Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Dan Kualitas Pelayan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Kepuasan Pelanggan Sebagai Intervening Pada Minimarket Alfamart Di Surabaya

  • Rudy Irnawanto Universitas Dr. Soetomo
  • Sri Utami Ady Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 244 , PDF downloads: 533

Abstract

Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan pada Minimarket Alfamart di Surabaya; serta untuk menganalisis pengaruh kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Minimarket Alfamart di Surabaya; dan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Minimarket Alfamart di Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Populasi sampel dalam penelitian ini adalah konsumen yang melakukan pembelian di Minimarket Alfamart di Surabaya. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini juga dilakukan dengan metode studi literatur dengan metode penyebaran kuesioner. Analisis data menggunakan Path Analisis. Hasil analisis dapat diambil kesimpulan bahwa Kualitas produk dan Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan pada Minimarket Alfamart di Surabaya; dan Kepuasan pelanggan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Minimarket Alfamart di Surabaya; sedangkan Kualitas produk dan Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan pada Minimarket Alfamart di Surabaya; serta Kualitas produk dan Kualitas pelayanan berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan pada Minimarket Alfamart di Surabaya.

References

Ghozali, I. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Griffin, Jill 2003. Customer Loyalty : Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan Pelanggan. Edisi revisi dan terbaru. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Hartono, R. 2018. “Analisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan sebagai Variabel Intervening di toko kalimas”. AGORA 6, (2) : 1-5

Herlina., Diputra Thing Thing. 2018. Implementasi Rumus Sobel Pada Web Dengan Topik Regresi Linier Menggunakan Variabel Intervening [Online]. Vol 1 halaman 21. Tersedia https://journal.ubm.ac.id/index.php /alu/article/view/1106

Kotler, Philip dan Keller, K. L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta:Erlangga

Kotler., P., Armstrong., dan Garry. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid 1, Erlangga, Jakarta. Linda P. 2016. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan

Pelanggan(Studi Kasus Waroeng Spesial Sambal “SS” Purwokerto)”. Skripsi thesis, IAIN

Purwokerto.

Nurlita Lea Kusuma Wardani. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Kepuasan Konsumen di Angkringan Sepanjang Jalan Baru Ponorogo”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Parasuraman. A., Leonard. L., Berry, And Valarie A. Zeithaml. 1988. A Conceptual Model Of Services Quality And Its Implications For Future Research. Journal Of Marketing, Vol. 49, P.41-50.

Putro, S. W. 2014. “Pengaruh Kualitas Layanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Konsumen Restoran Happy Garden”. Jurnal Strategi Pemasaran. 2 (1).

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet. Sutisna, 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Cetakan Ketiga. Bandung:

PT. Remaja Rosdakarya.

Tjiptono F. 2008. Strategi Pemasaran, Edisi III, Yogyakarta : CV. Andi Offset

Tjiptono, F. 2000. Strategi Bisnis Modern. Edisi Pertama, Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, F. 2006. Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset

Tjiptono, F. 2007, Strategi Pemasaran. Edisi ke dua, penerbit Andi, Yogyakarta.

Tjiptono, F., dan G. Chandra. 2005. Service, Quality, & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi Wardani, E. T. Kusuma. 2018. “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Pelayanan Terhadap

Kepuasan Pelanggan Serta Implikasinya Pada Loyalitas Pelanggan (Studi pada

pelanggan Curva Sud Shop Alamat Ruko Delima No. 1, jalan Delima Raya, Condongcatur, Depok)”. Other thesis, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta.

Published
2022-11-22
Section
Articles