Collaborative Governance pada Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMAN 16 Surabaya

  • Retno Yuniarti Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Aris Sunarya Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 109 , Full Text downloads: 42
Keywords: Collaborative Governance, manajemen mutu, kualitas pendidikan

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengamati proses dan faktor-faktor Collaborative Governance pada manajemen mutu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 16 Surabaya Metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori Collaborative Governance menurut Ansell and Gash (2007) digunakan sebagai kajian analisis dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa Collaborative Governance pada manajemen mutu dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 16 Surabaya sudah berjalan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan posisi rating saat penerimaan siswa. yang cukup signifikan yang didorong dengan adanya partisipasi dari para stakeholders yang terlibat dalam kolaborasi ini terbilang aktif dengan komitmen yang tinggi serta adanya program-program terintegrasi yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata Kunci : Collaborative Governance, manajemen mutu, kualitas pendidikan

Published
2024-10-20
How to Cite
Retno Yuniarti, Sri Roekminiati, & Aris Sunarya. (2024). Collaborative Governance pada Manajemen Mutu Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SMAN 16 Surabaya. Soetomo Administrasi Publik , 2(2), 467 - 474. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/9174
Section
Article