PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERIZINAN BERUSAHA TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT MELALUI PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI (APLIKASI JOSS) SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI DPMPTSP PROVINSI JAWA TIMUR

  • Nawang Wulan Dyah Puspitasari
  • Daniel Gunarto Program Studi Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Dr. Soetomo Surabaya, Indonesia
Abstract views: 11 , PDF Journal downloads: 10
Keywords: Kualitas Pelayanan, Penggunaan Teknologi Informasi, Kepuasan Masyarakat

Abstract

Berdasarkan pada hasil penelitian ini mempunyai maksud dan tujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan perizinan berusaha terhadap kepuasan masyarakat, dengan mempertimbangkan penggunaan teknologi informasi sebagai variabel intervening. Responden penelitian ini berjumlah 331 responden dari masyarakat yang menggunakan layanan DPMPTSP Jawa Timur maupun service point di Bakorwil. Responden diberi pertanyaan melalui kuesioner yang kemudian dilakukan analisis Structural Equation Modelling (SEM) melalui metode Partial Least Square (PLS) dan dibantu dengan penggunaan software berupa SmartPLS4 menghasilkan korelasi antara variabel konstruk sesuai dengan tujuan penelitian ini diselenggarakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa terdapat pengaruh dari Kualitas Pelayanan terhadap Penggunaan Teknologi Informasi dan memiliki pengaruh terhadap konstruk Kepuasan Masyarakat. Namun saat Penggunaan Teknologi Informasi menjadi variabel intervening tidak memiliki pengaruh terhadap konstruk variabel Kepuasan Masyarakat. Bahwa Penggunaan Teknologi Informasi dapat menjadi mediasi antara Konstruk Kualitas Pelayanan dengan Kepuasan Masyarakat.

