampilan menulis film pendek.
References
Ainun Ufah. H. (2020). Langkah-langkah yang Perlu Diperhatikan dalam Resensi Film. Bogor: Pustaka Taman Ilmu.
Anggraeni, K. (2017). Efektivitas Model Menulis Kolaborasi Dengan Media Big Book Terhadap Keterampilan Menulis Kreatif. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 1–10. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.590.
Majid Abdul. (2011). Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung:PT Remaja Rosda Karya.
Rahmasari, H. (2021). Penggunaan Media YouTube sebagai Solusi Media Pembelajaran Bahasa Arab di Masa Pandemi. Maharaat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 3(1), 23–41. https://doi.org/10.18196/mht.v3i1.11362.
Siddik Mohammad. (2016). Dasar-dasar Menulis dengan Penerapannya. Malang: Tunggal Mandiri Publishing.
Suherli., dkk. (2014). Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.
Sugiyono. (2019). Metodelogi Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sutikno Sobri. (2019). Metode dan Model-model Pembelajaran. Lombok: Holistic Lombok.
Utami, S. elvira, Tiwana, E., Alfauzi, E., & Maharani, I. (2023). Analisis Kemampuan Menulis Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas X Smk Alwashliyah Pasar Senen Medan. Pedagogi: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.47662/pedagogi.v9i1.537
Warsidi Edi. (2019). Resensi Buku, Apa dan Bagaimana Tekniknya. Bekasi: Mitra Utama CV.

Jurnal Ilmiah Fonema by http://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/pbs is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.