Penerapan Good Governance Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Posyandu Lansia Di Desa Pandiyangan Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang

  • Moh. Ekky Satrio Kamal Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Sri Roekminiati Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Nihayatus Sholichah Fakultas Ilmu Administrasi, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 139 , Full Text downloads: 82
Keywords: penerapan, good governance, posyandu lansia

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengamati penerapan good governance dalam meningkatkan pelayanan publik melalui posyandu lansia di desa Pandiyangan Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang. Metode deskriptif kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori good governance menurut Sedarmayanti (2014: 5) digunakan sebagai kajian analisis dalam penelitian ini. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan good governance dalam pelayanan publik melalui Posyandu Lansia di Desa Pandiyangan Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang sudah disesuaikan dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan partisipasi para lansia ke posyandu dan adanya keterbukaan informasi tentang kegiatan posyandu. Penerapan prinsip good governance secara optimal akan mampu meningkatkan kinerja pemerintahan yang ada dan akan memberikan nilai yang baik pada pelayanan publik di mata masyarakat.

Kata Kunci: penerapan, good governance, posyandu lansia

Published
2024-10-20
How to Cite
Moh. Ekky Satrio Kamal, Sri Roekminiati, & Nihayatus Sholichah. (2024). Penerapan Good Governance Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Melalui Posyandu Lansia Di Desa Pandiyangan Kecamatan Robatal Kabupaten Sampang. Soetomo Administrasi Publik , 2(2), 475 - 484. Retrieved from https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/sap/article/view/9175
Section
Article

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>