References

Agarwal, B. B., Tayal, S. P., & Gupta, M. (2010). Software Engineering and Testing. Jones & Bartlett Learning.
Akbar, Purnomo Sudyadi. 1998. Metodologi Penelitian Sosial. Bumi Aksara. Jakarta;
Albrecht dan Zemke & Schaaf (1990), The Service Edge. Press New York;
Algifari. 2017. Mengukur Kualitas Layanan Dengan Indeks Kepuasan, Metode Importance Analysis (IPA), dan Model Kano. BPFE: Jakarta
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. 2023. Hasil Survey: Pengguna Internet di Indonesia 2022 – 2023;
Edison, Anwar dan Komariyah (2016:142), Manajemen Sumber Daya Manusia. Alfabeta. Bandung;
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Edisi 8). Cetakan ke VIII. Badan Penerbit : Semarang.
Gala Pamungkas, 2023. Pengaruh Implementasi Teknologi Informasi dan Iklim Organisasi Terhadap Kinerja Pegawai Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening di Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan.
Haryono, S. (2017). Metode SEM untuk Penelitian Manajemen AMOS Lisrel PLS. Jakarta: Luxima Metro Media
Hendri. 2022. Indeks Kepuasan Masyarakat Dalam Pelayanan Aparatur Sipil Negara (Studi Kasus di TPT Kantor Pelayanan Pajak Pratama Samarinda Ilir Kota Samarinda). eJournal Ilmu Pemerintahan Volume 10, Nomor 2, 2022.
Indriantoro, Nur. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE. Yogjakarta.
Instruksi Presiden Nomor 3 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-Government;
Irawan, A., Gunadi, G., Ratnasari, S. L., & Wibisono, C. 2015. Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening antara Kompetensi Pegawai dan Budaya Kerja terhadap Kepuasan Mitra di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi dan Manajemen Bisnis, 3(1), 56-65.
J. Moleong, M.A. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi revisi ; Cetakan ketiga puluh delapan, Juli 2018. PT Remaja Rosdakarya : Bandung.
James L. Perry (2015), Handbook of Public Administration. John Wiley & Sons, Inc;
John Rohr dan Terry L Cooper. (1986), The Responsible Administrator. John Wiley & Sons, Inc;
Kadir. (2013). Pengenalan Sistem Informasi. Jogjakarta: Andi.
Kementerian Investasi/BPKM. 2022. Realisasi Investasi;
Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 188/35/Kpts/013/2022 Tentang Tugas Kelompok Sub-Substansi dan Tugas Sub-Koordinator Di Lingkungan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2017. Manajemen Pemasaran. Edisi 1. Erlangga. Jakarta;
Krejcie and Morgan. 1970, “Determining Sample Size for Research Activities,” The NEA Research Bulletin, Vol. 38, hal. 99, December, 1960
Mahmuda Dana, Romi Saputra, Agung Nurrahman. 2022. Kompetensi Aparatur Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik Di Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Pesawaran Provinsi Lampung. Jurnal Pemerintahan dan Keamanan Publik, (JP dan KP) Vol. 4 No. 1, Februari 2022, 18-36 ISSN 2686-1836 (Print), ISSN 2716-0742 (Online).
Moh. Nazir, (2012), Metode Penelitian: Ghalia Indonesia;
Muliani, Heri Kusmanto, Indra Fauzan. 2022. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Perizinan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Provinsi Sumatera Utara. Histeria Jurnal Ilmiah Sosial Dan Humaniora Vol 1 No 2 Juli 2022.
Kusnadi, D., & Ma’ruf, J. (2017). Electronic Government Pemberdayaan Pemerintahan Dan Potensi Kelurahan (Studi Kasus: Kelurahan Pringsewu Selatan, Kecamatan Pringsewu, Pringsewu). Jurnal TAM (Technology Acceptance Model), 5(3): 37-44.
Pasuraman,. Wijaya, Tony, Manajemen Kualitas Jasa, (Jakarta: Salemba Empat 2011).
Peraturan Gubernur Provinsi Jawa Timur Nomor 95 Tahun 2021 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur:
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 26 Tahun 2022 Tentang Pendelegasian Wewenang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha Kepada Kepala Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 88 Tahun 2016 Tentang Kedudukan, Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Jawa Timur;
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 69 Tahun 2020 Tentang Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu Satu Pintu;
Peraturan Gubernur Jawa Timur Nomor 88 Tahun 2022 Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berusaha
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100 Tahun 2016 Tentang Pedoman Nomenklatur Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Provinsi Dan Kabupaten/Kota;
Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2006 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Pelayanan Terpadu SAtu Pintu;
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Survey Kepuasan Masyarakat Terhadap Penyelenggaraan Pelayanan Publik;
Peraturan Pemerintah No. 24 Tahun 2018 Tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik:
Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 Tentang Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Negara.
Peraturan Presiden Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik;
P. Sugiyono (2010), Metode Penelitian Bisnis. Bandung. CV Alvabeta, Bandung;
P. Sugiyono (2015), Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta. Bandung;
Regurius Roberto Loi, Gamosokhi Buulolo. 2021. Peranan Aparatur Sipil Negara Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik (Studi Kasus Kantor Camat Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan). Jurnal Governance Opinion , Volume 6 Nomor 2, Tahun 2021 (Oktober) ; 176-186.
Riggs, Fred W. (1996), Administrasi Pembangunan: Sistem Administrasi Dan Birokrasi. Raja Grafindo Persada
Sedermayanti. 2011. Manajemen Sumber Daya Manusia, Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil: Refika Aditama, Bandung
Sekaran, U. dan Bougie, R. (2016) Metode Penelitian untuk Bisnis Pendekatan Pengembangan Keterampilan. Edisi ke-7, Wiley & Sons, Sussex Barat
Asep Setiadi. 2018. Pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi Aparatur Terhadap Kualitas Pelayanan Publik;
Sholihin, Mahfud, & Dwi Ratmono. 2013. Analisis SEM-PLS Dengan WarpPLS.3.0. Penerbit Andi Stimson, RJ.,R.R. Stiugh and M. Salazar 2022 : Yogyakarta.
Siregar, Syofian. 2013. Metode Penelitian Kuatitatif : Dilengkapi Dengan Perbandingan Perhitungan Manual & SPSS. Kencana : Jakarta
Spencer dan Spencer (1993), Competence at Work, Models For Superior. Performance. Canada : John Wiley & Sons, Inc.;
Sugiyono. 2009. Metode Penilitian Kuantitatif Kaulitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung
Tjiptono, Fandy & Chandra, Gregorius. (2005). Service Quality & Statisfaction. Edisi II. Yogyakarta : Penerbit Andi.
Suharsimi Arikunto. 2019. Prosedur Penelitian. Rineka Cipta : Jakarta
Sukesi. 2019. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabetha.
Undang-Undang No. 25 Tahun 2007 Tentang Penanaman Modal;
Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik;
Undang-Undang No. 5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara;
Undang-Undang (UU) Nomor 5 tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara.
Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah.
Uno, Hamzah.B, dan Nina Lamatenggo. 2012. Teori Kinerja Dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Widayat dan Amirullah.2022. Metode Penelitian Pemasaran. CV. Cahaya Press. Malang.
Yulianingsih Ratna, Tuti Hartati dan Mawarta Onida Sinaga. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan Perizinan Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP). Jurnal Penelitian Politeknik Negeri Jakarta 2018.
Published
2024-03-19
Section
Articles