Evaluasi Program Keluarga Harapan Pada Sektor Pendidikan
(Studi Pada Sekolah SMPN 1 Adonara, Desa Sagu Kabupaten Flores Provinsi Nusa Tenggara Timur)


Abstract
Program Keluarga Harapan (PKH) merupakan program yang dibuat sebagai upaya percepatan penanggulangan kemiskinan. PKH membuka akses keluarga miskin terutama ibu hamil dan anak untuk memanfaatkan berbagai fasilitas layanan kesehatan (Faskes) dan fasilitas layanan pendidikan (Fesdik) yang tersedia di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi Program Keluarga Harapan (PKH) pada bidang pendidikan di Desa Sagu serta untuk mengetahui apa faktor pendukung dan penghambat Program Keluarga Harapan terhadap bidang pendidikan di Desa Sagu. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan subjek peneliti adalah pihak Pemerintah Desa Sagu, pihak pendidikan SMPN 1 Adonara di Desa Sagu, dan pihak penerima program yaitu Desa Sagu. Data yang diperoleh melalui data primer yaitu wawancara dan data sekunder melalui dokumen. Penelitian ini menggunakan teori evaluasi menurut William N. Dunn. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Program Keluarga Harapan (PKH) pada bidang pendidikan melalui efektifitas, kecukupan, pemerataan, responsivitas, sudah terlaksanakan dengan baik akan tetapi masih ada yang belum sesuai dengan program tersebut. Adapun faktor pendukung dalam pengelolaan ini adalah tingginya partisipasi pemerintah Desa Sagu serta masyarakatnya. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya kesadaran masyarakat tentang kewajiban pembayaran sekolah dan akibat kebutuhan orang tua.
Kata Kunci: Evaluasi Program, Program Keluarga Harapan, Sektor Pendidikan