PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN PEMOHON PERIZINAN USAHA MIKRO KECIL DENGAN KEPERCAYAAN MASYARAKAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Pada Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo)


Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan dan promosi terhadap kepuasan pemohon perizinan usaha mikro kecil dengan kepercayaan masyarakat sebagai variabel intervening pada Dinas Penananaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Sidoarjo. Data primer yang digunakan berupa respon pemohon perizinan usaha mikro kecil (UMK) yang hadir dalam kegiatan jemput bola perizinan terhadap kualitas pelayanan, promosi, kepuasan dan kepercayaan masyarakat yang diperoleh melalui penyeberan kuisioner. Populasi penelitian adalah pemohon perizinan UMK berjumlah 650 orang. Sampel berjumlah 450 orang diambil dengan metode purposive sampling. Data diolah dengan menggunakan SPSS.
Hasil menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemohon perizinan UMK. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemohon perizinan UMK. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan masyarakat. Kepercayaan masyarakat berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemohon perizinan UMK. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemohon perizinan UMK melalui kepercayaan masyarakat. Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pemohon perizinan UMK melalui kepercayaan masyarakat
References
[2]. Azwar, H. (2020). Analisis kepuasan masyarakat terhadap pelayanan publik. Sosio e-kons, 11(3): 259-267.
[3]. Batubara, F., Manurung, J. S., & Tambunan, S. R. (2022). Pengaruh kualitas pelayanan elektronik, promosi aplikasi pln-mobile terhadap kepuasan pelanggan pt. Pln (persero) ulp sibuhuan. Prosiding Konferensi Nasional Social & Engineering Polmed (KONSEP), 3(1): 71-82.
[4]. Damayanti, N. W. E. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan Pasien pada Rumah Sakit Khusus Gigi dan Mulut Pendidikan Universitas Airlangga. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia (Indonesian Journal of Marketing Science), 22(1): 31-41.
[5]. Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Yogyakarta: Ugm Press
[6]. Fajarini, A., & Meria, L. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan (Studi Kasus Klinik Kecantikan Beauty INC). JCA of Economics and Business, 1(02):481-491.
[7]. Firmansyah, A. C., & Rosy, B. (2021). Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Masyarakat. Journal of Office Administration: Education and Practice, 1(2): 82-93.
[8]. Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro.
[9]. Halim, F., Kurniullah, A. Z., Butarbutar, M., Efendi, E., Sudarso, A., Purba, B., ... & Novela, V. (2021). Manajemen Pemasaran Jasa. Medan: Yayasan Kita Menulis
[10]. Herlinda, H., Ruma, Z., & Burhanuddin, B. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Tingkat Kepuasan Pengunjung Di Mal Pelayanan Publik Kantor Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Barru. Cross-border, 5(2): 1497-1512.
[11]. Januar, I. A. (2022). Pengaruh Dimensi Kualitas Pelayanan Publik Terhadap Kepuasan Konsumen Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jember. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB, 10(1). https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/8048
[12]. Kaunang, V. J., & Moniharapon, S. (2021). Pengaruh Pemasaran Interaktif, Kualitas Pelayanan, Kepercayaan Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Barang Elektronik Secara Kredit Di Perusahaan Fif Spektra Cabang Airmadidi. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3): 62-70.
[13]. Kotler, Philip & Kevin Lane keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jilid 1. Edisi ke 13. Jakarta: Erlangga
[14]. Kotler dan Keller, 2012. Manajemen Pemasaran, Edisi 12, Jilid 1. Jakarta: PT. Indeks
[15]. Mahendra, K. P. (2019). Pengaruh kepercayaan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan CV Mitra Perkasa Utomo. Agora, 7(1)
[16]. Muliani, M., Kusmanto, H., & Fauzan, I. (2022). Kualitas pelayanan publik bidang perizinan terhadap kepuasan masyarakat pada dinas penanaman modal dan pelayanan perizinan terpadu satu pintu Provinsi Sumatera Utara. Histeria Jurnal: Ilmiah Soshum dan Humaniora, 1(2): 132-141.
[17]. Mumek, F., Golung, A. M., & Rogi, S. P. (2021). Peranan promosi perpustakaan dalam meningkatkan minat kunjung di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Manado. Acta Diurna Komunikasi, 3(2): 1-10.
[18]. Murini, I., Rachma, N., & Sholehuddin, S. (2024). Pengaruh Promosi, Harga dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Pelanggan Sebagai Variabel Intervening Pada Pelanggan Indihome di Kota Malang. E-JRM: Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 13(01): 1243-1255.
[19]. Musaini, A., Tenri, A., & Ramadhan, S. (2022). Transparansi pelayanan publik di rumah sakit umum daerah Kabupaten Buton. Administratio Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 11(1): 9-21.
[20]. Parasuraman, Valarie A., Zeithmal, Leonard L Berry. 1990. Delivering Quality Service, Balancing Customer Perception and Expectations. New York: Free Press
[21]. Purnamayanti, P. R., & Heryanda, K. K. (2023). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan Elektronik “AKU Online” Terhadap Kepuasan Masyarakat Pada Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Pemerintah Kabupaten Buleleng. Bisma: Jurnal Manajemen, 9(2): 225-232.
[22]. Putra, G. F. S., & Yulianthini, N. N. (2022). Pengaruh Kepercayaan Merek dan Nilai Pelanggan terhadap Kepuasan Pelanggan pada BPR Lestari Bali. Prospek: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 4(1): 8-15.
[23]. Salim, F. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Pelanggan dan Dampaknya Pada Reputasi Perusahaan (Studi Empiris pada Perusahaan Travel Umroh dan Haji di Jakarta Timur). ekobisman: jurnal ekonomi bisnis manajemen, 4(2): 110-125.
[24]. Saputra, A., Alwie, A. F., & Widayatsari, A. (2020). Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepercayaan dan Loyalitas Donatur Dompet Dhuafa Riau (The Effect of Promotion and Quality of Service on the Trust and Loyalty of Dompet Dhuafa Riau). Jurnal Dakwah Risalah, 31(1): 70-84.
[25]. Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alphabet.
[26]. Sukardi. 2019. Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara
[27]. Suratni, N. L. S., & Mayasari, N. M. D. A. (2021). Pengaruh Promosi dan Service Quality Terhadap Kepuasan Pelanggan Pengguna Layanan Grab-Food pada Aplikasi Grab di Singaraja. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 13(1): 50-59.
[28]. Syarifuddin, A. D. I. (2021). Pengaruh Kepercayaan terhadap tingkat kepuasan nasabah pada mobile banking di Era pandemik COVID-19 (Studi Bank BNI Cabang Makassar). YUME: Journal of Management, 4(1), 201-208.
[29]. Zikri, A., & Harahap, M. I. (2022). Analisis Kualitas Pelayanan Pengiriman Barang terhadap Kepuasan Konsumen pada PT Pos Indonesia (Persero) Regional I Sumatera. JIKEM: Jurnal Ilmu Komputer, Ekonomi Dan Manajemen, 2(1): 923-926.