Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Desain Interior Terhadap Kepuasan Konsumen di Eicy Cafe Surabaya

  • Rany Zogara Ilmu Administrasi Bisnis
  • Fedianty Augustinah F
  • D Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 110 , Full Text downloads: 126
Keywords: Kualitas Pelayanan, Desain Interior, Kepuasan Konsumen

Abstract

Eicy Café Surabaya merupakan salah satu tempat nongkrong kekinian terkenal di Surabaya yang menyediakan beragam jenis makanan dan minuman. Lokasi usaha kafe ini sangat strategis karena berada disekitar area pendidikan di daerah Manyar Jaya, Kota Surabaya. Kafe ini memiliki tempat tersendiri di hati pelanggan setianya. Namun, keunggulan yang ditawarkan di Kafe ini dirasa belum optimal dan hal tersebut dapat mempengaruhi faktor kepuasan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan desain interior ruangan terhadap kepuasan konsumen yang ada. Jenis penelitian ini adalah Metode Analisis Kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan dari Eicy Café Surabaya dan sampel yang diambil adalah 30 responden. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah accidental sampling. Metode analisis yang diambil menggunakan uji normalitas, uji autokorelasi, uji multikolonearitas, uji heteroskedastisitas dan uji linearitas dengan program aplikasi SPSS. Pada pengujian hipotesis berdasarkan aplikasi SPSS, hasil dari uji F menunjukan bahwa tingkat signifikan adalah 0,021 yaitu lebih kecil dari 0,05 sehingga berpengaruh secara simultan. Pada Uji T, didapatkan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 sehingga dapat dinyatakan bahwa semua variabel berpengaruh secara positif. Untuk pengujian Koefisien Determinasi, menunjukan bahwa pengaruh variabel kualitas pelayanan dan desain interior terhadap kepuasan konsumen adalah sebesar 84%.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Desain Interior, Kepuasan Konsumen

 
Published
2023-11-04
How to Cite
Zogara, R., Augustinah, F., & Ferriswara, D. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Desain Interior Terhadap Kepuasan Konsumen di Eicy Cafe Surabaya. Soetomo Administrasi Bisnis, 215-230. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sab/article/view/7249