Pengaruh disiplin kerja, budaya organisasi, dan kompensasi terhadap kinerja pegawai melalui kepuasan kerja sebagai variabel intervening pada dinas kelautan dan perikanan provinsi jawa timur

  • Universitas dr Soetomo
Abstract views: 888 , PDF downloads: 1557

Abstract

Kinerja pegawai pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Utama belum memenuhi standar. Terdapat beberapa pegawai yang kurang disiplin seperti datang terlambat, pulang lebih awal, serta terlambat kembali ke mejanya setelah jam istirahat selesai. Dan untuk mengatasi hal-hal tersebut atau pelanggaran tersebut belum ada sanksi tegas, juga tingkat ketidakhadiran yang masih cukup menonjol setiap bulannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa Pengaruh Disiplin Kerja, Budaya Organisasi, dan Kompensasi terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja sebagai variavel intervening Pada Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur. Tipe penelitian ini menggukan metode kuantitatif dengan Analisa SEM dibantu tool AMOS 23.0. berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa Disiplin kerja, budaya organisasi, dan kompensasi memiliki pengaruh secara langsung dan signifikan positif terhadap kepusan kerja karyawan pada Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Kepuasan kerja pegawai memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap kinerja pegawai pada Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Disiplin kerja, budaya organisasi, dan kompensasi memiliki pengaruh secara langsung dan signifikan positif terhadap kinerja karyawan pada Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Jawa Timur, Disiplin kerja, budaya organisasi, dan kompensasi memiliki pengaruh secara tidak langsung yang signifikan positif terhadap kinerja karyawan yang dimediasi oleh kepuasan kerja karyawan.

Kata kunci: disiplin kerja; budaya organisasi; kompensasi; kepuasan kerja dan kinerja.

References

Abdullah, M. 2014. Manajemmen dan Evaluasi Kinerja Karyawan. Aswaja Pressindo. Yogyakarta

Bangun, W. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 5 Jilid 1. Erlangga. Jakarta.

Darmadi, H. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Edisi Revisi Alfabeta. Bandung.

De Leon, M. V., Atienza, R. P., & Susilo, D. 2020. Influence of self-service technology (SST) service quality dimensions as a second-order factor on perceived value and customer satisfaction in a mobile banking application. Cogent Business & Management, 7(1), 1794241.

Fathoni, A. 2012. Organisasi dan Manajemen Sumber Daya Manusia. Rineka Cipta. Jakarta.

Gaol, L.J. 2014. Human Capital Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi Kompas Gramedia. Jakarta

Ghozali, I. 2008. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Edisi 5 Jilid 1. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang

_________. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 4 Jilid 1t. Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

_________. 2011. Aplikasi Analisa Multivariate Dengan Program IBM SPSS. 19 Edisi 1 Jilid 1. Universitas Diponegoro. Semarang.

_________ 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 24 Update PLS Regresi. Edisi 7 Jilid 1. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.

Handoko, T. H. 2012. Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2 Jilid 2. BPEE. Yogyakarta.

Hair, J.F., Hult, G.T., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2014). A primer on partial least squares structural equation modelling (PLS-SEM), 60-78.

Khoza, N., N. Chetty., and A.N. Karodia. 2016. Impact of Leadership Style on Employee Performance in the Forensic Science Laboratory of TheSouth African Police Service in Amanzimtoti. Journal of Business and Management Review.6(1): 2-25.

Mangkunegara,A.A.A. P. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Mathis, R. L., and J. H. Jackson. 2016. Human Resource Management. Edisi 10 Jilid 3. Salemba Empat. Jakarta.

Moeheriono. 2012. Pengukuran Kinerja Berbasis Kompetensi. Edisi Revisi. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Muljani, N. 2002. Kompensasi sebagai Motivator untuk Meningkatkan Kinerja Pegawai. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan. 4(2): 113

Nawawi, H. 2011. Evaluasi dan Manajemen Kinerja di Lingkungan Perusahaan dan Industri. Edisi 5 Jilid 3. Gadjah Mada University Press. Yogyakarta.

Permatasari, R.,dan M. Usman. 2008, Penutupan Diastema dengan Menggunakan Komposit Nanofiller, Indonesian. Journal of Dentistry 15(3): 239-246.

Saluy, A.B., dan Y. Treshia. 2015. Pengaruh Motivasi Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus Di Perusahaan PT IE).Jurnal Management. 1(1): 56-57.

Sari, N.N.P. 2015. Pengaruh Budaya Organisasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Bagian Kantor Pada PT. PLN (Persero) Area Pekanbaru Rayon Kota Timur. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis. 1(1): 7-15.

Sekaran, U. 2011. Research Methods for Business Edisi 1 dan 2 Jilid 3. Salemba Empat. Jakarta.

Siagian, S.P. 2004. Prinsip-prisip Dasar Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi1 Jilid 3. Penerbit Binarupa Aksara. Jakarta.

Sukesi (2008) Puas !! Layanan Publik PDAM Surabaya pada Pelanggannya. Cetakan Pe. Lutfansah Mediatama. Available at: http://repository.unitomo.ac.id/95/.

Sunyoto, D. 2015. Manajemen dan Pengembangan Sumber Daya Manusia.Edisi 1 Jilid 2. Cetakan Pertama. CAPS (Center for Academic Publishing Service). Yogyakarta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Edisi 1 Jilid 1 Afabeta. Bandung.

Sukesi and Limantara, L. M. (2019) ‘Typology Analysis of Urban Behavior and its Impacts Due to the Target Cities’, International Journal of Innovative Technology and Exploring Engineering (IJITEE), 8(11), pp. 1851–1860. Available at: https://www.ijitee.org/wp-content/uploads/papers/v8i11/K18030981119.pdf .

Sutrisno., A. Fathoni., dan M.M. Minarsih. 2015. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang.Jurnal Manajemen. 2(2): 3-11.

Sutrisno, E. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi 1. Jilid3. Kencana Prenada Media Group. Jakarta.

Thaief, I., A. Baharuddin., dan M. S. Idrus. 2015. Effect of Training, Compensation and Work Discipline against Employee Job Performanc (Studies in The Office of PT. PLN (Persero) Service Area and Network Malang). Journal Management.7(11): 4-11.

Published
2021-01-31
Section
Articles