PENGARUH PROMOSI, REPUTASI, DAN KEMUDAHAN TERHADAP PENGGUNAAN E-WALLET DIMEDIASI KEPERCAYAAN PENGGUNA APLIKASI E-WALLET LINKAJA DI JAKARTA


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Promosi, Reputasi, dan Kemudahan terhadap penggunaan e-wallet dengan kepercayaan sebagai variabel mediasi pada pengguna aplikasi e-wallet Linkaja di Jakarta. Data primer yang digunakan berupa respond pengguna aplikasi e-wallet LinkAja di Jakarta mengenai Promosi, Reputasi, Kemudahan, Kepercayaan, dan Minat yang diperoleh melalui penyebaran kuisioner. Populasi penelitian adalah Pengguna aplikasi e-wallet LinkAja. Sampel sejumlah 100 orang diambil dengan Purposive sampling. Data dianlisis menggunakan SEM berbasis PLS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel promosi dan kepercayaan berpengaruh signifikan secara langsung terhadap minat, sedangkan variabel reputasi dan kemudahan tidak berpengaruh secara langsung terhadap minat. Variabel kemudahan dan promosi berpengaruh terhadap kepercayaan, sedangkan variabel reputasi tidak berpengaruh terhadap kepercayaan. Selain itu, hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kepercayaan mampu memediasi hubungan antara promosi terhadap minat, dan kepercayaan mampu memediasi hubungan antara kemudahan terhadap minat, serta kepercayaan tidak mampu memediasi hubungan antara reputasi terhadap minat.
References
[2]. Agustin, Cindy Ayu., Gracia, R. Hellianto. 2020. Pengaruh Reputasi Terhadap Minat Beli Produk Skincare Di Shopee. Jurnal Becoss. Volume 2(1).
[3]. Agustina, F. A. 2020. Pengaruh Struktur Jaminan, Persepsi Reputasi, Dan Desain Website Yang Mempengaruhi Kepercayaan Pengguna Internet Di Sistem E-Commerce. Tesis Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.
[4]. Agustino, Lalu., Ujianto., & Yousida, Imawati. 2021. Pengaruh Promosi, Persepsi Kemudahan Dan Persepsi Manfaat Terhadap Minat Penggunaan E-Wallet Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Mediasi Pada Pengguna E-Wallet Di Kota Banjarmasin. Jurnal KINDAI. Volume 17(3).
[5]. Aziz, Nazaruddin., Hendrastyo. F. S. 2019. Pengaruh Kualitas Layanan, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Nasabah Menabung Pada Bank SyariahCabang Ulak Karang Kota Padang. Jurnal Pundi. Volume 3(3).
[6]. Cahyono, A. T. & Rahmawanti, D. 2022. Pengaruh Pengetahuan, Reputasi, Religiusitas, dan Motivasi terhadap Minat Menabung pada PT Bank Syariah Indonesia KCP Bung Tomo. Jurnal Eksis Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Samarinda. Volume 18(1).
[7]. Irawan, M. R. N., Sayekti, L. I., & Ekasari, R. 2021. Pengaruh Fasilitas Wisata, Promosi Dan Harga Terhadap Minat Wisatawan Berkunjung Pada Wisata Wego Lamongan. Jurnal Ecopreneur.12. Volume 4(2).
[8]. Kotler, P., Amstrong. 2018. Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Jakarta: Salemba Empat.
[9]. Linda, Mey., Neni, M. Purba. 2020. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Masyarakat Terhadap Penggunaan Financial Teknologi Di Kota Batam. Jurnal EMBA. Volume 8(1).
[10]. Muthiāah, F., & Indrarini, R. 2023. Pengaruh Literasi, Kegunaan, dan Kemudahan Terhadap Minat Masyarakat Menggunakan Dompet Digital Syariah. Ad-Deenar: Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Islam. Volume 7(1).
[11]. Oktaviani, Sonia., Putri, A. D., & Handayani, M. A. 2022. Pengaruh Kepercayaan Dan Pengalaman Pembelian Terhadap Minat Beli Secara Online (Studi Kasus Pada Toko Online Lazada). SMART: Strategy of Management and Accounting through Research and Technology. Volume 2(1).
[12]. Putri, M.P., Lukiyana. 2023. Pengaruh Self Awareness dan Organizational Citizenship Behavior pada Kinerja Karyawan yang Dimoderasi Efektivitas Organisasi. Journal of Management and Business Review. Volume 20 (1).
[13]. Sugiyono. (2021). Metode penelitian kuantitatif kualitatif dan r&d. Bandung: Alfabeta.
[14]. Widiyanti, Wiwik. 2020. Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Penggunaan dan Promosi terhadap Keputusan Penggunaan E-wallet OVO di Depok. Moneter: Jurnal Akuntansi dan Keuangan. Volume 7(1).
[15]. Yanto, Widi., Ery, Baskoro., & Fitriani. 2020. Pengaruh Manfaat, Kemudahan Dan Keamanan Terhadap Minat Pemakaian Financial Technology Pada Aplikasi Ovo Sebagai Digital Payment (Study Kasus Mahasiswa Feb Universitas Muhammadiyah Metro). Jurnal Akuntansi AKTIVA. Volume 1(1).
[16]. Yudhistira, Vega., Patrikha, F. D. 2021. Pengaruh Promosi Penjualan Dan Brand Ambassadorterhadap Keputusan Pembeliandengan Variabel Kepercayaan Sebagai Mediator(Studi Pada Produk Fashion Onlinedi Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN). Volume 9(2).