Pengaruh Brand Image Terhadap Purchase Decision Dengan Brand Love Dan Word Of Mouth Sebagai Variabel Intervening Pada Pengguna Kosmetik Di Surabaya

  • Johan Hari Sukwanto Universitas Dr. Soetomo
  • Sri Handini Universitas Dr. Soetomo
Abstract views: 3 , PDF downloads: 5

Abstract

Keputusan pembelian merupakan suatu tahapan bagi konsumen sebelum melakukan pembelian suatu produk. Keberadaan merek atau brand dianggap sebagai pilar bisnis sehingga dapat menarik minat konsumen untuk memakai suatu produk termasuk dalam bisnis produk kecantikan. Indonesia diperkirakan akan menjadi pasar kosmetik terbesar kelima di dunia pada 10-15 tahun mendatang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand image terhadap purchase decision dengan brand love dan word of mouth sebagai variabel intervening pada pengguna kosmetik perawatan wajah di Surabaya baik secara langsung maupun tidak langsung.

Jenis penelitian ini yaitu menggunakan penelitian kausal. Variabel yang digunakan adalah brand image sebagai variabel bebas, brand love dan word of mouth sebagai variabel intervening, dan purchase decision sebagai variabel terikat. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan-pertanyaan terkait variabel yang digunakan dalam penelitian. Sampel penelitian adalah pengguna kosmetik perawatan wajah di Surabaya sebanyak 140 responden. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik accidential sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner. Teknik analisis yang dipilih untuk menganalisis data dan menguji hipotesis adalah The Structural Equation Model (SEM).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa brand image berpengaruh terhadap brand love. Brand image berpengaruh terhadap word of mouth. Brand image berpengaruh terhadap purchase decision. Brand love berpengaruh terhadap word of mouth. Brand love berpengaruh terhadap purchase decision. Word of mouth berpengaruh terhadap purchase decision. Terdapat pengaruh signifikan Brand Image terhadap purchase decision melalui Brand Love. Terdapat pengaruh signifikan Brand Image terhadap purchase decision melalui Word of Mouth pada pengguna kosmetik perawatan wajah di Surabaya.

Published
2022-11-24
Section
Articles