PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ULANG MELALUI KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA PRODUK KERTAS BUNGKUS NASI MERK DUA ELANG PT TEMA WADAH LESTARI DI KABUPATEN MALANG

  • Agus Suryo Atmojo Universitas Dr Soetomo
Abstract views: 10 , PDF Journal downloads: 11
Keywords: Bauran Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Keputusan Pembelian Ulang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh produk terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh harga terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh promosi terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh tempat terhadap kepuasan pelanggan, pengaruh produk terhadap keputusan pembelian ulang, pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ulang, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian, pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian ulang, pengaruh kepuasan pelanggan terhadap keputusan pembelian ulang, pengaruh produk terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan, menganalisis pengaruh harga terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan, pengaruh promosi terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan, dam pengaruh tempat terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan pada produk kertas bungkus nasi merk Dua Elang PT Tema Wadah Lestari di Kabupaten Malang. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Surabaya dan Malang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh agen dan distributor PT Tema Wadah Lestari dengan jumlah yang belum diketahui secara pasti.. Sampel penelitian ini menggunakan simple random sampling dan perhitungannya menggunakan teori dari Hair et al, jumlah sampling sebanyak 115 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket/kuesioner. Data penelitian ini dianalisis menggunakan metode statistik dengan permodelan Structural Equation Modelling (SEM) Partial Least Square (PLS). Penelitian ini menyimpulkan bahwa Produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pelanggan, produk, harga, promosi, tempat, dan kepuasan pelanggan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang, Produk, harga, promosi, dan tempat berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian ulang melalui kepuasan pelanggan.

References

Akbar, N. F., & Nurcholis, L. (2020). Pengaruh Lokasi, Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening Studi kasus pada Furniture di Rangga Jaya Mebel Jepara. Prosiding Konferensi Ilmiah Mahasiswa Unissula (KIMU) 3, Universitas Islam Sultan Agung, Semarang, 28 Oktober 2020.Apriani (2022)
Dhita, S. G., Mukson., & Setiadi, A. (2022). Pengaruh Marketing Mix 7P terhadap Kepuasan dan Loyalitas Konsumen Produk Olahan Kopi Espresso di Kota Semarang. Jurnal Ekonomi Pertanian dan Agribisnis (JEPA), 6(1), 175-188.
Febriansyah., & Triputra, G. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian Ulang dengan Kepuasan Konsumen sebagai Variabel Intervening. Jurnal Bisnis Darmajaya, 7(1), 70-88.
Herawati, H., & Muslikah. (2019). Pengaruh Promosi dan Desain Kemasan terhadap Keputusan Pembelian Sariayu Putih Langsat Studi Kasus pada Factory Outlet PT. Martina Berto Tbk. Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(1).
Imtihan., & Irwandi. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Ikan Asin di Kota Padang. J. Sosek KP, 16(1), 75-87.
Indrasari, M. (2019). Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan. Surabaya: Unitomo Press.
Inoni, O. R. (2021) Customer Satisfaction and Repurchase Decision: Evidence from Fast Food Restaurants. Izvestiya Journal of Varna University of Economics, 65 (3), 309-329.
Kencana, P. N. (2018). The Effect of Price and Product Quality on Customer Satisfaction. Pinisi Discretion Review, 2(1), 53-60.
Kotler, P. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhalindo.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Marlina, D., Wardi, Y., & Patrisia, D. (2018). Effect of Marketing Mix on Customer Satisfaction and Loyalty PT.TIKI PadangBranch. Advances in Economics, Business and Management Research, 64.
Priyanto, M., & Sudrartono, T. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang Aksesoris Pakaian di Toko Mingka Bandung. Value Jurnal Ilmiah Akuntansi Keuangan dan Bisnis, 2(1), 57-66.
Steven., Winoto, H., & Purnama, E. D. (2021). The Effect of Price Policy and Experiential Marketing on Repurchase Intention Mediated by Customer Satisfaction (Study at PT. Maybank Indonesia Finance Regional Jakarta). International Journal of Science, Technology & Management.
Sumarlinah, Y., Sukesi, & Sugiyanto. (2022). The Role of Digital Marketing, Service Quality, Product Quality on Purchasing Power through the Satisfaction of Probolinggo MSME Followers during the Covid-19 Pandemic. International Journal of Applied Business and International Management (IJABIM), 7(1), 96-105.
Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: CV Andi
Wardani, I. Y., Ruspitasari, W. D., & Handoko, Y. (2022). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi Penjualan terhadap Keputusan Pembelian Ulang melalui Kepuasan Pelanggan pada 200 Cafe and Food di Kota Malang. JUBIS, 3(2), 89-100.
Winata, E. (2020). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Ulang Pulsa pada Kartu Simpati Telkomsel (Studi kasus pada mahasiswa STIM Sukma Medan). Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 8(2), 25-32.
Yunila., Pariama, M. & Apriani, N. (2022). Pengaruh Promosi, Kualitas Layanan, dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Ulang pada Mbakoy Coffee Unaaha. JURNAL PROMOSI: Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro.
Published
2024-03-04
Section
Articles