Studi Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Harga terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Sembako Madura Aura Jaya Surabaya


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan harga terhadap keputusan
pembelian pada Toko Sembako Madura Aura Jaya Surabaya, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian
ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode penelitian kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah
pelanggan yang telah melakukan pembelian di Toko Sembako Madura Aura Jaya Surabaya lebih dari satu kali
pada bulan Juni 2024 sampai dengan Juli 2024. Jumlah sampel sebanyak 96 responden yang diperoleh melalui
penyebaran kuesioner. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dalam mengumpulkan
responden serta menggunakan rumus Lemeshow untuk menentukan sampel karena jumlah populasi penelitian
ini tidak diketahui. Selanjutnya, data dianalisis menggunakan uji instrumen, uji asumsi klasik, analisis regresi
linier berganda, uji t, uji F, serta uji koefisien determinasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas
pelayanan dan harga memiliki pengaruh, baik secara parsial maupun simultan terhadap keputusan pembelian
pada Toko Sembako Madura Aura Jaya Surabaya. Nilai t hitung variabel kualitas pelayanan (X1) adalah 2,904,
dan variabel harga (X2) adalah 3,221. Hasil F hitung sebesar 9,842, dan nilai koefisien determinasi (R2) adalah
15,7%.