Javanese Character Design in Alphabet and Fruit learning game applications for Early Childhood Education

  • Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
  • Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Abstract views: 346 , PDF (Bahasa Indonesia) downloads: 279

Abstract

Anak usia dini adalah anak yang berada dalam tahap pertumbuhan dan perkembangan yang paling pesat, baik fisik maupun mental. Sehingga benar jika dikatakan bahwa usia dini adalah usia emas, karena anak sangat berpotensi mempelajari banyak hal dengan cepat. Pmbelajaran huruf dan alfabet untuk anak usia dini sebagai langkah awal mereka belajar membaca dengan menggabungkan huruf menjadi kata. Pada penelitian ini penulis membuat game edukasi sebagai media pembelajaran yang interaktif yaitu game edukasi pembelajaran alfabet dan nama buah dengan karakter Jawa, yang didalamnya mengangkat konten pendidikan sekaligus kebudayaan. Game yang dibuat ini harus menarik secara audio visual dengan Perancangan antar muka, karakter, warna, dan musik. Sehingga anak-anak akan lebih semangat dalam belajar dan tidak mudah bosan belajar. Aplikasi game alfabet dan buah dengan karakter Jawa dibangun menggunakan metode perancangan waterfall. Adapun hasil dari penelitian ini berupa aplikasi media pembelajaran dan mendapatkan peningkatan nilai presentase 52,6% dari hasil kuesioner yang diisi oleh pengguna.

Author Biography

, Teknik Informatika, Universitas Dr. Soetomo Surabaya
Teknik Informatika

References

[1] R. A. Rahman and D. Tresnawati, "Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dan Habitatnya Dalam 3 Bahasa Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Multimedia," Jurnal Algoritma.

[2] R. Parlika, D. N. Anggreini, M. Syafriansyah, R. Al hakim, and Y. Faradilla, “Educational Game for Introducing Indonesian Culture on Android Platform,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 3, no. 2, pp. 100–104, 2018.

[3] R. Jailani and A. Purwanto, “Rancang Bangun Game 2D Dayak Run Bergenre Endles Running Berbasis Android,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 4, no. 2, 2019.

[4] T. Musfiroh, "Memperkenalkan Huruf Di Taman Kanak-Kanak," 2003.

[5] W. Wibawanto and R. Nugrahani, "Perancangan Antarmuka (User Interface) Pada Game Edukasi," Jurnal Imajinasi, vol. XII, no. 2, 2018.

[6] A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini,” Inf. J. Ilm. Bid. Teknol. Inf. dan Komun., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.

[7] M. F. Rahadian, A. Suyatno and S. Maharani, "Penerapan Metode Finite State Machine Pada Game "The Relationships"," Jurnal Informatika Mulawarman, vol. 11, no. 1, pp. 14-22, 2016.
Published
2020-02-20
How to Cite
, & . (2020). Javanese Character Design in Alphabet and Fruit learning game applications for Early Childhood Education. Inform : Jurnal Ilmiah Bidang Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 1-7. https://doi.org/10.25139/inform.v5i1.2260
Section
Articles