Pengaruh Brand Image Terhadap Purchase Decision Dengan Brand Love Dan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Kosmetik Di Surabaya

  • Johan Hari Sukwanto Universitas Dr. Soetomo
  • Sri Handini Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 41 , PDF downloads: 79

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu tahapan bagi konsumen sebelum melakukan pembelian suatu produk. Keberadaan merek atau brand dianggap sebagai pilar bisnis sehingga dapat menarik minat konsumen untuk memakai suatu produk termasuk dalam bisnis produk kecantikan. Indonesia diperkirakan akan menjadi pasar kosmetik terbesar kelima di dunia pada 10-15 tahun mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap purchase decision dengan brand love dan word of mouth sebagai variabel intervening pada pengguna kosmetik perawatan wajah di Surabaya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kausal. Variabel yang digunakan adalah brand image sebagai variabel bebas, brand love dan word of mouth sebagai variabel intervening, dan purchase decision sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait variabel yang digunakan dalam penelitian. Sampel penelitian adalah pengguna kosmetik perawatan wajah di Surabaya sebanyak 140 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik accidential sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang dipilih untuk menganalisis data dan menguji hipotesis adalah The Structural Equation Model (SEM).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh terhadap brand love. Brand image berpengaruh terhadap word of mouth. Brand image berpengaruh terhadap purchase decision. Brand love berpengaruh terhadap word of mouth. Brand love berpengaruh terhadap purchase decision. Word of mouth berpengaruh terhadap purchase decision. Terdapat pengaruh signifikan Brand Image terhadap purchase decision melalui Brand Love. Terdapat pengaruh signifikan Brand Image terhadap purchase decision melalui Word of Mouth pada pengguna kosmetik perawatan wajah di Surabaya.

References

Agustin & Syapsan (2020:25-44) “The Effect of Brand Image and Service Quality on Purchase Decision With Word of Mouth as Mediation Variable at Prof. Dr. Tabrani Hospital Pekanbaru” IJEBA: International Journal of Economic,Business and Applications. p-ISSN: 2477- 1244, e-ISSN: 2477-1236

Albert, N., Merunka, D., & Valette-Florence, P. (2008). When consumers love their brands: Exploring the concept and its dimensions. Journal of Business Research, 61(10), 1062–1075.

https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2007.09.014

Carroll, B. A., & Ahuvia, A. C. (2006). Some antecedents and outcomes of brand love. Marketing Letters, 17(2), 79–89. https://doi.org/10.1007/s11002- 006-4219-2

Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen (3rd ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. 21 Update PLS Regresi. BP Universitas Diponegoro.

Giantari, I., Utama, I., & Wardani, N. (2020). Peran Brand Love Memediasi Pengaruh Brand Image Terhadap Word of Mouth. Juima: Jurnal Ilmu Managemen, 10(1), 54–61.

Islam, A. D. D. (2020). Pengaruh Brand Love Terhadap Word of Mouth Serta Dampaknya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Muda. Jurnal Ilmu Manajemen, 5(2), 140–152.

Ismail dan Spinelli (2012) à “Effects of brand love, personality and image on word of mouth: The case of fashion brands among young consumers”

Kotler, P., & Amstrong, G. (2016). Dasar-dasar Pemasaran (1st ed.). Erlangga.

Kotler, P., & Amstrong, G. (2018). Principles of Marketing (15th ed.). Pearson Education.

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Pretice Hall, Inc.

Naufal, M. H., & Maftukhah, I. (2017). Pengaruh Brand Image dan Brand Love terhadap Purchase Decision melalui Word of Mouth. Management Analysis Journal, 6(4), 377–387. https://doi.org/10.15294/maj.v6i4.15121

Pratminingsih, S. A., Astuty, E., & Mardiansyah, V. (2019). The influence of electronic word of mouth and brand image on buying decision. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems, 11(3 Special Issue), 995–1002.

Satria, H. W., & Hidayat, D. P. (2018). Does Brand Love and Brand Image Have a Strong Impact on Word of Mouth? (Evidence from the Indonesian Vocational School). KnE Social Sciences, 3(11), 320. https://doi.org/10.18502/kss.v3i11.2770

Sukesi, S., & Prasadio Akbar Hidayat, W. G. (2019). Managing The Halal Industry And The Purchase Intention Of Indonesian Muslims: The Case of

Sekaran, Uma dan Roger Bougie, (2017), Metode Penelitian untuk Bisnis: Pendekatan Pengembangan-Keahlian, Edisi 6, Buku 1, Cetakan Kedua, Salemba Empat, Jakarta Selatan 12610.

Published
2022-11-24
Section
Articles