Kualitas Produk Sebagai Variabel Pemicu Utama Keputusan Pembelian Susu Formula SGM Eksplore di Kota Surabaya

Irine Rachmayanti, Sri Utami Ady

Abstract


Peningkatan pangsa pasar dari sebuah produk merupakan hal yang selalu ingin ditingkatkan oleh perusahaan. Berbagai strategi dilakukan perusahaan untuk mencapai maksud tersebut, diantaranya adalah pada kualitaas, desain produk dan daya Tarik iklan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh Kualitas produk, Desain Kemasan Produk, dan Daya Tarik iklan terhadap keputusan Pembelian Susu SGM Ekslpore Surabaya. Analisis data menggunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi berganda, uji F, dan uji t. Dengan menggunakn sampel sebesar 90 orang konsumen, Hasil penelitian menunjukkan bahwa Quality (X1), Desain Kemasan Produk (X2) dan iklan (X3) berpengaruh secara simultan terhadap Keputusan Pembelian (Y). Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kualitas produk dan daya Tarik iklan berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian, dengan kualitas product sebagai variabel yang berpengaruh dominan .

 

Product Quality asTop Triggers Variable Purchasing Decisions Formula SGM eksplore in Surabaya
 
Abstract

Increasing the market share of a product is the things you always wanted is enhanced by the company. Various strategies of the company to achieve this purpose, such as to the quality, product design and advertising Pull power. This study aimed to analyze the effect of product quality, Product Packaging Design, and Attractiveness of advertising on purchase decisions Milk SGM eksplore Surabaya. Analysis of data using multiple linear regression, the coefficient of multiple determination, F test and t test. Using a sample of 90 consumers, results show that the Quality (X1), Packaging Design Products (X2) and advertising (X3) simultaneously on the purchase decision (Y). The results also showed that the quality of products and advertising Pull partial effect on purchasing decisions, with product quality as the dominant influence variables.


Keywords


kualitas produk; desain produk; klan; keputusan pembelian; Quality; Product Packaging Design; Ad Attraction; Purchase Decision

Full Text:

PDF

References


Ainur, S. (2013). Keputusan Pembelian Produk Susu Hi-Lo Di Semarang. Universitas Diponegoro.

Cahyadi, I. F. (2015). Pengaruh Persepsi Harga, Atribut Produk Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Susu Formula (Studi pada konsumen susu formula SGM di Kota Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Cahyorini, A., & Rusfian, E. Z. (2011). The Effect of Packaging Design on Impulsive Buying. Journal of Administrative Science & Organization, 18(1), 11–21.

Darmadi, H. (2011). Metode Penelitian Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Dewi, D. R., Hartono, S., & Istiqomah. (2017). Pengaruh Iklan, Kualitas Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Probiotik Merek Yakult (Studi Kasus Pada Konsumen Yakult di Kampung Botokan Pajang Laweyan Surakarta. Surakarta. Retrieved from http://jurnalnasional.ump.ac.id/index.php/JSSH/article/view/1336/1212

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, P. W. (1990). Consumer behavior (6th ed.). Chicago: Dryden Press.

Herdanu, M. R. (2017). Pengaruh Iklan Televisi Terhadap Minat Beli Pada Produk Susu Anlene Pt Fonterra Brand (Studi di Bandar Lampung). UNIVERSITAS LAMPUNG.

Keller, K. L., & Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P. (2007). Manajemen Pemasaran (12th ed.). Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2001). Prinsip-prinsip Pemasaran (8th ed.). Jakarta: Erlangga.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2011). “Marketing an Introduction” (10 th.). Pearson.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2012). Prinsip-prinsip Pemasaran (13th ed.). Jakarta: Erlangga.

Margono. (2010). Riset Pemasaran : Pendekatan Terapan,. Jakarta: : Indeks. Kelompok Gramedia.

Martopo, A. S. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Jamu Tolak Angin Pt. Sido Muncul (Studi Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta). Universitas Negeri Yogyakarta.

Muharam, A. S., & Dr. H. Syuhada Sofian., M. (2011). Analisis Pengaruh Desain Kemasan Produk Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Brand Awareness Dan Dampaknya Pada Minat Beli Konsumen. Semarang.

Narjono, A. I. (2012). Atribut Produk sebagai Dasar Keputusan Pembelian Susu (Product Attributes as Base on Purchasing Decision a Milk). Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi Dan Pembangunan, 5(1), 6–11. Retrieved from https://doaj.org/article/03769808e36846bf9ca2a0b732fdd31d

Rangkuti, F. (2009). Strategi Promosi yang Kreatif dan Analisis Kasus Integrated Marketing Communication. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Rosandi, S., & Sudarwanto, T. (2015). Pengaruh Citra Merek Dan Desain Kemasan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Produk Susu Ultra (Studi pada Cafetaria Srikandi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya). Retrieved from file:///C:/Users/ASUS/Downloads/8022-10817-1-PB.pdf

Schiffman, L. G., & Kanuk, L. L. (2007). Perilaku Konsumen,. ( dialihbahasakan oleh Zulkifli & Kasip, Eds.) (Ketujuh.). PT. Indexs.

Sugiono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suprapto, D. A., Nurmalina, R., & Fahmi, I. (2014). Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Susu Bubuk Pertumbuhan, 7(2), 113–122.

Suwarni, E., Suharyono, & Kumadji, S. (2017). Pengaruh Iklan Di Televisi, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Citra Merek Serta Implikasinya Pada Minat Pembelian (Survei Pada Calon Konsumen Susu SGM Di Kota Malang). E-Journal Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya, 11(1), 24–32.

Tiarawati, M. (2008). Agustin Dwi Carrisa dan Monika Tiarawati; Pengaruh Desain Produk …. Surabay.

Tjiptono, F. (2012). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Sukadinata.

Underwood, R. L. (2003). The Communicative Power of Product Packaging: Creating Brand Identity via Lived and Mediated Experience. Journal of Marketing, Theory and Practice, 11(1), 62–76. https://doi.org/10.1080/10696679.2003.11501933




DOI: http://dx.doi.org/10.25139/ekt.v2i1.722

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Indexed By :

Creative Commons License
Ekspektra : Jurnal Bisnis dan Manajemen is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My State :